Wednesday, August 24, 2016

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMPRAKTIKKAN PENERAPAN TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI METODE LATIHAN SISWA KELAS VI SD …



bab I
pendahuluan


1.1  Latar Belakang Masalah
Pendidikan sebagai suatu proses pembinaan manusia yang berlangsung seumur hidup, pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani,  olahraga dan kesehatan yang terpilih yang dilakukan secara sistematis.  Pembekalan pengalaman belajar itu diarahkan untuk membina pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik, sekaligus membentuk pola hidup sehat dan bugar sepanjang hayat.
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan terpilih yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.
Dalam silabus mata pelajaran PJOK untuk kelas IV SD … semester dua tahun pelajaran 2013/2014 terdapat standar kompetensi nomor 6. Mempraktikkan berbagai gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dengan kompetensi dasar nomor 6.1 ” Mempraktikkan penerapan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja sama, sportivitas dan kejujuran.
Dalam permainan sepak bola ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai, yaitu:
a.       Teknik dasar menendang bola
b.      Teknik dasar mengoper bola
c.       Teknik dasar mengontrol bola
Kompetensi di atas harus dapat dikuasai oleh siswa Kelas VI. Namun, menurut hasil penelitian terhadap kondisi awal, guru tidak melaksanakan langkah-langkah pembelajaran yang sistematis. Pelaksanaan pembelajaran menerapkan penerapan teknik dasar permainan sepak bola yang dilaksanakan guru di Kelas VI membuat siswa tidak mengalami keterlibatan fisik di dalam proses belajar mengajar.
Dari hasil observasi awal dapat diketahui bahwa ≤ 25% siswa memperlihatkan kesungguhan dalam mencerna pelajaran, keseriusan dalam menanggapi pelajaran, dan mampu bekerjasama dalam memecahkan masalah. Sedangkan 26% – 50% siswa sudah memperlihatkan antusiasme dalam melakukan aktivitas fisik, keberanian untuk mengajukan pendapat, dan berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan. Sehingga perilaku siswa Kelas VI pada pra siklus ini dalam kategori kurang.
Akibatnya adalah siswa tidak menguasai materi menerapkan penerapan teknik dasar permainan sepak bola ini. Dalam kegiatan akhir, terlihat siswa sangat kebingungan untuk mempraktikkan gerak dasar permainan sepak bola. Dari hasil analisis terhadap nilai awal siswa dapat diketahui bahwa jumlah siswa yang mendapat nilai sama dengan dan di atas batas KKM adalah hanya 2 orang siswa. Sedangkan jumlah siswa yang mendapat nilai kurang dari batas KKM adalah 17 siswa. Ini berarti bahwa dari alat tes yang telah dirancang oleh peneliti didapatkan hasil yang tidak memuaskan, tampak bahwa ketuntasan belajar hanya 10,52% saja.
Dari hasil observasi awal, peneliti menyimpulkan bahwa materi tentang menerapkan penerapan teknik dasar permainan sepak bola sulit dipahami siswa. Kegiatan ini memerlukan waktu yang panjang karena dalam memahami materi, siswa harus mendapat penjelasan dan kesempatan untuk belajar sendiri sehingga mereka mendapatkan pemahaman yang kuat tentang materi. Oleh sebab itu, guru seharusnya melaksanakan langkah-langkah pembelajaran yang sistematis karena belajar adalah proses perubahan prilaku berkat latihan dan pengalaman, artinya tujuan pembelajaran ini merubah pengetahuan maupun sikap siswa. Oleh sebab itu diperlukan suatu metode yang tepat untuk menyampaikan materi tentang menerapkan penerapan teknik dasar permainan sepak bola ini.
Salah satu strategi yang dapat dipakai untuk menyampaikan materi tentang menerapkan penerapan teknik dasar permainan sepak bola adalah metode latihan. Penggunaan metode latihan dalam proses belajar mengajar dapat membuat siswa mengalami keterlibatan fisik di dalam proses belajar mengajar. Hal ini sesuai dengan pendapat yang ditegaskan oleh Siliwangi (1989:11) bahwa di dalam proses belajar mengajar guru tidak lagi mempergunakan metode ceramah semata-mata, yang lebih menunjukkan keaktifan guru saja, sehingga siswa menjadi pasif (sebagai pendengar). Sedangkan dalam metode latihan, siswa berusaha untuk mencerna, menanggapi sendiri, mengajukan pendapat, dan memecahkan masalah bersama. Selain itu, metode latihan dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan dominan. Dengan kata lain siswa dipandang sebagai subjek dan bukan objek pengajaran. Hal ini sesuai dengan apa yang dikemukakan oleh Tarigan (1986:5). Secara spesifik, pembelajaran menerapkan penerapan teknik dasar permainan sepak bola dengan metode latihan adalah cara belajar siswa dengan melibatkan mereka secara langsung, untuk mengungkapkan pengalaman-pengalaman sebagai bahan pembelajarannya. Dalam setiap kegiatannya, belajar lebih dipentingkan dari mengajar. Siswa dipandang sebagai subjek bukan objek sehingga mereka dapat leluasa untuk berpartisipasi, mengalami, mencoba dan melaksanakan belajar. Diharapkan, dengan menggunakan metode latihan ini siswa lebih mantap menguasai pembelajaran menerapkan penerapan teknik dasar permainan sepak bola ini.
Atas dasar alasan di atas, peneliti memutuskan untuk melaksanakan penelitian tindakan dengan memakai metode latihan untuk menyampaikan materi menerapkan penerapan teknik dasar permainan sepak bola dengan judul UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN penerapan teknik dasar permainan sepak bola MELALUI METODE LATIHAN SISWA KELAS VI SD ….

1.2  Rumusan Masalah
Dalam penelitian ini ada dua pokok masalah yang diketengahkan. Pokok-pokok masalah tersebut dirumuskan sebagai berikut.
1.    Apakah metode latihan dapat meningkatkan kemampuan mempraktikkan penerapan teknik dasar permainan sepak bola siswa Kelas VI SD …?
2.    Bagaimanakah proses pembelajaran mempraktikkan penerapan teknik dasar permainan sepak bola melalui metode latihan di Kelas VI SD …?
1.3  Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam melakukan penelitian ini adalah sebagai berikut.
1.    Untuk mengetahui efektivitas metode latihan untuk meningkatkan kemampuan mempraktikkan penerapan teknik dasar permainan sepak bola siswa Kelas VI SD ….
2.    Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran mempraktikkan penerapan teknik dasar permainan sepak bola melalui metode latihan di Kelas VI SD ….
1.4  Kontribusi Hasil Penelitian
Secara garis besar ada dua manfaat penelitian ini, yaitu manfaat teoritis dan praktis. Manfaat teoritis yaitu guru dan siswa beroleh teori khusus tentang cara penyajian bahan pembelajaran mempraktikkan penerapan teknik dasar permainan sepak bola menggunakan metode latihan. Metode tersebut adalah penting bagi guru dan siswa sehingga apabila refleksinya telah dimiliki, diharapkan guru dan siswa secara praktis dapat mempraktikkannya dalam proses pembelajaran mempraktikkan penerapan teknik dasar permainan sepak bola secara sinergis sehingga diperoleh pencapaian tujuan pembelajaran yang lebih baik.


Dokumen ini dalam bentuk Microsoft Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke 085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.

Full dokumen berisi:
1.        Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.        Bab 1 – 5
3.        Lampiran 1            : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.        Lampiran 2            : Surat Izin Penelitian
5.        Lampiran 3            : Berita Acara Seminar PTK
6.        Lampiran 4            : Daftar Nama Siswa
7.        Lampiran 5            : Daftar Hadir Siswa
8.        Lampiran 6            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.        Lampiran 7            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.    Lampiran 8            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.    Lampiran 9            : Materi Pembelajaran
12.    Lampiran 10          : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13.    Lampiran 11          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14.    Lampiran 12          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15.    Lampiran 13          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16.    Lampiran 14          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17.    Lampiran 15          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.    Lampiran 16          : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.    Lampiran 17          : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.    Lampiran 18          : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.    Lampiran 19          : Riwayat Penulis
22.    Lampiran 20          : Foto Kegiatan



Related Posts:

0 comments:

Post a Comment