Wednesday, August 24, 2016

UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA UNTUK MENGUASAI PROGRAM-PROGRAM DI SMA DENGAN LAYANAN PEMBELAJARAN (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA KELAS X 1 SMA …)



BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang Masalah
Secara umum, pendidikan di SMA bertujuan untuk memberikan bekal kemampuan dan pengetahuan serta mempersiapkan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi atau terjun langsung ke masyarakat. Sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan formal dituntut untuk melaksanakan proses pembelajaran sebaik-baiknya untuk melahirkan hasil belajar yang berkualitas.
Di sisi lain, baik dan buruknya suatu hasil belajar dapat dipengaruhi oleh faktor yang berasal dari dalam diri individu itu sendiri dan faktor yang lain. Buruknya hasil belajar bisa saja terjadi ketika siswa mempunyai kendala dalam dirinya seperti ketidaktahuan tentang teknik belajar yang efektif, kurangnya motivasi belajar, dan lain-lain sehingga mereka tidak dapat menguasai program-program yang sedang mereka ampuh. Sedangkan faktor lain yang dapat berpengaruh buruk terhadap hasil belajar adalah rendahnya kualitas proses belajar mengajar dan bimbingan belajar. Akan tetapi, jika factor-faktor tersebut dapat terpenuhi dengan optimal, maka akan memberikan kemudahan bagi individu dalam meraih hasil belajar yang baik.
Berdasarkan hasil pengamatan, banyak permasalahan yang dihadapi siswa berkenaan dengan kemampuan dalam belajar seperti kebiasaan belajar yang tergolong masih belum efektif, belajar asal-asalan, belajar tanpa persiapan, pasif dalam kegiatan kelas, baru belajar pada saat akan ujian atau ulangan saja, serta tidak mempunyai motivasi yang tinggi untuk belajar. Hal-hal negatif ini berakibat buruk pada hasil belajar seperti halnya nilai ulangan akhir semester 1 yang relatif rendah. Hasil ulangan akhir semester 1 tersebut menyatakan bahwa ada beberapa siswa yang mendapat nilai di atas batas KKM, di bawah KKM, dan tepat pada garis batas KKM. Kebanyakan dari mereka berada di sekitar batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Berdasarkan fakta di atas, perbaikan kondisi siswa sangat diperlukan. Salah satu upaya yang dapat diambil untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa untuk menguasai program-program di SMA adalah dengan memberikan bimbingan belajar dengan layanan pembelajaran. Layanan pembelajaran adalah layanan yang memungkinkan peserta didik mengembangkan diri berkenaan dengan sikap dan kebiasaan belajar yang baik. Tujuan dari layanan pembelajaran adalah agar siswa mampu menguasai pengetahuan dan dapat mengembangkan keterampilan belajar yang efektif sehingga siswa termotivasi dalam mencapai hasil belajar yang optimal.
Kenyataan tersebut di atas mendorong peneliti untuk secara khusus memberikan bimbingan belajar dengan layanan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa dalam menguasai program-program yang ada di SMA khsusunya kelas X dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Adapun penelitian ini berjudul Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa untuk Menguasai Program-program di SMU dengan Layanan Pembelajaran (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X 1 SMA …). Adapun tempat penelitian ini dilaksanakan di SMA Kawali karena peneliti adalah salah seorang guru bimbingan dan konseling di sekolah ini dan mendapat tugas sebagai guru bimbingan dan konseling untuk kelas X 1 SMA … tahun ajaran ….

1.2  Identifikasi Masalah
Sebagai upaya untuk mengetahui inti permasalahan, maka peneliti mengidentifikasi beberapa masalah sebagai tolok ukur perumusan masalah penelitian sehingga didapat sebuah rumusan yang baik, efisien, dan efektif.
Dalam konteks kajian tentang kemampuan belajar ini, beberapa masalah telah teridentifikasi, di antaranya adalah sebagai berikut:
1.      Ketidakmampuan siswa dalam belajar yang efektif.
2.      Ketidaktahuan siswa tentang teknik belajar yang efektif.
3.      Nilai ulangan akhir semester siswa kelas X 1 untuk semester satu yang tidak memuaskan.

1.3  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah di atas, maka peneliti merumuskan masalah penelitian berupa pertanyaan “Apakah layanan pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa untuk menguasai program-program yang ada di SMA?”

1.4  Batasan Masalah
Dalam penelitian ini, banyak sekali masalah muncul yang tidak ada kaitannya dengan topik penelitian ini secara langsung. Oleh sebab itu, peneliti membatasi masalah-masalah tersebut untuk menghindari meluasnya bahasan penelitian. Oleh sebab itu, penelitian ini hanya membahas beberapa hal di bawah ini:
1.      Kemampuan belajar siswa kelas X 1 SMA … untuk menguasai program-program yang ada di SMA, dan
2.      Implementasi layanan pembelajaran dalam bimbingan belajar untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa kelas X 1 SMA … dalam menguasai program-program yang ada di SMA.

1.5  Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:
1.      Mengukur kemampuan belajar siswa kelas X 1 SMA … untuk menguasai program-program yang ada di SMA, dan
2.      Mendeskripsikan implementasi layanan pembelajaran dalam bimbingan belajar untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa kelas XII IPA 1 SMA … dalam menguasai program-program yang ada di SMA.

1.6  Manfaat Penelitian
Ada dua manfaat dalam penelitian ini, yakni:
1.      Manfaat Teoritis
Secara umum penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan pemikiran terhadap teori bimbingan dan konseling khususnya bimbingan belajar. Selanjutnya, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi dan bahan perbandingan bagi penelitian-penelitian lain yang membahas topik yang sama.
2.      Manfaat Praktis
°       Bagi penulis, penelitian ini dapat membuktikan efektifitas layanan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa untuk menguasai program-program yang ada di SMA.
°       Bagi konselor, penelitian ini dapat membuktikan bahwa layanan pembelajaran dapat digunakan untuk menyelenggarakan bimbingan belajar yang lebih menarik dan kreatif yang dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa untuk menguasai program-program yang ada di SMA sehingga hasil belajar siswa memuaskan.
°       Bagi siswa, penelitian ini memberi solusi untuk memecahkan masalah-masalah yang mereka temui dalam belajar.
°       Bagi peneliti-peneliti lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan perbandingan dan referensi untuk penelitian selanjutnya yang membahas topik yang sama.


Dokumen ini dalam bentuk Microsoft Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke 085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.

Full dokumen berisi:
1.        Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.        Bab 1 – 5
3.        Lampiran 1            : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.        Lampiran 2            : Surat Izin Penelitian
5.        Lampiran 3            : Berita Acara Seminar PTK
6.        Lampiran 4            : Daftar Nama Siswa
7.        Lampiran 5            : Daftar Hadir Siswa
8.        Lampiran 6            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.        Lampiran 7            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.    Lampiran 8            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.    Lampiran 9            : Materi Pembelajaran
12.    Lampiran 10          : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13.    Lampiran 11          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14.    Lampiran 12          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15.    Lampiran 13          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16.    Lampiran 14          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17.    Lampiran 15          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.    Lampiran 16          : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.    Lampiran 17          : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.    Lampiran 18          : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.    Lampiran 19          : Riwayat Penulis
22.    Lampiran 20          : Foto Kegiatan



Related Posts:

0 comments:

Post a Comment