BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Secara umum, pendidikan di SMA bertujuan
untuk memberikan bekal kemampuan dan pengetahuan serta mempersiapkan peserta
didik untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi atau terjun langsung ke
masyarakat. Sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan formal dituntut untuk
melaksanakan proses pembelajaran sebaik-baiknya untuk melahirkan hasil belajar
yang berkualitas.
Di sisi lain, baik dan buruknya suatu
hasil belajar dapat dipengaruhi oleh faktor yang berasal dari dalam diri
individu itu sendiri dan faktor yang lain. Buruknya hasil belajar bisa saja
terjadi ketika siswa mempunyai kendala dalam dirinya seperti ketidaktahuan
tentang teknik belajar yang efektif, kurangnya motivasi belajar, dan lain-lain
sehingga mereka tidak dapat menguasai program-program yang sedang mereka ampuh.
Sedangkan faktor lain yang dapat berpengaruh buruk terhadap hasil belajar
adalah rendahnya kualitas proses belajar mengajar dan bimbingan belajar. Akan
tetapi, jika factor-faktor tersebut dapat terpenuhi dengan optimal, maka akan
memberikan kemudahan bagi individu dalam meraih hasil belajar yang baik.
Berdasarkan hasil pengamatan, banyak
permasalahan yang dihadapi siswa berkenaan dengan kemampuan dalam belajar
seperti kebiasaan belajar yang tergolong masih belum efektif, belajar
asal-asalan, belajar tanpa persiapan, pasif dalam kegiatan kelas, baru belajar
pada saat akan ujian atau ulangan saja, serta tidak mempunyai motivasi yang
tinggi untuk belajar. Hal-hal negatif ini berakibat buruk pada hasil belajar
seperti halnya nilai ulangan akhir semester 1 yang relatif rendah. Hasil
ulangan akhir semester 1 tersebut menyatakan bahwa ada beberapa siswa yang
mendapat nilai di atas batas KKM, di bawah KKM, dan tepat pada garis batas KKM.
Kebanyakan dari mereka berada di sekitar batas Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM).
Berdasarkan fakta di atas, perbaikan
kondisi siswa sangat diperlukan. Salah satu upaya yang dapat diambil untuk
meningkatkan kemampuan belajar siswa untuk menguasai program-program di SMA
adalah dengan memberikan bimbingan belajar dengan layanan pembelajaran. Layanan
pembelajaran adalah layanan yang memungkinkan peserta didik mengembangkan diri
berkenaan dengan sikap dan kebiasaan belajar yang baik. Tujuan dari layanan
pembelajaran adalah agar siswa mampu menguasai pengetahuan dan dapat
mengembangkan keterampilan belajar yang efektif sehingga siswa termotivasi
dalam mencapai hasil belajar yang optimal.
Kenyataan tersebut di atas mendorong
peneliti untuk secara khusus memberikan bimbingan belajar dengan layanan
pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa dalam menguasai
program-program yang ada di SMA khsusunya kelas X dalam bentuk penelitian
tindakan kelas. Adapun penelitian ini berjudul Upaya Peningkatan Kemampuan
Belajar Siswa untuk Menguasai Program-program di SMU dengan Layanan
Pembelajaran (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X 1 SMA …). Adapun
tempat penelitian ini dilaksanakan di SMA Kawali karena peneliti adalah salah
seorang guru bimbingan dan konseling di sekolah ini dan mendapat tugas sebagai
guru bimbingan dan konseling untuk kelas X 1 SMA … tahun ajaran ….
1.2 Identifikasi Masalah
Sebagai upaya untuk mengetahui inti
permasalahan, maka peneliti mengidentifikasi beberapa masalah sebagai tolok
ukur perumusan masalah penelitian sehingga didapat sebuah rumusan yang baik,
efisien, dan efektif.
Dalam konteks kajian tentang kemampuan
belajar ini, beberapa masalah telah teridentifikasi, di antaranya adalah
sebagai berikut:
1.
Ketidakmampuan
siswa dalam belajar yang efektif.
2.
Ketidaktahuan
siswa tentang teknik belajar yang efektif.
3.
Nilai
ulangan akhir semester siswa kelas X 1 untuk semester satu yang tidak
memuaskan.
1.3 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar
belakang dan identifikasi masalah di atas, maka peneliti merumuskan masalah
penelitian berupa pertanyaan “Apakah layanan pembelajaran dapat meningkatkan
kemampuan belajar siswa untuk menguasai program-program yang ada di SMA?”
1.4
Batasan
Masalah
Dalam penelitian ini, banyak sekali masalah muncul yang
tidak ada kaitannya dengan topik penelitian ini secara langsung. Oleh sebab
itu, peneliti membatasi masalah-masalah tersebut untuk menghindari meluasnya bahasan
penelitian. Oleh sebab itu, penelitian ini hanya membahas beberapa hal di bawah
ini:
1.
Kemampuan belajar siswa kelas X 1 SMA … untuk menguasai
program-program yang ada di SMA, dan
2.
Implementasi layanan pembelajaran dalam bimbingan
belajar untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa kelas X 1 SMA … dalam
menguasai program-program yang ada di SMA.
1.5 Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:
1. Mengukur kemampuan belajar siswa kelas X 1 SMA … untuk menguasai
program-program yang ada di SMA, dan
2. Mendeskripsikan implementasi layanan pembelajaran dalam bimbingan
belajar untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa kelas XII IPA 1 SMA … dalam
menguasai program-program yang ada di SMA.
1.6 Manfaat Penelitian
Ada dua manfaat dalam penelitian ini, yakni:
1.
Manfaat Teoritis
Secara umum penelitian ini diharapkan mampu memberikan
sumbangan pemikiran terhadap teori bimbingan dan konseling khususnya bimbingan
belajar. Selanjutnya, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi
dan bahan perbandingan bagi penelitian-penelitian lain yang membahas topik yang
sama.
2. Manfaat Praktis
° Bagi penulis, penelitian ini dapat membuktikan efektifitas layanan
pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa untuk menguasai
program-program yang ada di SMA.
° Bagi konselor, penelitian ini dapat membuktikan bahwa layanan
pembelajaran dapat digunakan untuk menyelenggarakan bimbingan belajar yang
lebih menarik dan kreatif yang dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa untuk
menguasai program-program yang ada di SMA sehingga hasil belajar siswa
memuaskan.
° Bagi siswa, penelitian ini memberi solusi untuk memecahkan
masalah-masalah yang mereka temui dalam belajar.
° Bagi peneliti-peneliti lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan
perbandingan dan referensi untuk penelitian selanjutnya yang membahas topik
yang sama.
Dokumen ini dalam bentuk Microsoft
Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke
085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman
sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.
Full dokumen berisi:
1.
Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar
isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.
Bab 1 – 5
3.
Lampiran
1 : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.
Lampiran
2 : Surat Izin Penelitian
5.
Lampiran
3 : Berita Acara Seminar PTK
6.
Lampiran
4 : Daftar Nama Siswa
7.
Lampiran
5 : Daftar Hadir Siswa
8.
Lampiran
6 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.
Lampiran
7 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.
Lampiran
8 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.
Lampiran
9 : Materi Pembelajaran
12. Lampiran 10 : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13. Lampiran 11 : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14. Lampiran 12 : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15. Lampiran 13 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16. Lampiran 14 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17. Lampiran 15 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.
Lampiran
16 : Lembar Kerja Siswa Pra
Siklus
19.
Lampiran
17 : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.
Lampiran
18 : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.
Lampiran
19 : Riwayat Penulis
22.
Lampiran 20 :
Foto Kegiatan
0 comments:
Post a Comment