Thursday, September 15, 2016

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN FUNGSI ENZIM DALAM PROSES METABOLISME SISWA KELAS XII IPA 4 SMA ... TAHUN PELAJARAN ...



BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang Masalah
 Mata pelajaran Biologi dikembangkan melalui kemampuan berpikir analitis, induktif, dan deduktif untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peristiwa alam sekitar. Penyelesaian masalah yang bersifat kualitatif dan kuantitatif dilakukan dengan menggunakan pemahaman dalam bidang matematika, fisika, kimia dan pengetahuan pendukung lainnya.
Dalam silabus mata pelajaran biologi untuk kelas XII IPA semester 1 SMA … tahun pelajaran … terdapat standar kompetensi nomor 2 yaitu “Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme” dengan kompetensi dasar nomor 2.1 yaitu “Mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme”. SK dan KD tersebut dapat dijabarkan menjadi indikator-indikator sebagai tujuan pembelajaran, di antaranya adalah sebagai berikut.
-       Mengetahui komponen enzim
-       Memahami cara kerja enzim
-       Menjelaskan penghambatan aktivitas enzim
-       Mendeskripsikan sifat-sifat enzim
Namun, hasil penelitian awal terhadap pembelajaran mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme di kelas XII IPA 4 SMA ... menyatakan bahwa guru tidak melaksanakan orientasi siswa kepada materi ajar sehingga siswa kurang fokus terhadap materi. Ketika proses pembelajaran berlangsung, guru kurang optimal dalam mengorganisasikan siswa untuk belajar. Selain itu, kegiatan-kegiatan yang dilakukan guru tidak dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam berinteraksi, berkolaborasi, dan memecahkan masalah. Hal ini berpengaruh terhadap perilaku siswa ketika mengikuti pelajaran. Dari 38 orang siswa yang ada di kelas XII IPA 4, hanya ≤ 25% saja yang mau berpikir kritis dalam mencerna penjelasan guru di depan kelas dan berani fokus dan bertanggung jawab dalam belajar, sedangkan sebagian besar (75%) tidak dapat fokus lagi karena jenuh dan tidak antusias dalam mengikuti pelajaran.
Kinerja guru yang tidak optimal dan perilaku siswa kelas XII IPA 4 yang kurang positif berpengaruh terhadap hasil pembelajaran. Sebagian besar siswa tidak dapat mencapai tujuan pembelajaran. Dari hasil tes awal dapat diketahui sebagian besar siswa mendapat nilai di bawah KKM (di bawah 70). Dari 38 siswa kelas XII IPA 4, siswa yang mendapat nilai sama dengan batas KKM hanya 12 orang saja. Sedangkan jumlah siswa yang mendapat nilai kurang dari batas KKM adalah 26 orang. Ini berarti bahwa dari tes awal ini didapatkan hasil yang tidak memuaskan, tampak bahwa ketuntasan belajar hanya 31.58% dengan nilai rata-rata kelas 60,26.
Berdasarkan data yang terkumpul di pra siklus peneliti menyimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas XII IPA 4 dalam mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme sangat rendah sekali. Proses pembelajaran dengan metode konvensional tidak efektif membuat siswa mencapai tujuan pembelajaran. Untuk dapat mamahami materi fungsi enzim dalam proses metabolisme ini, siswa kelas XII IPA 4 memerlukan kegiatan yang dapat menguatkan pengetahuan dan merangsang mereka untuk berpikir kritis.
Kemudian peneliti memutuskan untuk memakai pembelajaran berbasis masalah. Dengan memakai model pembelajaran ini, guru menyodorkan suatu masalah untuk dipecahkan oleh siswa kelas XII IPA 4 dengan melaksanakan tahap kegiatan yang sistematis seperti mengenalkan siswa kepada masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individual/ kelompok, membantu siswa dalam mengembangkan hasil karya, membantu siswa dalam menyajikan hasil karya, dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah, diharapkan siswa kelas XII IPA 4 dapat  berpikir kritis, berani, bertanggungjawab, mampu berkomunikasi, mampu berkolaborasi, mampu memecahkan masalah, dan antusias dalam proses belajar sehingga kemampuan mereka dalam mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme dapat meningkat dengan signifikan.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis tertarik untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas dengan judul Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme siswa kelas XII IPA 4 SMA ... tahun pelajaran ....
1.2    Rumusan Masalah
Dalam penelitian ini peneliti mencoba mencari jawaban atas pertanyaan berikut ini:
1.    Apakah pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme siswa kelas XII IPA 4 SMA ... tahun pelajaran ...?
2.    Bagaimanakah proses pembelajaran mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme berbasis masalah di kelas XII IPA 4 SMA ... tahun pelajaran ...?
1.3    Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.    Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme siswa kelas XII IPA 4 SMA ... tahun pelajaran ....
2.    Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme berbasis masalah di kelas XII IPA 4 SMA ... tahun pelajaran ....
1.4    Kontribusi Hasil Penelitian
Adapun kegunaan penelitian ini adalah sebagai berikut:
a)        Bagi peneliti, hasil penelitian ini dapat dipakai untuk mengetahui kinerja guru dan perilaku siswa kelas XII IPA 4 SMA … dalam pembelajaran mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme berbasis masalah. Selain itu, hasil penelitian ini dapat dipakai pula untuk mengidentifikasi apakah pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme siswa kelas XII IPA 4 SMA ... tahun pelajaran ... atau tidak.
b)        Bagi guru-guru biologi, laporan penelitian tindakan kelas ini menjadi bukti bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat digunakan untuk menyelenggarakan pembelajaran yang lebih berkualitas dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme.
c)        Bagi siswa kelas XII IPA 4 SMA … tahun pelajaran …, hasil penelitian ini memberikan solusi alternatif bagi masalah yang mereka hadapi dalam belajar khususnya dalam mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme. Mereka dapat aktif bersama temannya dalam kegiatan-kegiatan belajar di dalam dan di luar jam sekolah dengan menggunakan berbagai sumber dan media.
d)       Bagi peneliti lain, laporan penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan perbandingan penelitian-penelitian di masa mendatang menyangkut pembelajaran berbasis masalah.



Dokumen ini dalam bentuk Microsoft Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke 085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.
Full dokumen berisi:
1.        Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.        Bab 1 – 5
3.        Lampiran 1            : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.        Lampiran 2            : Surat Izin Penelitian
5.        Lampiran 3            : Berita Acara Seminar PTK
6.        Lampiran 4            : Daftar Nama Siswa
7.        Lampiran 5            : Daftar Hadir Siswa
8.        Lampiran 6            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.        Lampiran 7            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.    Lampiran 8            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.    Lampiran 9            : Materi Pembelajaran
12.    Lampiran 10          : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13.    Lampiran 11          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14.    Lampiran 12          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15.    Lampiran 13          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16.    Lampiran 14          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17.    Lampiran 15          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.    Lampiran 16          : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.    Lampiran 17          : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.    Lampiran 18          : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.    Lampiran 19          : Riwayat Penulis
22.    Lampiran 20          : Foto Kegiatan



0 comments:

Post a Comment