BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Mata
pelajaran Biologi dikembangkan melalui kemampuan berpikir analitis, induktif,
dan deduktif untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peristiwa alam
sekitar. Penyelesaian masalah yang bersifat kualitatif dan kuantitatif
dilakukan dengan menggunakan pemahaman dalam bidang matematika, fisika, kimia
dan pengetahuan pendukung lainnya.
Dalam silabus mata pelajaran biologi
untuk kelas XII IPA semester 1 SMA … tahun pelajaran … terdapat standar
kompetensi nomor 2 yaitu “Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme” dengan kompetensi
dasar nomor 2.1 yaitu “Mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme”. SK dan KD
tersebut dapat dijabarkan menjadi indikator-indikator sebagai tujuan
pembelajaran, di antaranya adalah sebagai berikut.
- Mengetahui komponen enzim
- Memahami cara
kerja enzim
- Menjelaskan penghambatan aktivitas enzim
- Mendeskripsikan sifat-sifat enzim
Namun, hasil penelitian awal
terhadap pembelajaran mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme di kelas XII IPA 4
SMA ... menyatakan bahwa guru tidak melaksanakan
orientasi
siswa kepada materi ajar sehingga siswa kurang fokus terhadap materi. Ketika proses pembelajaran berlangsung, guru kurang
optimal dalam mengorganisasikan siswa untuk belajar. Selain itu, kegiatan-kegiatan yang dilakukan guru tidak
dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam berinteraksi, berkolaborasi, dan
memecahkan masalah. Hal ini berpengaruh terhadap perilaku siswa ketika
mengikuti pelajaran. Dari 38 orang siswa yang ada di kelas XII IPA 4, hanya ≤
25% saja yang mau berpikir
kritis dalam mencerna penjelasan guru di depan kelas dan berani fokus dan bertanggung jawab dalam belajar, sedangkan sebagian besar
(75%) tidak dapat fokus lagi karena jenuh dan tidak antusias dalam mengikuti
pelajaran.
Kinerja guru
yang tidak optimal dan perilaku siswa kelas XII IPA 4 yang kurang positif
berpengaruh terhadap hasil pembelajaran. Sebagian besar siswa tidak dapat
mencapai tujuan pembelajaran. Dari hasil tes awal dapat diketahui sebagian
besar siswa mendapat nilai di bawah KKM (di bawah 70). Dari 38 siswa kelas XII
IPA 4, siswa yang mendapat nilai sama dengan batas KKM hanya 12
orang saja. Sedangkan jumlah siswa yang mendapat nilai kurang dari batas KKM
adalah 26 orang. Ini berarti bahwa dari tes awal ini didapatkan hasil yang
tidak memuaskan, tampak bahwa ketuntasan belajar hanya 31.58%
dengan nilai rata-rata kelas 60,26.
Berdasarkan data yang terkumpul di pra siklus peneliti
menyimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas XII IPA 4 dalam mendeskripsikan fungsi
enzim dalam proses metabolisme sangat rendah sekali. Proses pembelajaran dengan
metode konvensional tidak efektif membuat siswa mencapai tujuan pembelajaran.
Untuk dapat mamahami materi fungsi enzim dalam proses metabolisme ini, siswa
kelas XII IPA 4 memerlukan kegiatan yang dapat menguatkan pengetahuan dan
merangsang mereka untuk berpikir kritis.
Kemudian
peneliti memutuskan untuk memakai pembelajaran berbasis masalah. Dengan memakai
model pembelajaran ini, guru
menyodorkan suatu masalah untuk dipecahkan oleh siswa kelas XII IPA 4 dengan
melaksanakan tahap kegiatan yang sistematis seperti mengenalkan siswa
kepada masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan
individual/ kelompok, membantu siswa dalam mengembangkan hasil karya, membantu
siswa dalam menyajikan hasil karya, dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Dengan menggunakan pembelajaran berbasis
masalah, diharapkan siswa kelas XII IPA 4 dapat berpikir kritis,
berani, bertanggungjawab, mampu berkomunikasi, mampu berkolaborasi, mampu
memecahkan masalah, dan antusias dalam proses belajar sehingga kemampuan mereka
dalam mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme dapat meningkat
dengan signifikan.
Berdasarkan latar belakang di atas,
maka penulis tertarik untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas dengan judul
Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan
Kemampuan Mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme siswa kelas XII IPA 4 SMA ... tahun pelajaran ....
1.2
Rumusan Masalah
Dalam
penelitian ini peneliti mencoba mencari jawaban atas pertanyaan berikut ini:
1.
Apakah pembelajaran berbasis
masalah dapat
meningkatkan kemampuan mendeskripsikan fungsi enzim
dalam proses metabolisme siswa kelas XII IPA 4 SMA ... tahun pelajaran ...?
2.
Bagaimanakah proses pembelajaran mendeskripsikan
fungsi enzim dalam proses metabolisme berbasis masalah di kelas XII IPA 4 SMA ...
tahun pelajaran ...?
1.3 Tujuan
Penelitian
Tujuan yang
ingin dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.
Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan
kemampuan mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme
siswa kelas XII IPA 4 SMA ... tahun pelajaran ....
2.
Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme berbasis masalah di
kelas XII IPA 4 SMA ... tahun pelajaran ....
1.4 Kontribusi
Hasil Penelitian
Adapun kegunaan penelitian ini adalah sebagai
berikut:
a)
Bagi peneliti, hasil penelitian ini dapat dipakai untuk mengetahui kinerja guru dan perilaku siswa
kelas XII IPA 4 SMA … dalam pembelajaran mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme berbasis masalah. Selain itu, hasil penelitian ini dapat dipakai pula untuk
mengidentifikasi apakah pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme
siswa kelas XII IPA 4 SMA ... tahun pelajaran ... atau tidak.
b)
Bagi guru-guru biologi, laporan penelitian tindakan kelas
ini menjadi bukti bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat digunakan untuk menyelenggarakan
pembelajaran yang lebih berkualitas dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa
dalam mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme.
c)
Bagi siswa kelas XII IPA 4 SMA … tahun pelajaran …, hasil penelitian ini memberikan solusi alternatif bagi
masalah yang mereka hadapi dalam belajar khususnya dalam mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme. Mereka dapat aktif bersama temannya dalam kegiatan-kegiatan belajar di
dalam dan di luar jam sekolah dengan menggunakan berbagai sumber dan media.
d)
Bagi peneliti lain, laporan penelitian ini dapat
digunakan sebagai bahan perbandingan penelitian-penelitian di masa
mendatang menyangkut pembelajaran
berbasis masalah.
Dokumen ini dalam bentuk Microsoft
Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke
085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman
sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.
Full dokumen berisi:
1.
Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar
isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.
Bab 1 – 5
3.
Lampiran
1 : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.
Lampiran
2 : Surat Izin Penelitian
5.
Lampiran
3 : Berita Acara Seminar PTK
6.
Lampiran
4 : Daftar Nama Siswa
7.
Lampiran
5 : Daftar Hadir Siswa
8.
Lampiran
6 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.
Lampiran
7 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.
Lampiran
8 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.
Lampiran
9 : Materi Pembelajaran
12. Lampiran 10 : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13. Lampiran 11 : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14. Lampiran 12 : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15. Lampiran 13 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16. Lampiran 14 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17. Lampiran 15 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.
Lampiran
16 : Lembar Kerja Siswa Pra
Siklus
19.
Lampiran
17 : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.
Lampiran
18 : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.
Lampiran
19 : Riwayat Penulis
22.
Lampiran 20 :
Foto Kegiatan
0 comments:
Post a Comment