Thursday, September 15, 2016

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VI SD …TAHUN PELAJARAN … DALAM MENJELASKAN PERANAN INDONESIA PADA ERA GLOBAL



BAB I
PENDAHULUAN


A.      Latar Belakang Masalah
Di masa yang akan datang peserta didik akan menghadapi tantangan berat karena kehidupan masyarakat global selalu mengalami perubahan setiap saat. Oleh karena itu mata pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis.
Mata pelajaran IPS disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat. Dengan pendekatan tersebut diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan.
Dalam silabus mata pelajaran IPS untuk kelas VI semester 2 SD … tahun pelajaran … terdapat standar kompetensi nomor 3 yaitu “Memahami  peranan bangsa Indonesia di era global” dengan kompetensi dasar nomor 3.1 yaitu “Menjelaskan peranan Indonesia pada era global”. SK dan KD tersebut dapat dijabarkan menjadi indikator-indikator sebagai berikut:
-     Memahami peranan Indonesia dalam bidang ekonomi
-     Memahami peranan Indonesia dalam bidang sosial
-     Memahami peranan Indonesia dalam bidang budaya
-     Memahami peranan Indonesia dalam bidang politik dan keamanan
-     Memahami peranan Indonesia dalam bidang lingkungan hidup
Menurut hasil obsevasi terhadap kondisi awal pembelajaran menjelaskan peran Indonesia di era global, kegiatan menjelaskan materi peran Indonesia di era global dilaksanakan guru dan siswa dengan menggunakan metode ceramah. Berdasarkan data awal, guru melakukan apesepsi, menjelaskan tujuan pembelajaran, memotivasi siswa, dan menjelaskan materi dengan cukup baik. Namun, guru tidak melaksanakan kegiatan berkaitan dengan proyek, tidak ada membagi siswa kedalam kelompok kecil, tidak memfasilitasi siswa dalam mencari data/bahan presentasi di berbagai sumber, tidak ada kegiatan presentasi, dan tidak memberikan umpan balik.
Kinerja guru yang kurang ini berdampak pada perilaku siswa kelas VI ketika mengikuti pelajaran. Dari data awal dapat diketahui bahwa hanya ≤ 25% siswa saja yang merenspons apesepsi, mampu berpikir kritis, berani bertanya, merespons setiap pertanyaan guru, dan disiplin dalam waktu. Dan hanya 26% – 50% siswa yang memahami tujuan pembelajaran dan konsentrasi dalam menyimak penjelasan guru.
Kinerja guru dan perilaku siswa yang kurang positif terhadap pembelajaran menyebabkan kemampuan siswa kelas VI dalam menjelaskan peran Indonesia di era global tergolong rendah. Bahkan, sebagian kecil siswa tidak mampu menjawab pertanyaan yang mudah. Walaupun nilai sebagian kecil siswa sudah melebihi KKM, namun sebagian besar siswa mendapatkan nilai di bawah KKM. Hasil analisis terhadap data awal menyatakan bahwa hanya 5 orang siswa saja (25%) memperoleh nilai 70, 9 orang siswa (45%) memperoleh nilai 60, dan 3 orang siswa (15%) memperoleh nilai 50.  Hal ini menunjukkan bahwa dari 20 orang siswa kelas VI hanya 5 orang saja yang mendapat nilai ≥ 70. Ini berarti bahwa ketuntasan belajar hanya 25% saja dengan tingkat penguasaan materi 64,5%. 
Dari hasil analisa terhadap kondisi awal dapat diketahui bahwa siswa lemah dalam setiap indikator tujuan pembelajaran menjelaskan peran Indonesia di era global. Dari hasil pengamatan yang dilakukan peneliti, terdapat beberapa fakta yang diperoleh, yaitu:
-       Strategi pembelajaran yang dipakai oleh peneliti kurang kreatif, tidak menarik perhatian siswa.
-       Tidak ada kegiatan yang dapat memantapkan pemahaman siswa tentang materi.
-       Nilai siswa pada saat test masih rendah, masih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM yang ditentukan sekolah.
Berdasarkan kelemahan-kelemahan yang teridentifikasi, peneliti memutuskan untuk menerapkan pembelajaran berbasis proyek sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VI dalam menjelaskan peran Indonesia di era global. Kegiatan pembelajaran akan diisi dengan memaparkan judul/topik proyek yang akan dibahas, tinjauan proyek dari berbagai kompetensi dasar yang hendak dicapai, membagi siswa kedalam kelompok kecil, mencari data/bahan presentasi di berbagai sumber, membuat rubrik penilaiannya, menyusun laporan, membuat batas waktu pengerjaan, presentasi, dan member umpan balik. Dengan menggunakan langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek ini diharapkan kemampuan siswa kelas VI dalam menjelaskan peranan Indonesia pada era global dapat meningkat dengan signifikan.
Berkaitan dengan fenomena di atas peneliti melakukan sebuah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul PENERAPAN Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA Kelas VI SD … tahun pelajaran … DALAM Menjelaskan peranan Indonesia pada era global.
B.        Rumusan Masalah
Pokok permasalahan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.    Apakah penerapan pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SD … tahun pelajaran … dalam menjelaskan peranan Indonesia pada era global?
2.    Bagaimana proses pembelajaran berbasis proyek dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SD … tahun pelajaran … dalam menjelaskan peranan Indonesia pada era global?
C.       Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk:
1.    Untuk mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SD … tahun pelajaran … dalam menjelaskan peranan Indonesia pada era global.
2.    Untuk mengetahui proses pembelajaran berbasis proyek dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SD … tahun pelajaran … dalam menjelaskan peranan Indonesia pada era global.


D.      Kontribusi Hasil Penelitian
Adapun kegunaan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Bagi Lembaga
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan motivasi untuk menggunakan strategi, model, atau metode pembelajaran yang lebih bervariasi.
2.      Bagi Pengembangan Ilmu Pengetahuan
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah varian khazanah ilmu pengetahuan metode pengajaran.
3.      Bagi Peneliti
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadikan pengalaman yang berharga untuk dapat diterapkan di dunia pendidikan.
4.      Bagi siswa
Hasil penelitian ini diharapkan memberikan warna dan suasana baru dalam belajar di kelas sehingga siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan sukses.
5.      Bagi guru
Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi salah satu pertimbangan guru kelas dalam menentukan model pembelajaran yang bervariasi dalam proses belajar mengajar yang efektif.
6.      Bagi masyarakat
Hasil penelitian ini diharapkan menjadi bentuk pengabdian kepada masyarakat, khususnya guru SD, untuk mencoba menerapkan pembelajaran berbasis inkuiri dalam pembelajaran IPS.


Dokumen ini dalam bentuk Microsoft Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke 085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.

Full dokumen berisi:
1.        Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.        Bab 1 – 5
3.        Lampiran 1            : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.        Lampiran 2            : Surat Izin Penelitian
5.        Lampiran 3            : Berita Acara Seminar PTK
6.        Lampiran 4            : Daftar Nama Siswa
7.        Lampiran 5            : Daftar Hadir Siswa
8.        Lampiran 6            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.        Lampiran 7            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.    Lampiran 8            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.    Lampiran 9            : Materi Pembelajaran
12.    Lampiran 10          : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13.    Lampiran 11          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14.    Lampiran 12          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15.    Lampiran 13          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16.    Lampiran 14          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17.    Lampiran 15          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.    Lampiran 16          : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.    Lampiran 17          : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.    Lampiran 18          : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.    Lampiran 19          : Riwayat Penulis
22.    Lampiran 20          : Foto Kegiatan



0 comments:

Post a Comment