Wednesday, January 13, 2016

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENUNJUKKAN SIKAP HIDUP RUKUN DALAM KEMAJEMUKAN KELUARGA SISWA KELAS 1 SD NEGERI … MELALUI METODE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS)


BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang Masalah
Penguasaan isu sosial bagi bangsa yang sedang berkembang merupakan salah satu faktor yang penting. Dalam hubungan dengan program membangunan Indonesia, maka pengetahuan sosial mendukung program bidang kerjasama internasional, ilmu pengetahuan, teknologi dan pariwisata.
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari SD/MI/SDLB sampai SMP/MTs/SMPLB. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Pada jenjang SD/MI mata pelajaran IPS memuat materi geografi, sejarah, sosiologi, dan ekonomi. Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai.
Salah satu kompetensi IPS di kelas 1 SD Negeri …, siswa dituntut untuk mampu menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan benar. Hasil observasi terhadap kondisi awal kinerja guru dan perilaku siswa menunjukkan bahwa guru tidak mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar, tidak pula membimbing kelompok belajar. Kegiatan evaluasi dan pemberian penghargaan dilakukan dengan kurang baik. Sedangkan untuk indikator menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa serta menyajikan informasi dilaksanakan dengan cukup baik sehingga kinerja guru pada kondisi awal ini dalam kategori kurang.
Kinerja guru ini berdampak pada perilaku siswa kelas I dalam mengikuti pelajaran. Dari 20 orang siswa yang ada di kelas 1, hanya ≤ 25% saja yang mampu dalam kegiatan-kegiatan akademik, memiliki motivasi yang besar terhadap pembelajaran, efektif dalam menggunakan waktu pembelajaran, memiliki sikap percaya diri, mampu bekerjasama, dan memiliki sikap kebaikan budi, kepekaan, dan toleransi. Sisanya (51% – 75%) tidak termotivasi, malu-malu, tidak mampu bekerjasama sehingga mereka tidak memperlihatkan sikap yang mungkin saja mereka miliki seperti kebaikan budi, kepekaan, dan toleransi.
Kinerja guru dan perilaku siswa kelas I seperti dijelaskan di atas berdampak negatif terhadap pemerolehan siswa. Fakta-fakta di atas mengakibatkan semua siswa kelas I tidak dapat mencapai tujuan pembelajaran. Dari hasil tes awal dapat diketahui bahwa semua siswa kelas 1 mendapat nilai di bawah KKM (di bawah 70). Ini berarti bahwa dari tes didapatkan hasil yang tidak memuaskan, tampak bahwa ketuntasan belajar 0%.
Berdasarkan data awal peneliti menyimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas 1 SD Negeri ... dalam menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga sangat rendah sekali. Proses pembelajaran dengan metode konvensional tidak efektif membuat siswa mencapai tujuan pembelajaran. Untuk dapat mamahami materi ini, siswa memerlukan kegiatan yang dapat menguatkan kemampuan anak dalam kegiatan-kegiatan akademik, memberi motivasi yang besar terhadap pembelajaran, meningkatkan efektivitas waktu pembelajaran dalam menyelesaikan tugas, menumbuhkan sikap percaya diri, memupuk kemampuan anak dalam bekerjasama, dan melatih sikap kebaikan budi, kepekaan, dan toleransi.
Peneliti dan dua orang observer memutuskan untuk menggunakan metode STAD dalam pembelajaran menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga di kelas 1 SD …. Metode ini menyediakan langkah-langkah pembelajaran dengan menyampaikan tujuan pembelajaran, memotivasi siswa, menyajikan informasi, mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar, membimbing kelompok belajar, melaksanakan evaluasi, dan memberikan penghargaan. Dengan menggunakan metode STAD diharapkan siswa kelas 1 SD Negeri … dapat meningkatkan kemampuannya dalam menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan signifikan.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis tertarik untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas dengan judul UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENUNJUKKAN SIKAP HIDUP RUKUN DALAM KEMAJEMUKAN KELUARGA SISWA KELAS 1 SD NEGERI … melalui metode STAD (Student Teams Achievement Divisions).
1.2    Rumusan Masalah
Dalam penelitian ini peneliti mencoba mencari jawaban atas pertanyaan berikut ini:
1.    Apakah metode STAD dapat meningkatkan kemampuan menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga siswa kelas 1 SD Negeri …?
2.    Bagaimana proses pembelajaran menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan menggunakan metode STAD di kelas 1 SD Negeri …?
1.3    Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.    Mengidentifikasi efektivitas metode STAD untuk meningkatkan kemampuan menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga siswa kelas 1 SD Negeri ….
2.    Mendeskripsikan proses pembelajaran menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan menggunakan metode STAD di kelas 1 SD Negeri ….
1.4    Kontribusi Hasil Penelitian
Adapun kegunaan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.    Bagi peneliti, hasil penelitian ini dapat dipakai untuk mengetahui kinerja guru dan perilaku siswa kelas 1 SD Negeri … . dalam pembelajaran menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan metode STAD. Selain itu, hasil penelitian ini dapat dipakai pula untuk mengidentifikasi apakah metode STAD dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas 1 SD Negeri … dalam menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga atau tidak.
2.    Bagi guru-guru wali kelas 1, laporan penelitian tindakan kelas ini menjadi bukti bahwa metode STAD dapat digunakan untuk menyelenggarakan pembelajaran yang lebih berkualitas dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa dalam menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
3.    Bagi siswa kelas 1 SD Negeri …, hasil penelitian ini memberikan solusi alternatif bagi masalah yang mereka hadapi


Dokumen ini dalam bentuk Microsoft Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke 085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.
Full dokumen berisi:
1.        Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.        Bab 1 – 5
3.        Lampiran 1           : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.        Lampiran 2           : Surat Izin Penelitian
5.        Lampiran 3           : Berita Acara Seminar PTK
6.        Lampiran 4           : Daftar Nama Siswa
7.        Lampiran 5           : Daftar Hadir Siswa
8.        Lampiran 6           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.        Lampiran 7           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.    Lampiran 8           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.    Lampiran 9           : Materi Pembelajaran
12.    Lampiran 10         : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13.    Lampiran 11         : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14.    Lampiran 12         : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15.    Lampiran 13         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16.    Lampiran 14         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17.    Lampiran 15         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.    Lampiran 16         : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.    Lampiran 17         : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.    Lampiran 18         : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.    Lampiran 19         : Riwayat Penulis
22.    Lampiran 20         : Foto Kegiatan

2 comments:

  1. Terimakasih banyak Untuk blognya,
    maaf mas indra untuk materi ini apa ada full doc. yang bisa di download?
    saya ingin menggunakan sebagai referensi penyusunan PTK dengan materi yang sama tapi berbeda judul dan metodenya, kalau boleh mohon bantuannya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. anda bisa memesan lewat sms ke 085-294-176-789

      Delete