Wednesday, December 16, 2015

UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYIMAK SECARA KREATIF UNTUK MEMAHAMI SEBUAH PUISI DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA KELAS XII 3 TKR SMK …)



BAB I
PENDAHULUAN


1.1    Latar Belakang Masalah
Strategi pembelajaran merupakan proses interaksi komunikasi aktif antara siswa dengan guru dalam kegiatan pendidikan. Dalam proses kegiatan belajar mengajar, ada kegiatan yang dilakukan siswa dan ada kegiatan yang dilakukan guru. Kegiatan ini berlangsung pada waktu yang bersamaan sehingga terjadi interaksi dan komunikasi aktif antara siswa dengan guru. Komponen guru sangat berperan dalam membantu siswa untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Jadi, seorang guru dituntut mempunyai pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang profesional dalam membelajarkan siswanya agar dapat mencapai proses pembelajaran yang efektif, efisien, menarik, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Proses belajar mengajar yang aktif ditandai dengan adanya keterlibatan siswa secara komprehensif, baik fisik, mental, maupun emosional.
Dalam mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya pembelajaran menyimak puisi, kemampuan guru dalam mengelola proses belajar mengajar sangat diperlukan sehingga keterlibatan siswa dapat optimal, yang akhirnya berdampak pada pemerolehan hasil belajar yang maksimal. Hal ini termasuk kemampuan guru dalam menyediakan materi puisi yang sesuai dengan metode atau teknik pengajaran yang dapat mendukung PBM sehingga mempermudah siswa dalam memahami sebuah puisi.
Namun demikian, kenyataan di SMK … guru hanya mengajarkan materi tanpa praktik menyimak secara langsung. Kebanyakan guru membaca nyaring puisi dan siswa menyimaknya. Jika seorang guru tidak pandai dalam membaca puisi, maka siswa menyimak sebuah pembacaan puisi yang tidak sesuai dengan kaidah yang ada. Dalam kasus ini, guru tidak menyediakan model yang bagus bagi siswanya. Akibatnya, hasil belajar siswa kurang begitu memuaskan dan masih banyak siswa yang beranggapan bahwa pembelajaran menyimak puisi adalah kegiatan yang menjemukan dan membosankan.
Kesulitan pokok yang dihadapi siswa dalam menyimak adalah menghubungkan berbagai ide yang didengar untuk membangun suatu pemahaman. Mereka sering kali mengalami kesulitan yang berkaitan dengan kemampuan berpikir, khususnya menarik inferensi dan generalisasi dari apa yang telah disimaknya. Dan menyimak puisi menjadi lebih sulit, karena puisi mempunyai sistem kebahasaan sendiri.
Kesulitan yang dialami siswa dalam menyimak puisi dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya faktor pada diri siswa yaitu motivasi siswa masih kurang terhadap menyimak puisi, dan sikap siswa yang meremehkan kegiatan menyimak. Selain itu, faktor pada guru juga mempengaruhi, yaitu guru masih kurang tepat dalam memilih strategi, teknik atau metode yang sesuai dengan proses pembelajaran menyimak puisi.
Adapun faktor dari sekolah, yaitu jumlah siswa di kelas terlampau banyak. Fungsi laboratorium bahasa pun belum bisa dimaksimalkan. Selain itu, alat bantu atau media pembelajaran masih belum merata keberadaannya di SMK N .. sehingga siswa dan guru kesulitan dalam mengumpulkan materi-materi puisi dalam bentuk rekaman-rekaman yang digunakan dalam pembelajaran menyimak. Hal-hal tersebut menyebabkan keterampilan menyimak siswa kelas XII 3 TKR  SMK … tidak sesuai dengan target yang diinginkan.
Berdasarkan latar belakang di atas, dalam rangka memperbaiki pembelajaran menyimak dan meningkatkan kemampuan menyimak secara kreatif siswa untuk memehami sebuah puisi, peneliti merasa tergugah untuk melakukan penelitian tindakan kelas. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang peningkatan kemampuan siswa kelas XII 3 TKR SMK … semester satu dalam menyimak secara kreatif untuk memahami sebuah puisi.

1.2    rumusan Masalah
Dalam penelitian ini peneliti mencoba mencari jawaban atas pertanyaan: “Apakah media audiovisual efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimak secara kreatif untuk memahami sebuah puisi?”

1.3    batasan Masalah
Batasan masalah dalam penelitian ini adalah:
1)        Efektivitas media pembelajaran audiovisual yang dipakai untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimak secara kreatif untuk memahami sebuah puisi.
2)        Peningkatan kemampuan siswa dalam menyimak secara kreatif untuk memahami sebuah puisi.
3)        Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas XII 3 TKR semester 1 SMK tahun ...

1.4    Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini ada dua, yaitu:
1)        Mendeskripsikan proses pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media audiovisual sebagai upaya peningkatan kemampuan siswa dalam menyimak secara kreatif untuk memahami sebuah puisi.
2)        Mengidentifikasi efektivitas media audiovisual sebagai upaya peningkatan kemampuan siswa dalam menyimak secara kreatif untuk memahami sebuah puisi.

1.5    Manfaat Penelitian
Ada dua manfaat dalam penelitian ini, yakni:
1)        Manfaat Teoritis
Secara umum penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan pemikiran terhadap teori pembelajaran bahasa Indonesia khususnya kemampuan siswa dalam menyimak secara kreatif untuk memahami sebuah puisi.
2)        Manfaat Praktis
Dilihat dari segi praktis, ada beberapa manfaat yang bisa didapat oleh peneliti, guru-guru bahasa Indonesia, siswa, dan peneliti-peneliti lain sebagai pemerhati perkembangan pembelajaran bahasa Indonesia.
Bagi penulis, hasil penelitian ini dapat dipakai untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kemampuan siswa dalam menyimak secara kreatif untuk memahami sebuah puisi setelah dilakukan proses pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual.
Bagi guru-guru mata pelajaran bahasa Indonesia, laporan penelitian tindakan kelas ini menjadi bukti bahwa media audiovisual dapat digunakan untuk menyelenggarakan pembelajaran yang lebih efektif dalam rangka mengembangkan kemampuan siswa dalam menyimak secara kreatif untuk memahami sebuah puisi.
Bagi siswa, hasil penelitian ini memberikan solusi alternatif bagi masalah yang mereka hadapi dalam meningkatkan kemampuan menyimak untuk memahami secara kreatif sebuah puisi.
Bagi peneliti-peneliti lain, laporan penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan perbandingan dan referensi untuk penelitian-penelitian yang membahas tentang cara-cara efektif meningkatkan kemampuan berbahasa khususnya dalam menyimak secara kreatif untuk memahami sebuah puisi.



Dokumen ini dalam bentuk Microsoft Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke 085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.

Full dokumen berisi:
1.        Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.        Bab 1 – 5
3.        Lampiran 1           : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.        Lampiran 2           : Surat Izin Penelitian
5.        Lampiran 3           : Berita Acara Seminar PTK
6.        Lampiran 4           : Daftar Nama Siswa
7.        Lampiran 5           : Daftar Hadir Siswa
8.        Lampiran 6           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.        Lampiran 7           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.    Lampiran 8           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.    Lampiran 9           : Materi Pembelajaran
12.    Lampiran 10         : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13.    Lampiran 11         : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14.    Lampiran 12         : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15.    Lampiran 13         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16.    Lampiran 14         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17.    Lampiran 15         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.    Lampiran 16         : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.    Lampiran 17         : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.    Lampiran 18         : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.    Lampiran 19         : Riwayat Penulis
22.    Lampiran 20         : Foto Kegiatan

0 comments:

Post a Comment