Monday, July 25, 2016

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI PRINSIP DASAR BIOTEKNOLOGI SISWA KELAS XII MIA 2 SMA … MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT)



BAB I
PENDAHULUAN


A.      Latar Belakang Masalah
Melalui pembelajaran biologi diharapkan mampu membuat siswa dapat mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan, menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah, peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya, berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan.
Dalam silabus kurikulum 2013 untuk mata pelajaran biologi di kelas XII MIA semester kedua SMA … terdapat kompetensi dasar nomor 3.10 yaitu “Memahami tentang prinsip-prinsip bioteknologi yang menerapkan bioproses dalam menghasilkan produk baru untuk meningkatkan kesejahteraan manusia dalam berbagai aspek kehidupan”. Kompetensi dasar tersebut dapat dijabarkan menjadi indikator-indikator sebagai tujuan pembelajaran. Salah satu di antaranya adalah sebagai berikut:
3.10.1
Memahami prinsip dasar bioteknologi
Menurut data awal penelitian, pembelajaran memahami prinsip dasar bioteknologi di kelas XII MIA 2 tahun pelajaran 2015/2016 masih jauh dari harapan. Kinerja guru, sikap dan keterampilan belajar siswa kelas XII MIA 2 masih kurang optimal. Guru menjelaskan prinsip dasar bioteknologi hanya dengan metode ceramah, memberi contoh, dan memberikan tugas saja. Menurut data awal, kinerja guru pada proses pembelajaran sehari-hari belum maksimal.
Hal ini menyebabkan siswa kelas XII MIA 2 kurang antusias dalam mengikuti pelajaran. Di awal pembelajaran, siswa tampak memperhatikan penjelasan peneliti. Terbukti pada saat peneliti memberikan penjelasan tentang materi tidak ada siswa yang bermain sendiri, berbincang-bincang dengan temannya atau melakukan aktifitas lain. Akan tetapi beberapa waktu kemudian siswa mulai ramai dan hilang konsentrasi. Di antara mereka ada yang melakukan kegiatan yang tidak ada hubungannya dengan pembelajaran, ada juga yang asyik berbincang-bincang dengan temannya. Dari 38 orang siswa kelas XII MIA 2, hanya ≤ 25% siswa saja yang gembira dalam belajar, aktif dalam setiap kegiatan, termotivasi dalam belajar, memiliki kepekaan sosial terhadap teman, memiliki toleransi yang tinggi terhadap teman, dan menerima perbedaan individu dalam kelompok. Sedangkan pada aspek lain, hanya 26% – 50% siswa yang tanggungjawab dalam mengerjakan tugas individual dan kelompok, mampu bersosialisasi dengan orang lain, dan dapat menunjukkan kebaikan budi.
Pada proses pembelajaran sehari-hari memang banyak siswa kelas XII MIA 2 yang kurang semangat dalam mengikuti pelajaran. Terlihat dari sebagian besar siswa yang bermalas-malasan. Hal tersebut dikarenakan kurang optimalnya guru dalam mengorganisasikan kelas dan menyusun strategi pembelajaran. Sayangnya, hal ini berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam memahami prinsip dasar bioteknologi. Berdasarkan hasil tes di awal penelitian, kemampuan siswa masih tergolong rendah. Dari 38 orang siswa kelas XII MIA 2 hanya 4 orang saja yang mendapat nilai ≥ 75. Ini berarti bahwa ketuntasan belajar hanya 10.5% saja dengan tingkat penguasaan materi 66.8%.
Dari data yang terkumpul pada awal penelitian dapat diketahui bahwa proses pembelajaran memahami prinsip dasar bioteknologi di kelas XII MIA 2 masih banyak kekurangannya. Hal ini menyangkut kualitas kinerja guru, sikap dan ketrampilan belajar siswa ketika proses pembelajaran berlangsung. Hal ini pula yang mempengaruhi kurang optimalnya hasil belajar siswa. Sebagian besar siswa kelas XII MIA 2 tidak dapat mencapai tujuan pembelajaran. Hal ini terbukti dengan sebagian besar siswa kelas XII MIA 2 belum mendapat nilai ≥ 75.
Dari hasil analisis terhadap data awal terdapat beberapa informasi yang diperoleh, yaitu:
a.    siswa masih terlihat kurang fokus terhadap materi.
b.    Nilai siswa pada saat test awal masih rendah, masih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah batas minimal yang ditentukan sekolah.
Sebagaimana diketahui pada pembelajaran sehari-hari sebagian besar siswa kelas XII MIA 2 belum bisa memahami prinsip dasar bioteknologi dikarenakan kurangnya antusiasme mereka terhadap pembelajaran. Oleh karena itu, perlu adanya tindakan yang dapat membuat siswa tertarik dengan materi yang diajarkan sehingga siswa juga akan merasa dipermudah dalam menguasainya.
Sebagai solusinya, peneliti menggunakan metode kooperatif tipe team games tournament (TGT). Dengan melakukan langkah-langkah TGT seperti presentasi di kelas, pembentukan tim (kelompok), penyajian game (permainan), turnamen (pertandingan), dan rekognisi tim (penghargaan kelompok) diharapkan siswa kelas XII MIA 2 dapat belajar dengan mudah, menyenangkan, dan dapat mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu, metode kooperatif tipe TGT memberikan pengaruh positif, menambahkan dimensi kegembiraan, mengajarkan rasa saling membantu dan tanggungjawab individual.
Berkaitan dengan fenomena di atas peneliti tertarik untuk menerapkan metode TGT ini sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan memahami prinsip dasar bioteknologi siswa kelas XII MIA 2. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul “UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN memahami prinsip dasar bioteknologi siswa kelas XII MIa 2 Sma … melalui METODE kooperatif tipe TEAM GAMEs TOURNAMENT (TGT)”.
B.        Rumusan Masalah
Adapun pokok permasalahan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.    Bagaimana proses pembelajaran memahami prinsip dasar bioteknologi melalui metode kooperatif tipe teams game tournament (TGT) di kelas XII MIA 2 Sma ?
2.    Apakah metode kooperatif tipe teams game tournament (TGT) efektif untuk meningkatkan kemampuan memahami prinsip dasar bioteknologi siswa kelas XII MIA 2 Sma ?
C.       TujuanPenelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk:
1.    Mendeskripsikan proses pembelajaran memahami prinsip dasar bioteknologi melalui metode kooperatif tipe teams game tournament (TGT) di kelas XII MIA 2 Sma...
2.    Mengetahui efektifitas metode kooperatif tipe teams game tournament (TGT) untuk meningkatkan kemampuan memahami prinsip dasar bioteknologi siswa kelas XII MIA 2 Sma .
D.      Kontribusi Hasil Penelitian
Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi positif kepada pihak-pihak lain, seperti berikut ini.
1.      Bagi Lembaga SMA …
Penerapan metode kooperatif tipe teams game tournament (TGT) ini diharapkan dapat dijadikan motivasi untuk menerapkan model atau metode yang lebih bervariasi dalam proses pembelajaran di sekolah.
2.      Bagi Pengembangan Ilmu Pengetahuan
Hasil penelitian ini dapat menambah khazanah varian metode pengajaran ilmu sains, terutama biologi.
3.      Bagi Peneliti
Dengan menerapkan metode kooperatif tipe teams game tournament (TGT) ini, peneliti dapat menjadikan pengalaman yang berharga untuk dapat diterapkan di dunia pendidikan. Selain itu, peneliti dapat mengetahui efektifitas metode kooperatif tipe teams game tournament (TGT) untuk meningkatkan kemampuan memahami prinsip dasar bioteknologi siswa kelas XII MIA 2 Sma ...
4.      Bagi siswa kelas XII MIA 2 SMA …
Hasil penelitian ini dapat memberikan warna dan suasana baru dalam belajar biologi di kelas sehingga siswa merasa senang dan tidak mudah bosan.
5.      Bagi guru-guru lain
Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi salah satu pertimbangan guru dalam menentukan metode pembelajaran yang efektif dalam proses belajar mengajar.


Dokumen ini dalam bentuk Microsoft Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke 085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.
Full dokumen berisi:
1.        Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.        Bab 1 – 5
3.        Lampiran 1           : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.        Lampiran 2           : Surat Izin Penelitian
5.        Lampiran 3           : Berita Acara Seminar PTK
6.        Lampiran 4           : Daftar Nama Siswa
7.        Lampiran 5           : Daftar Hadir Siswa
8.        Lampiran 6           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.        Lampiran 7           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.    Lampiran 8           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.    Lampiran 9           : Materi Pembelajaran
12.    Lampiran 10         : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13.    Lampiran 11         : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14.    Lampiran 12         : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15.    Lampiran 13         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16.    Lampiran 14         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17.    Lampiran 15         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.    Lampiran 16         : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.    Lampiran 17         : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.    Lampiran 18         : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.    Lampiran 19         : Riwayat Penulis
22.    Lampiran 20         : Foto Kegiatan


Related Posts:

0 comments:

Post a Comment