BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Masalah
Melalui pembelajaran biologi diharapkan mampu membuat siswa dapat mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan, menyadari
dan mengagumi pola pikir ilmiah, peka dan peduli
terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan
sebagai manisfestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya, berperilaku ilmiah: teliti,
tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan
peduli dalam observasi dan eksperimen, berani
dan santun
dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai,
berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan
pengamatan dan percobaan.
Dalam silabus
kurikulum 2013 untuk mata pelajaran biologi di kelas XII MIA semester kedua SMA
… terdapat kompetensi dasar nomor 3.10 yaitu “Memahami
tentang prinsip-prinsip bioteknologi yang menerapkan bioproses dalam
menghasilkan produk baru untuk meningkatkan kesejahteraan manusia dalam
berbagai aspek kehidupan”.
Kompetensi dasar tersebut dapat dijabarkan menjadi indikator-indikator sebagai
tujuan pembelajaran. Salah satu di antaranya adalah sebagai berikut:
3.10.1
|
Memahami prinsip dasar
bioteknologi
|
Menurut data awal penelitian, pembelajaran memahami prinsip dasar bioteknologi di kelas XII MIA 2 tahun
pelajaran 2015/2016 masih jauh dari harapan. Kinerja guru, sikap dan
keterampilan belajar siswa kelas XII MIA 2 masih kurang optimal. Guru menjelaskan prinsip dasar bioteknologi hanya dengan metode ceramah, memberi contoh, dan memberikan tugas saja.
Menurut data awal, kinerja guru pada proses pembelajaran sehari-hari belum
maksimal.
Hal ini menyebabkan siswa kelas XII MIA 2 kurang antusias dalam
mengikuti pelajaran. Di awal pembelajaran, siswa tampak memperhatikan penjelasan peneliti. Terbukti pada saat
peneliti memberikan penjelasan tentang materi tidak ada siswa yang bermain
sendiri, berbincang-bincang dengan temannya atau melakukan aktifitas lain. Akan
tetapi beberapa waktu kemudian siswa mulai ramai dan hilang konsentrasi. Di
antara mereka ada yang melakukan kegiatan yang tidak ada hubungannya dengan
pembelajaran, ada juga yang asyik berbincang-bincang dengan temannya. Dari 38 orang siswa kelas XII MIA 2, hanya ≤ 25% siswa saja yang gembira dalam belajar, aktif dalam setiap kegiatan,
termotivasi dalam belajar, memiliki kepekaan sosial terhadap teman, memiliki
toleransi yang tinggi terhadap teman, dan menerima perbedaan
individu dalam kelompok. Sedangkan pada aspek lain, hanya 26% –
50% siswa yang tanggungjawab dalam mengerjakan tugas individual
dan kelompok, mampu bersosialisasi dengan orang lain, dan dapat menunjukkan kebaikan budi.
Pada proses pembelajaran
sehari-hari memang banyak siswa kelas XII MIA 2 yang kurang semangat dalam
mengikuti pelajaran. Terlihat dari sebagian besar siswa yang bermalas-malasan.
Hal tersebut dikarenakan kurang optimalnya guru dalam mengorganisasikan kelas
dan menyusun strategi pembelajaran. Sayangnya, hal ini berpengaruh terhadap
kemampuan siswa dalam memahami
prinsip dasar bioteknologi. Berdasarkan hasil tes di awal penelitian, kemampuan siswa masih
tergolong rendah. Dari 38 orang siswa kelas XII MIA 2 hanya 4 orang saja yang
mendapat nilai ≥ 75. Ini berarti bahwa ketuntasan belajar hanya 10.5% saja dengan
tingkat penguasaan materi 66.8%.
Dari data yang terkumpul pada awal
penelitian dapat diketahui bahwa proses pembelajaran memahami prinsip
dasar bioteknologi di kelas XII MIA 2 masih banyak kekurangannya. Hal ini
menyangkut kualitas kinerja guru, sikap dan ketrampilan belajar siswa ketika
proses pembelajaran berlangsung. Hal ini pula yang mempengaruhi kurang
optimalnya hasil belajar siswa. Sebagian besar siswa kelas XII MIA 2 tidak dapat mencapai
tujuan pembelajaran. Hal ini terbukti dengan sebagian besar siswa kelas XII MIA 2 belum
mendapat nilai ≥ 75.
Dari hasil analisis terhadap data awal
terdapat beberapa informasi yang diperoleh, yaitu:
a.
siswa masih terlihat kurang fokus terhadap
materi.
b.
Nilai siswa pada saat test awal masih rendah,
masih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah batas minimal yang ditentukan
sekolah.
Sebagaimana diketahui pada pembelajaran sehari-hari sebagian besar siswa
kelas XII MIA 2 belum bisa memahami prinsip dasar bioteknologi dikarenakan
kurangnya antusiasme mereka terhadap pembelajaran. Oleh karena itu, perlu adanya tindakan yang dapat membuat siswa tertarik
dengan materi yang diajarkan sehingga siswa juga akan merasa dipermudah dalam
menguasainya.
Sebagai solusinya, peneliti menggunakan metode kooperatif tipe team games tournament (TGT). Dengan
melakukan langkah-langkah TGT seperti presentasi di kelas, pembentukan tim
(kelompok), penyajian game
(permainan), turnamen (pertandingan), dan rekognisi tim (penghargaan kelompok)
diharapkan siswa kelas XII MIA 2 dapat belajar dengan mudah,
menyenangkan, dan dapat mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan.
Selain itu, metode kooperatif tipe TGT memberikan
pengaruh positif, menambahkan dimensi kegembiraan, mengajarkan rasa saling
membantu dan tanggungjawab individual.
Berkaitan dengan fenomena di atas peneliti
tertarik untuk menerapkan metode TGT ini sebagai upaya untuk meningkatkan
kemampuan memahami prinsip dasar bioteknologi siswa kelas XII MIA 2. Penelitian
ini dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul “UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN memahami prinsip dasar bioteknologi siswa kelas XII MIa 2 Sma … melalui METODE kooperatif
tipe TEAM GAMEs
TOURNAMENT (TGT)”.
B.
Rumusan Masalah
Adapun pokok permasalahan penelitian ini
adalah sebagai berikut:
1.
Bagaimana proses pembelajaran memahami prinsip dasar bioteknologi melalui metode kooperatif tipe teams game tournament (TGT)
di kelas XII MIA 2 Sma …?
2.
Apakah metode kooperatif tipe teams game tournament (TGT)
efektif untuk meningkatkan kemampuan memahami prinsip dasar bioteknologi siswa kelas XII MIA 2 Sma …?
C.
TujuanPenelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk:
1.
Mendeskripsikan proses pembelajaran memahami prinsip dasar bioteknologi melalui metode kooperatif tipe teams game tournament (TGT)
di kelas XII MIA 2 Sma...
2.
Mengetahui efektifitas metode kooperatif tipe
teams game tournament (TGT)
untuk meningkatkan kemampuan memahami prinsip dasar bioteknologi siswa kelas XII MIA 2 Sma ….
D. Kontribusi
Hasil Penelitian
Penelitian ini diharapkan memberikan
kontribusi positif kepada pihak-pihak lain, seperti berikut ini.
1.
Bagi Lembaga SMA …
Penerapan metode kooperatif tipe teams game tournament (TGT)
ini diharapkan dapat dijadikan motivasi untuk
menerapkan model atau metode yang lebih bervariasi dalam proses pembelajaran di
sekolah.
2.
Bagi Pengembangan Ilmu Pengetahuan
Hasil penelitian ini dapat menambah khazanah
varian metode pengajaran ilmu sains, terutama biologi.
3.
Bagi Peneliti
Dengan menerapkan metode kooperatif tipe teams game tournament (TGT)
ini, peneliti dapat menjadikan pengalaman
yang berharga untuk dapat diterapkan di dunia pendidikan. Selain itu, peneliti
dapat mengetahui efektifitas metode kooperatif tipe teams
game tournament (TGT) untuk
meningkatkan kemampuan memahami
prinsip dasar bioteknologi siswa kelas XII MIA 2 Sma ...
4.
Bagi siswa kelas XII MIA 2 SMA …
Hasil penelitian ini dapat memberikan warna
dan suasana baru dalam belajar biologi di kelas sehingga siswa merasa senang
dan tidak mudah bosan.
5.
Bagi guru-guru lain
Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi
salah satu pertimbangan guru dalam menentukan metode pembelajaran yang efektif
dalam proses belajar mengajar.
Dokumen ini dalam bentuk Microsoft
Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke
085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman
sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.
Full dokumen berisi:
1.
Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar
isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.
Bab 1 – 5
3.
Lampiran
1 : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.
Lampiran
2 : Surat Izin Penelitian
5.
Lampiran
3 : Berita Acara Seminar PTK
6.
Lampiran
4 : Daftar Nama Siswa
7.
Lampiran
5 : Daftar Hadir Siswa
8.
Lampiran
6 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.
Lampiran
7 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.
Lampiran
8 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.
Lampiran
9 : Materi Pembelajaran
12. Lampiran 10 : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13. Lampiran 11 : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14. Lampiran 12 : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15. Lampiran 13 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16. Lampiran 14 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17. Lampiran 15 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.
Lampiran
16 : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.
Lampiran
17 : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.
Lampiran
18 : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.
Lampiran
19 : Riwayat Penulis
22.
Lampiran 20 :
Foto Kegiatan
0 comments:
Post a Comment