Monday, July 25, 2016

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT–BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI PROSES KATABOLISME KARBOHIDRAT SISWA KELAS XII MIA 1 SMA …



BAB I
PENDAHULUAN


A.       Latar Belakang Masalah
Biologi sebagai salah satu bidang IPA menyediakan berbagai pengalaman belajar untuk memahami konsep dan proses sains. Keterampilan proses ini meliputi keterampilan mengamati, mengajukan hipotesis, menggunakan alat dan bahan secara baik dan benar dengan selalu mempertimbangkan keamanan dan keselamatan kerja, mengajukan pertanyaan, menggolongkan dan menafsirkan data, serta mengkomunikasikan hasil temuan secara lisan atau tertulis, menggali dan memilah informasi faktual yang relevan untuk menguji gagasan-gagasan atau memecahkan masalah sehari-hari.
Mata pelajaran Biologi dikembangkan melalui kemampuan berpikir analitis, induktif, dan deduktif untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peristiwa alam sekitar. Penyelesaian masalah yang bersifat kualitatif dan kuantitatif dilakukan dengan menggunakan pemahaman dalam bidang matematika, fisika, kimia dan pengetahuan pendukung lainnya.
Dalam silabus kurikulum 2013 untuk mata pelajaran biologi di kelas XII MIA semester pertama SMA … terdapat kompetensi dasar nomor 3.2 yaitu “Memahami peran enzim dalam proses metabolisme dan menyajikan data tentang proses metabolisme berdasarkan hasil investigasi dan studi literature untuk memahami proses pembentukan energi pada mahluk hidup”. Kompetensi dasar tersebut dapat dijabarkan menjadi indikator-indikator sebagai tujuan pembelajaran. Salah satu di antaranya adalah sebagai berikut:
3.2.1
Memahami proses katabolisme karbohidrat
Setelah mengikuti pembelajaran tentang proses katabolisme karbohidrat siswa diharapkan dapat memahami proses katabolisme karbohidrat dengan baik. Selain itu, siswa diharapkan dapat menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses, berperilaku ilmiah, teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan,  gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
Menurut data awal penelitian, proses pembelajaran memahami proses katabolisme karbohidrat di kelas XII MIA 1 SMA … masih belum optimal. Proses pembelajaran memahami proses katabolisme karbohidrat dilaksanakan guru dan siswa kelas XII MIA 1 dengan menggunakan metode-metode konvensional. Guru kurang memotivasi siswa, tidak membentuk kelompok, dan siswa hanya diberi sedikit kesempatan untuk mampu memecahkan masalah sehingga mereka cenderung kurang aktif, kurang cakap dan tidak terampil dalam mengelola sumber belajar.
Kinerja guru yang masih banyak kekurangannya ini berdampak pada sikap dan keterampilan belajar siswa kelas XII MIA 1 ketika proses pembelajaran berlangsung. Dari 38 orang siswa kelas XII MIA 1 hanya ≤ 25% siswa saja yang merenspons apesepsi, mampu berpikir kritis, berani bertanya, merespons setiap pertanyaan guru, dan disiplin dalam waktu. Dan hanya 26% – 50% siswa yang memahami tujuan pembelajaran dan konsentrasi dalam menyimak penjelasan guru.
Kinerja guru serta sikap dan keterampilan belajar siswa yang kurang positif terhadap pembelajaran menyebabkan kemampuan siswa kelas XII MIA 1 dalam memahami proses katabolisme karbohidrat tergolong rendah. Menurut hasil tes pra siklus, sebagian kecil siswa tidak mampu menjawab pertanyaan yang mudah sekalipun. Walaupun nilai sebagian kecil siswa sudah melebihi batas minimal yang telah ditentukan, namun sebagian besar siswa mendapatkan nilai di bawah batas minimal. Analisis terhadap hasil tes pra siklus menyatakan bahwa dari 38 orang siswa yang ada di kelas XII MIA 1 hanya 4 orang saja yang mendapat nilai di atas batas minimal yang telah ditentukan (≥ 75). Ini berarti bahwa ketuntasan belajar hanya 10.5% saja dengan tingkat penguasaan materi 65.8%. 
Dari hasil analisa terhadap data awal penelitian dapat diketahui bahwa:
-     Strategi pembelajaran yang dipakai oleh peneliti kurang kreatif, tidak menarik perhatian siswa.
-     Tidak ada kegiatan yang dapat memantapkan pemahaman siswa tentang materi.
-     Nilai siswa pada saat test masih rendah, masih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah batas minimal yang telah ditentukan sekolah.
Berdasarkan kelemahan-kelemahan yang teridentifikasi di awal penelitian, peneliti memutuskan untuk menerapkan pembelajaran berbasis proyek sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas XII MIA 1 dalam memahami proses katabolisme karbohidrat. Pembelajaran dilaksanakan dengan kegiatan-kegiatan memaparkan judul/topik proyek yang akan dibahas, tinjauan proyek dari berbagai kompetensi dasar yang hendak dicapai, membagi siswa kedalam kelompok kecil, mencari data/bahan presentasi di berbagai sumber, membuat rubrik penilaiannya, menyusun laporan, membuat batas waktu pengerjaan, dan presentasi. Semua fase pembelajaran berbasis proyek tersebut dipadukan dengan tahap-tahap mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan (pendekatan scientific) yang merupakan karakteristik kurikulum 2013 sehingga diharapkan mampu membantu siswa kelas xii mia 1 Sma dalam memahami proses katabolisme karbohidrat. Selain itu, diharapkan siswa dapat memahami tujuan pembelajaran, lebih konsentrasi, mampu bekerjasama dalam kelompok, lebih aktif, belajar bertanggungjawab, mampu berpikir kritis, berani, disiplin, dan percaya diri. 
Berkaitan dengan fenomena di atas, peneliti melakukan sebuah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul PENERAPAN Pembelajaran Berbasis Proyek (Project–Based Learning) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN memahami proses katabolisme karbohidrat SISWA Kelas xii mia 1 Sma …
B.        Rumusan Masalah
Pokok permasalahan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.    Apakah penerapan pembelajaran berbasis proyek (ProjectBased Learning) dapat meningkatkan kemampuan memahami proses katabolisme karbohidrat siswa kelas xii mia 1 Sma ?
2.    Bagaimana proses pembelajaran berbasis proyek (ProjectBased Learning) dalam upaya meningkatkan kemampuan memahami proses katabolisme karbohidrat siswa kelas xii mia 1 Sma ?
C.        Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk:
1.    Mengetahui efektifitas penerapan pembelajaran berbasis proyek (ProjectBased Learning) dalam meningkatkan kemampuan memahami proses katabolisme karbohidrat siswa kelas xii mia 1 Sma .
2.    Mendeskripsikan proses pembelajaran berbasis proyek (ProjectBased Learning) dalam upaya meningkatkan kemampuan memahami proses katabolisme karbohidrat siswa kelas xii mia 1 Sma .
D.      Kontribusi Hasil Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi berbagai pihak, di antaranya adalah sebagai berikut.
1.      Bagi Peneliti
Hasil penelitian ini diharapkan dapat membuktikan bahwa pembelajaran berbasis proyek (ProjectBased Learning) efektif untuk meningkatkan kemampuan memahami proses katabolisme karbohidrat siswa kelas xii mia 1 Sma ...
2.      Bagi Lembaga
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan motivasi untuk menggunakan pembelajaran berbasis proyek (ProjectBased Learning) dalam mata pelajaran yang lain sehingga metode pengajaran menjadi lebih bervariasi.
3.      Bagi siswa kelas xii mia 1 Sma
Hasil penelitian ini diharapkan memberikan warna dan suasana baru dalam memahami proses katabolisme karbohidrat sehingga siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan sukses.
4.      Bagi guru-guru lain
Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi salah satu pertimbangan guru kelas dalam menentukan model pembelajaran yang akan dipakai dalam proses belajar mengajar.


Dokumen ini dalam bentuk Microsoft Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke 085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.
Full dokumen berisi:
1.        Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.        Bab 1 – 5
3.        Lampiran 1           : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.        Lampiran 2           : Surat Izin Penelitian
5.        Lampiran 3           : Berita Acara Seminar PTK
6.        Lampiran 4           : Daftar Nama Siswa
7.        Lampiran 5           : Daftar Hadir Siswa
8.        Lampiran 6           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.        Lampiran 7           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.    Lampiran 8           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.    Lampiran 9           : Materi Pembelajaran
12.    Lampiran 10         : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13.    Lampiran 11         : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14.    Lampiran 12         : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15.    Lampiran 13         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16.    Lampiran 14         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17.    Lampiran 15         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.    Lampiran 16         : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.    Lampiran 17         : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.    Lampiran 18         : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.    Lampiran 19         : Riwayat Penulis
22.    Lampiran 20         : Foto Kegiatan

Related Posts:

0 comments:

Post a Comment