BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Masalah
Biologi
sebagai salah satu bidang IPA menyediakan berbagai pengalaman belajar untuk
memahami konsep dan proses sains. Keterampilan proses ini meliputi keterampilan
mengamati, mengajukan hipotesis, menggunakan alat dan bahan secara baik dan
benar dengan selalu mempertimbangkan keamanan dan keselamatan kerja, mengajukan
pertanyaan, menggolongkan dan menafsirkan data, serta mengkomunikasikan hasil
temuan secara lisan atau tertulis, menggali dan memilah informasi faktual yang
relevan untuk menguji gagasan-gagasan atau memecahkan masalah sehari-hari.
Mata
pelajaran Biologi dikembangkan melalui kemampuan berpikir analitis, induktif,
dan deduktif untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peristiwa alam
sekitar. Penyelesaian masalah yang bersifat kualitatif dan kuantitatif
dilakukan dengan menggunakan pemahaman dalam bidang matematika, fisika, kimia
dan pengetahuan pendukung lainnya.
Dalam silabus kurikulum 2013 untuk mata
pelajaran biologi di kelas XII MIA semester pertama SMA … terdapat kompetensi
dasar nomor 3.2 yaitu “Memahami peran enzim dalam proses metabolisme dan menyajikan data tentang proses metabolisme
berdasarkan hasil investigasi dan studi literature untuk memahami proses
pembentukan energi pada mahluk hidup”. Kompetensi dasar tersebut dapat
dijabarkan menjadi indikator-indikator sebagai tujuan pembelajaran. Salah satu
di antaranya adalah sebagai berikut:
3.2.1
|
Memahami proses katabolisme karbohidrat
|
Setelah
mengikuti pembelajaran tentang proses
katabolisme karbohidrat siswa diharapkan dapat memahami proses katabolisme karbohidrat dengan baik. Selain itu,
siswa diharapkan dapat menyadari dan
mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses, berperilaku ilmiah, teliti,
tekun, jujur terhadap
data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,
dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli
lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai,
berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam
setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam
kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
Menurut data awal
penelitian, proses pembelajaran memahami
proses katabolisme karbohidrat di kelas XII MIA 1 SMA … masih belum optimal. Proses pembelajaran memahami proses
katabolisme karbohidrat dilaksanakan guru dan siswa kelas XII
MIA 1 dengan menggunakan metode-metode konvensional. Guru kurang memotivasi siswa, tidak membentuk kelompok, dan
siswa hanya diberi sedikit kesempatan untuk mampu memecahkan
masalah sehingga mereka cenderung kurang aktif, kurang cakap dan tidak terampil
dalam mengelola sumber belajar.
Kinerja guru
yang masih banyak kekurangannya ini berdampak pada sikap dan keterampilan
belajar siswa kelas XII MIA 1 ketika proses pembelajaran berlangsung. Dari 38
orang siswa kelas XII MIA 1 hanya ≤ 25% siswa saja yang merenspons apesepsi, mampu
berpikir kritis, berani bertanya, merespons setiap pertanyaan guru, dan
disiplin dalam waktu. Dan hanya 26% – 50% siswa yang memahami tujuan
pembelajaran dan konsentrasi dalam menyimak penjelasan guru.
Kinerja guru serta sikap dan keterampilan belajar siswa yang kurang positif terhadap
pembelajaran menyebabkan kemampuan siswa kelas XII MIA 1 dalam memahami proses
katabolisme karbohidrat tergolong rendah. Menurut hasil tes pra siklus,
sebagian kecil siswa tidak mampu menjawab pertanyaan yang mudah sekalipun.
Walaupun nilai sebagian kecil siswa sudah melebihi batas minimal yang telah
ditentukan, namun sebagian besar siswa mendapatkan nilai di bawah batas
minimal. Analisis terhadap hasil tes pra siklus menyatakan bahwa dari 38 orang
siswa yang ada di kelas XII MIA 1 hanya 4 orang saja yang mendapat nilai di
atas batas minimal yang telah ditentukan (≥ 75). Ini berarti bahwa ketuntasan
belajar hanya 10.5%
saja dengan tingkat penguasaan materi 65.8%.
Dari hasil analisa terhadap data awal
penelitian dapat diketahui bahwa:
-
Strategi pembelajaran yang dipakai oleh
peneliti kurang kreatif, tidak menarik perhatian siswa.
-
Tidak ada kegiatan yang dapat memantapkan
pemahaman siswa tentang materi.
-
Nilai siswa pada saat test masih rendah,
masih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah batas minimal yang telah
ditentukan sekolah.
Berdasarkan kelemahan-kelemahan yang
teridentifikasi di awal penelitian, peneliti memutuskan untuk menerapkan
pembelajaran berbasis proyek sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa
kelas XII MIA 1 dalam memahami proses katabolisme karbohidrat. Pembelajaran
dilaksanakan dengan kegiatan-kegiatan memaparkan judul/topik proyek yang akan
dibahas, tinjauan proyek dari berbagai kompetensi dasar yang hendak dicapai,
membagi siswa kedalam kelompok kecil, mencari data/bahan presentasi di berbagai
sumber, membuat rubrik penilaiannya, menyusun laporan, membuat batas waktu
pengerjaan, dan presentasi. Semua fase pembelajaran berbasis proyek tersebut
dipadukan dengan tahap-tahap mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan (pendekatan scientific) yang merupakan karakteristik kurikulum 2013 sehingga
diharapkan mampu membantu siswa kelas xii mia 1 Sma … dalam
memahami proses katabolisme karbohidrat. Selain
itu, diharapkan siswa dapat memahami tujuan pembelajaran, lebih konsentrasi, mampu
bekerjasama dalam kelompok, lebih aktif, belajar bertanggungjawab, mampu
berpikir kritis, berani, disiplin, dan percaya diri.
Berkaitan dengan fenomena di atas, peneliti
melakukan sebuah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul PENERAPAN Pembelajaran
Berbasis Proyek (Project–Based Learning) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN memahami proses katabolisme karbohidrat SISWA Kelas xii mia 1 Sma …
B.
Rumusan Masalah
Pokok permasalahan penelitian ini adalah
sebagai berikut:
1.
Apakah penerapan pembelajaran
berbasis proyek (Project–Based Learning) dapat meningkatkan kemampuan memahami proses katabolisme karbohidrat siswa kelas xii mia 1 Sma …?
2.
Bagaimana proses pembelajaran
berbasis proyek (Project–Based Learning) dalam upaya meningkatkan kemampuan memahami proses katabolisme karbohidrat siswa kelas xii mia 1 Sma …?
C.
Tujuan
Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk:
1.
Mengetahui efektifitas penerapan pembelajaran
berbasis proyek (Project–Based Learning) dalam meningkatkan
kemampuan memahami proses katabolisme
karbohidrat siswa kelas xii mia 1 Sma ….
2.
Mendeskripsikan proses pembelajaran
berbasis proyek (Project–Based Learning) dalam upaya meningkatkan kemampuan memahami proses katabolisme karbohidrat siswa kelas xii mia 1 Sma ….
D. Kontribusi
Hasil Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat
memberikan kontribusi positif bagi berbagai pihak, di antaranya adalah sebagai
berikut.
1.
Bagi Peneliti
Hasil penelitian ini diharapkan dapat membuktikan bahwa
pembelajaran berbasis proyek (Project–Based Learning) efektif untuk meningkatkan kemampuan memahami
proses katabolisme karbohidrat siswa kelas xii mia 1 Sma ...
2.
Bagi Lembaga
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan motivasi untuk
menggunakan pembelajaran
berbasis proyek (Project–Based Learning) dalam mata pelajaran yang lain sehingga metode pengajaran menjadi lebih bervariasi.
3.
Bagi siswa kelas xii mia 1 Sma …
Hasil penelitian ini diharapkan memberikan warna dan suasana
baru dalam memahami proses katabolisme
karbohidrat sehingga siswa dapat mencapai tujuan
pembelajaran dengan sukses.
4.
Bagi guru-guru lain
Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi
salah satu pertimbangan guru kelas dalam menentukan model pembelajaran yang
akan dipakai dalam proses belajar mengajar.
Dokumen ini dalam bentuk Microsoft
Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke
085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman
sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.
Full dokumen berisi:
1.
Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar
isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.
Bab 1 – 5
3.
Lampiran
1 : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.
Lampiran
2 : Surat Izin Penelitian
5.
Lampiran
3 : Berita Acara Seminar PTK
6.
Lampiran
4 : Daftar Nama Siswa
7.
Lampiran
5 : Daftar Hadir Siswa
8.
Lampiran
6 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.
Lampiran
7 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.
Lampiran
8 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.
Lampiran
9 : Materi Pembelajaran
12. Lampiran 10 : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13. Lampiran 11 : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14. Lampiran 12 : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15. Lampiran 13 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16. Lampiran 14 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17. Lampiran 15 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.
Lampiran
16 : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.
Lampiran
17 : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.
Lampiran
18 : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.
Lampiran
19 : Riwayat Penulis
22.
Lampiran 20 :
Foto Kegiatan
0 comments:
Post a Comment