Thursday, October 13, 2016

EFEKTIFITAS METODE KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMPRAKTIKKAN GERAK DASAR LOMPAT TINGGI SISWA KELAS IV SD NEGERI ….



BAB I
PENDAHULUAN


1.1         Latar Belakang Masalah
Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan media untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai (sikap-mental-emosional-sportivitas-spiritual-sosial), serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik dan psikis  yang seimbang. Dalam silabus mata pelajaran PJOK di kelas IV semester kedua SD Negeri … terdapat standar kompetensi nomor 6 yaitu “Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dengan kompetensi dasar nomor 6.3 yaitu “Mempraktikkan gerak dasar atletik yang dimodifikasi:  lompat, loncat dan lempar, dengan memperhatikan nilai-nilai pantang menyerah, sportifitas, percaya diri, dan kejujuran”. Kompetensi dasar tersebut dapat dijabarkan menjadi indikator-indikator sebagai tujuan pembelajaran. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:
°       Melakukan awalan dalam lompat tinggi
°       Melakukan tolakkan pada lompat tinggi
°       Melakukan sikap di atas mistar pada lompat tinggi
°       Melakukan gerak mendarat pada lompat tinggi
Menurut data awal penelitian, proses pembelajaran mempraktikkan gerak dasar lompat tinggi di kelas IV SD Negeri … masih kurang berkualitas. Pada kondisi awal, guru masih mengggunakan metode konvensional dimana peran guru sangat dominan. Kegiatan dipenuhi oleh penjelasan materi yang monoton. Guru tidak melatih siswa untuk dapat bekerjasama, saling membantu dan berinteraksi satu sama lain dan tidak begitu melibatkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa tidak memiliki motivasi, rasa percaya diri, tanggungjawab, dan kepekaan/ kesetiakawanan sosial.
Kinerja guru yang kurang maksimal berpengaruh terhadap sikap dan keterampilan belajar siswa kelas IV ketika mengikuti proses pembelajaran. Dari 17 orang siswa yang ada di kelas IV, hanya sebagian kecil (≤ 25%) siswa saja yang mampu bekerjasama dalam menyelesaikan masalah, melibatkan diri dalam penyelesaian tugas, saling membantu dalam menyelesaikan tugas, memiliki perbandingan materi, interaktif dalam berbagi informasi, berinteraksi dengan lancar, memiliki motivasi yang besar terhadap pembelajaran, dan memiliki tanggungjawab terhadap kepentingan kelompok. Sedangkan pada aspek lain, hanya 26% – 50% siswa saja yang berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran, memiliki rasa percaya diri yang tinggi, dan menunjukkan kepekaan dan kesetiakawanan sosial.
Kualitas kinerja guru, sikap dan keterampilan belajar siswa kelas IV yang kurang maksimal dalam proses pembelajaran pra siklus menyebabkan sebagian besar siswa kelas IV tidak dapat mencapai tujuan pembelajaran. Sebagian besar siswa kelas IV tidak mampu mempraktikkan gerak dasar lompat tinggi dengan benar. Akibatnya, sebagian besar siswa kelas IV mendapat nilai di bawah batas minimal yang telah ditentukan. Dari 17 orang siswa yang ada di kelas IV, hanya 6 orang siswa saja yang mendapat nilai di atas batas minimal (≥ 70). Sedangkan sebagian besar siswa kelas IV mendapat nilai di bawah KKM (11 orang). Ini berarti bahwa ketuntasan belajar hanya mencapai 35.3% dengan tingkat penguasaan materi hanya sebesar 61.8% saja.
Dari data awal penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas IV dalam mempraktikkan gerak dasar lompat tinggi sangat lemah. Materi ini kelihatannya sangat sulit dikuasai oleh sebagian besar siswa kelas IV. Menurut hasil analisis, langkah-langkah pembelajaran yang dipilih oleh guru tidak efektif, kurang efisien, kurang interaktif, dan tidak menyenangkan bagi siswa. Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang kurang maksimal menyebabkan sikap dan keterampilan siswa kelas IV ketika proses pembelajaran berlangsung menjadi kurang positif sehingga berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Akibatnya, sebagian besar dari mereka mendapat nilai di bawah 70.
Untuk mengatasi masalah di atas, peneliti memutuskan untuk memberikan tindakan pembelajaran melalui metode yang efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IV dalam mempraktikkan gerak dasar lompat tinggi. Tindakan yang diambil harus mampu mengatasi kendala-kendala yang ada. Menurut pendapat peneliti, guru perlu menggunakan metode pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat efektif dan efisien, interaktif, dan menyenangkan bagi siswa. Salah satunya adalah menggunakan metode kooperatif tipe NHT. Metode ini memiliki langkah-langkah merancang pembelajaran yang efektif dan efisien, interaktif, dan menyenangkan, memotivasi siswa, menciptakan situasi yang mendukung/ nyaman, memberikan kuis/lomba, menyampaikan materi pembelajaran, latihan dalam kelompok, mengajukan permasalahan untuk dipecahkan, memberikan penegasan pada akhir pembelajaran, memfasilitasi siswa, memberi penghargaan kepada siswa, dan memberikan umpan balik/ feedback. Semua langkah-langkah pembelajaran metode kooperatif tipe NHT di atas diharapkan mampu membantu siswa kelas IV dalam belajar. Langkah-langkah pembelajaran ini diharapkan siswa dapat belajar dan berlatih dalam kelompok dengan anggota-anggota yang mungkin mempunyai kemampuan yang berbeda-beda, sehingga mereka dapat mengerjakan tugas sebaik-baiknya dengan berbagi informasi dan bekerjasama untuk mengoptimalkan kemampuan-kemampuan dari anggotanya tersebut.
Dengan menggunakan metode kooperatif tipe NHT ini, diharapkan siswa kelas IV dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam mempraktikkan gerak dasar lompat tinggi. Selain itu, penelitian-penelitian terdahulu membuktikan bahwa metode kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam bekerjasama dan berinteraksi, membuat siswa berpartisipasi aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran, memiliki rasa saling membantu, motivasi, percaya diri, tanggungjawab, serta kepekaan dan kesetiakawanan sosial. Dengan menggunakan metode kooperatif tipe NHT ini, diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam mempraktikkan gerak dasar lompat tinggi.
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, peneliti melaksanakan penelitian tindakan kelas yang berjudul EFEKTIFITAS METODE KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN Mempraktikkan gerak dasar lompat tinggi SISWA KELAS IV SD NEGERI ….
1.2         Rumusan Masalah
Dalam penelitian ini peneliti mencoba mencari jawaban atas pertanyaan berikut ini:
1.    Apakah metode kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan mempraktikkan gerak dasar lompat tinggi siswa kelas IV SD Negeri ?
2.    Bagaimanakah proses pembelajaran mempraktikkan gerak dasar lompat tinggi melalui metode kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) di kelas IV SD Negeri ?
1.3         Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, yaitu:
1.    Untuk mengetahui efektifitas metode kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan kemampuan kemampuan mempraktikkan gerak dasar lompat tinggi siswa kelas IV SD Negeri .
2.    Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran mempraktikkan gerak dasar lompat tinggi melalui metode kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) di kelas IV SD Negeri .
1.4         Kontribusi Hasil Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi beberapa pihak di antaranya adalah peneliti, guru-guru lain, siswa, dan peneliti lain.
°       Bagi peneliti, hasil penelitian ini dapat membuktikan bahwa metode kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) efektif meningkatkan kemampuan mempraktikkan gerak dasar lompat tinggi siswa kelas IV SD Negeri .
°       Bagi guru-guru lain, laporan penelitian tindakan kelas ini menjadi bukti bahwa metode kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat dipakai sebagai metode pembelajaran PJOK. Metode ini juga dapat dipakai dalam mata pelajaran lain.
°       Bagi siswa kelas IV SD Negeri , hasil penelitian ini memberikan solusi bagi masalah yang mereka hadapi dalam mempraktikkan gerak dasar lompat tinggi. Metode ini juga dapat dipakai untuk menguasai kompetensi lain dalam mata pelajaran yang berbeda.
°       Bagi peneliti-peneliti lain, laporan penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan perbandingan dan referensi untuk penelitian-penelitian yang membahas topik yang sama.


Dokumen ini dalam bentuk Microsoft Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke nomor 085-294-176-789 kemudian mentransfer biaya pengiriman sebesar Rp. 50.000.

Full dokumen berisi:
1.        Bagian awal (halaman judul, halaman pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.        Bab 1 – 5
3.        Lampiran 1           : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.        Lampiran 2           : Surat Izin Penelitian
5.        Lampiran 3           : Berita Acara Seminar PTK
6.        Lampiran 4           : Daftar Nama Siswa
7.        Lampiran 5           : Daftar Hadir Siswa
8.        Lampiran 6           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.        Lampiran 7           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.    Lampiran 8           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.    Lampiran 9           : Materi Pembelajaran
12.    Lampiran 10         : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13.    Lampiran 11         : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14.    Lampiran 12         : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15.    Lampiran 13         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16.    Lampiran 14         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17.    Lampiran 15         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.    Lampiran 16         : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.    Lampiran 17         : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.    Lampiran 18         : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.    Lampiran 19         : Riwayat Penulis
22.    Lampiran 20         : Foto Kegiatan

1 comments:

  1. Lucky Club Casino Site - Live Games Online Casinos
    Lucky Club is a unique casino that welcomes players from around the world with huge jackpots in denominations ranging from €1 to €500. In luckyclub.live the

    ReplyDelete