Thursday, September 15, 2016

PENERAPAN METODE PAKEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL CARA-CARA MENGHADAPI BENCANA ALAM SISWA KELAS VI SD …



BAB I
PENDAHULUAN


A.      Latar Belakang Masalah
Di masa yang akan datang peserta didik akan menghadapi tantangan berat karena kehidupan masyarakat global selalu mengalami perubahan setiap saat. Oleh karena itu mata pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis.
Mata pelajaran IPS disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat. Dengan pendekatan tersebut diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan.
Dalam silabus mata pelajaran IPS untuk kelas VI SD … semester 2 tahun pelajaran … terdapat standar kompetensi nomor  2, yaitu ”Memahami gejala alam yang terjadi diIndonesiadan sekitarnya” dengan kompetensi dasar nomor  2.2Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam”.  SK dan KD ini menurunkan indikator-indikator pembelajaran sebagai berikut:
°       Mengenali tanggapan masyarakat terhadap bencana alam
°       Mengenal cara-cara menyalurkan bantuan kepada korban bencana alam
Namun, hasil observasi terhadap kondisi awal pembelajaran mengenal cara-cara menghadapi bencana alam di kelas VI SD … menyatakan bahwa guru menggunakan metode ceramah dimana guru menjadi pusat pembelajaran. Guru tidak memberikan waktu untuk menanggulangi masalah pribadi siswa, tidak memfasilitasi kerja kelompok, tidak memfasilitasi diskusi, tidak memberikan kebebasan untuk menyampaikan pendapat, tidak memberikan tugas, tidak memberikan bimbingan individual, tidak memberikan bimbingan kelompok, tidak memanfaatkan lingkungan di sekitar siswa, tidak menyediakan ‘pojok baca’, tidak mendorong siswa dalam pemecahan suatu masalah, tidak mengembangkan kemampuan berpikir kritis, dan tidak memberikan umpan balik.
Hal tersebut di atas berdampak negatif terhadap perilaku siswa kelas VI. Dari 30 orang siswa, hanya sebagian kecil saja (±25%) yang teridentifikasi mampu berinteraksi antar siswa, kompak sebagai kelompok belajar, mengakui kesalahan bila melakukan hal yang tidak sesuai dalam pembelajaran, cepat beradaptasi terhadap suatu kondisi, memiliki rasa percaya diri yang tinggi, berpikir kritis, berani mengungkapkan gagasan, dan disiplin. Sedangkan 26% – 50% siswa sudah mampu berpartisipasi dalam menetapkan tujuan pembelajaran, berani dalam mengambil keputusan, memiliki imajinasi tinggi, dan mempunyai motivasi untuk belajar.
Kinerja guru dan perilaku siswa yang kurang baik tersebut berdampak buruk terhadap perolehan nilai siswa. Dari hasil analisis terhadap nilai tes dapat diketahui sebagian besar siswa mendapat nilai di bawah 70. Dari jumlah siswa 30 orang, yang mendapat nilai sama dengan dan di atas batas KKM hanya 12 orang saja dengan ketuntasan belajar 40% dan penguasaan materi 66%.
Data yang diperoleh dari kondisi awal menunjukkan adanya kelemahan dalam kinerja guru, perilaku siswa kelas VI, dan kemampuan siswa kelas VI dalam mengenal cara-cara menghadapi bencana alam. Untuk mengatasi kendala tersebut, peneliti dan observer berpikir bahwa guru pengajar harus meningkatkan kinerjanya dengan memilih metode yang efektif dan sesuai dengan pembelajaran sehingga perilaku siswa kelas VI dan kemampuan mereka dalam mengenal cara-cara menghadapi bencana alam dapat meningkat. Salah satu metode yang sesuai dengan materi ini adalah metode PAKEM. Metode PAKEM memprioritaskan kegiatan pada memahami sifat siswa, mengenal peserta didik secara perorangan, memanfaatkan perilaku peserta didik dalam pengorganisasian belajar, mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif serta mampu memecahkan masalah, menciptakan ruangan kelas sebagai lingkungan belajar yang menarik, memanfaatkan lingkungan sebagai lingkungan belajar, memberikan umpan balik yang baik untuk meningkatkan kegiatan, dan membedakan antara aktif fisik dengan aktif mental. Diharapkan dengan menggunakan metode PAKEM ini kemampuan siswa dalam mengnal cara-cara menghadapi bencana alam dapat meningkat.
Berkaitan dengan fenomena di atas peneliti tertarik untuk melaksanakan sebuah penelitian tindakan kelas dengan judul PENERAPAN METODE PAKEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam SISWA kelas VI SD ….
B.        Rumusan Masalah
Pokok permasalahan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.    Bagaimanakah proses pembelajaran mengenal cara-cara menghadapi bencana alam dengan menggunakan metode PAKEM di kelas VI SD …?
2.    Apakah metode PAKEM dapat meningkatkan kemampuan mengenal cara-cara menghadapi bencana alam siswa kelas VI SD …?
C.       Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk:
1.        Mendeskripsikan kinerja guru dan perilaku siswa kelas VI SD … dalam pembelajaran mengenal cara-cara menghadapi bencana alam dengan metode PAKEM.
2.        Mengetahui efektivitas metode PAKEM untuk meningkatkan kemampuan mengenal cara-cara menghadapi bencana alam siswa kelas VI SD ….
D.      Kontribusi Penelitian
Adapun kegunaan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Bagi Lembaga
Penerapan metode PAKEM ini diharapkan dapat dijadikan motivasi untuk menggunakan model atau metode pembelajaran yang lebih bervariasi.
2.      Bagi Pengembangan Ilmu Pengetahuan
Diharapkan penelitian ini dapat menambah varian khazanah ilmu pengetahuan metode pengajaran.
3.      Bagi Peneliti
Dengan menerapkan metode PAKEM ini, peneliti dapat menjadikan pengalaman yang berharga untuk dapat diterapkan di dunia pendidikan.
4.      Bagi siswa
Memberikan warna dan suasana baru dalam belajar di kelas sehingga siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan sukses.
5.      Bagi guru
Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi salah satu pertimbangan guru kelas dalam menentukan model pembelajaran yang bervariasi dalam proses belajar mengajar yang efektif.
6.      Bagi masyarakat
Diharapkan hasil penelitian ini dapat dikembangkan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, khususnya guru SD, untuk mencoba menerapkan metode PAKEM di kelas.


Dokumen ini dalam bentuk Microsoft Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke 085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.
Full dokumen berisi:
1.        Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.        Bab 1 – 5
3.        Lampiran 1            : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.        Lampiran 2            : Surat Izin Penelitian
5.        Lampiran 3            : Berita Acara Seminar PTK
6.        Lampiran 4            : Daftar Nama Siswa
7.        Lampiran 5            : Daftar Hadir Siswa
8.        Lampiran 6            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.        Lampiran 7            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.    Lampiran 8            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.    Lampiran 9            : Materi Pembelajaran
12.    Lampiran 10          : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13.    Lampiran 11          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14.    Lampiran 12          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15.    Lampiran 13          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16.    Lampiran 14          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17.    Lampiran 15          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.    Lampiran 16          : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.    Lampiran 17          : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.    Lampiran 18          : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.    Lampiran 19          : Riwayat Penulis
22.    Lampiran 20          : Foto Kegiatan



0 comments:

Post a Comment