Wednesday, December 16, 2015

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYAJIKAN INFORMASI TENTANG PERPINDAHAN DAN PERUBAHAN ENERGI LISTRIK SISWA KELAS VI SD … TAHUN PELAJARAN … MELALUI METODE PERCOBAAN



BAB I
PENDAHULUAN


1.1    Latar Belakang Masalah
IPA diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah yang dapat diidentifikasikan.  Penerapan IPA perlu dilakukan secara bijaksana agar tidak berdampak buruk terhadap lingkungan.  Di tingkat SD/MI diharapkan ada penekanan pembelajaran Salingtemas (Sains, lingkungan, teknologi,  dan masyarakat) yang diarahkan pada pengalaman belajar untuk merancang dan membuat suatu karya melalui penerapan konsep IPA dan kompetensi  bekerja ilmiah secara bijaksana. 
Pembelajaran IPA sebaiknya dilaksanakan secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry) untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup. Oleh karena itu pembelajaran IPA di SD/MI menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah.
Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) IPA di SD/MI merupakan standar minimum yang secara nasional harus dicapai oleh peserta didik dan menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum di setiap satuan pendidikan. Pencapaian SK dan KD didasarkan pada pemberdayaan peserta didik untuk membangun kemampuan, bekerja ilmiah, dan pengetahuan sendiri yang difasilitasi oleh guru.
Dalam silabus mata pelajaran IPA untuk kelas VI SD … semester 2 tahun pelajaran … terdapat standar kompetensi nomor 7 Mempraktikkan  pola penggunaan dan perpindahan energi dengan kompetensi dasar nomor 7.2Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik. SK dan KD ini mempunyai indikator-indikator pembelajaran sebagai berikut:
-       Memahami perpindahan dan perubahan energi listrik
-       Menjelaskan rangkaian listrik
Namun, hasil observasi terhadap kondisi awal pembelajaran menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik menyatakan bahwa guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan eksperimen sehingga tidak ada kegiatan mempersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan, memberikan penjelasan secukupnya tentang apa yang harus dilakukan dalam eksperimen, membantu peserta didik selama eksperimen, dan menetapkan apa tindak lanjut eksperimen. Adapun kegiatan apersepsi, menjelaskan tujuan pembelajaran, memotivasi siswa, menjelaskan materi, dan menyimpulkan materi dilaksanakan oleh guru dengan cukup baik. Sehingga kinerja guru pada kondisi awal dalam kategori kurang maksimal.
Kurang baiknya kinerja guru di atas mempengaruhi perilaku siswa ketika proses pembelajaran berlangsung. Hanya sebagian kecil (≤ 25%) siswa saja yang responsif terhadap apersepsi, memahami tujuan pembelajaran, konsentrasi dalam menyimak penjelasan materi. Guru tidak memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan eksperimen.
Kinerja guru dan perilaku siswa kelas VI yang kurang maksimal menyebabkan sebagian besar siswa kelas VI tidak dapat mencapai tujuan pembelajaran. Sebagian besar tidak mampu menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik dengan baik sehingga sebagian besar siswa kelas VI mendapat nilai di bawah KKM. Hanya 3 orang siswa saja yang mendapat nilai sama dengan KKM. Ini berarti bahwa ketuntasan belajar hanya 17,65%. Sedangkan sebagian besar siswa kelas VI mendapat nilai di bawah KKM sehingga nilai rata-rata kelas (tingkat penguasaan materi) menjadi sangat rendah, yaitu 58,82%.
Dari data penelitian awal yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas VI dalam menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik sangat lemah. Kompetensi ini kelihatannya sangat sulit dikuasai oleh siswa kelas VI. Menurut hasil analisis, kekurangan pada kinerja guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, termasuk dalam memilih metode pembelajaran, menyebabkan perilaku siswa kelas VI menjadi kurang positif terhadap pembelajaran sehingga sebagian besar dari mereka mendapat nilai di bawah KKM.
Untuk mengatasi masalah di atas, peneliti memutuskan untuk memberi tindakan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VI dalam menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik melalui metode percobaan. Metode percobaan merupakan metode pembelajaran yang ditandai dengan kegiatan mencoba mengerjakan sesuatu, mengamati dan melaporkan proses percobaan tersebut. Sedangkan menurut pendapat Djamarah (2006:84), metode eksperimen (percobaan) adalah cara penyajian pelajaran, dimana siswa melakukan percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari.
Tindakan yang diambil harus mampu mengatasi kendala-kendala yang ada. Menurut pendapat peneliti, metode percobaan dapat mempermudah siswa dalam belajar karena dengan menggunakan metode ini memungkinkan guru untuk memberi kesempatan kepada siswa melaksanakan eksperimen terkait materi perpindahan dan perubahan energi listrik. Selain itu, langkah-langkah metode persobaan dapat melatih perilaku siswa agar menjadi lebih positif lagi terhadap pembelajaran, lebih responsive, konsentrasi, bersungguh-sungguh dan ulet dalam melakukan eksperimen. Diharapkan dengan meningkatnya kinerja guru dan perilaku siswa ini, siswa dapat memahami materi materi perpindahan dan perubahan energi listrik dengan relatif lebih mudah sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal.
Hal tersebut di atas menjadi dasar bagi peneliti untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas yang berjudul upaya MeningkatKan kemampuan Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik SISWA kelas VI SD … tahun pelajaran … MELALUI METODE PERCOBAAN.
1.2         Rumusan Masalah
Dalam penelitian ini peneliti mencoba mencari jawaban atas pertanyaan berikut ini:
1.    Apakah metode percobaan dapat meningkatkan kemampuan menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik siswa kelas VI SD … tahun pelajaran …?
2.    Bagaimanakah proses pembelajaran perpindahan dan perubahan energi listrik melalui metode percobaan di kelas VI SD … tahun pelajaran …?
1.3    Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:
1.    Untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik siswa kelas VI SD … tahun pelajaran ….
2.    Untuk mendeskripsikan pembelajaran perpindahan dan perubahan energi listrik melalui metode percobaan di kelas VI SD … tahun pelajaran ….
1.4         Kontribusi Penelitian
Ada dua manfaat dalam penelitian ini, yakni manfaat teoritis dan manfaat praktis.
1)   Manfaat Teoritis
Secara umum penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan pemikiran terhadap teori pembelajaran matematika di sekolah dasar khususnya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik.
2)   Manfaat Praktis
Dari segi praktis, penelitian ini bermanfaat bagi peneliti, guru-guru kelas sekolah dasar, siswa sekolah dasar, dan peneliti-peneliti lain sebagai pemerhati perkembangan pembelajaran IPA di sekolah dasar.
°       Bagi peneliti, hasil penelitian ini dapat dipakai untuk mengetahui efektifitas metode percobaan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SD … tahun pelajaran … dalam menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik.
°       Bagi guru-guru, laporan penelitian tindakan kelas ini menjadi bukti bahwa metode percobaan efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SD … tahun pelajaran … dalam menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik.
°       Adapun bagi siswa, hasil penelitian ini memberikan solusi bagi masalah yang mereka hadapi dalam belajar khususnya dalam menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik.
°       Bagi peneliti-peneliti lain, laporan penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan perbandingan dan referensi untuk penelitian-penelitian yang membahas topik yang sama.



Dokumen ini dalam bentuk Microsoft Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke 085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.

Full dokumen berisi:
1.        Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.        Bab 1 – 5
3.        Lampiran 1            : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.        Lampiran 2            : Surat Izin Penelitian
5.        Lampiran 3            : Berita Acara Seminar PTK
6.        Lampiran 4            : Daftar Nama Siswa
7.        Lampiran 5            : Daftar Hadir Siswa
8.        Lampiran 6            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.        Lampiran 7            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.    Lampiran 8            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.    Lampiran 9            : Materi Pembelajaran
12.    Lampiran 10          : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13.    Lampiran 11          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14.    Lampiran 12          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15.    Lampiran 13          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16.    Lampiran 14          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17.    Lampiran 15          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.    Lampiran 16          : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.    Lampiran 17          : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.    Lampiran 18          : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.    Lampiran 19          : Riwayat Penulis
22.    Lampiran 20          : Foto Kegiatan


Related Posts:

0 comments:

Post a Comment