BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang Masalah
Ruang lingkup mata pelajaran IPS di sekolah dasar meliputi
aspek-aspek manusia, tempat, dan lingkungan, serta waktu, keberlanjutan, dan
perubahan, kemudian sistem sosial dan budaya, serta perilaku ekonomi dan
kesejahteraan.
Dalam silabus mata pelajaran IPS untuk
kelas I SD Negeri … terdapat standar
kompetensi nomor 1, yaitu ”Memahami identitas diri dan
keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga” dengan
kompetensi dasar nomor 1.3 “Menceriterakan
kasih sayang antar anggota keluarga”.
SK dan KD ini menurunkan indikator-indikator pembelajaran sebagai berikut:
°
Memahami arti kasih sayang ibu dan ayah
°
Menyayangi ibu dan ayah
°
Menjaga
kasih sayang antaranggota keluarga
Data awal penelitian menyatakan bahwa PBM menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga di kelas I SD Negeri ... menyatakan bahwa guru
masih menggunakan metode konvensional dimana guru sebagai pusat pembelajaran.
Materi menceriterakan kasih sayang antar
anggota keluarga disampaikan dengan menggunakan metode ceramah yang monoton dan membosankan. Guru hanya
memberikan sedikit kesempatan kepada siswa untuk menguatkan pengetahuan mereka
tentang materi.
Kinerja guru di atas mengakibatkan siswa berperilaku
kurang positif ketika pembelajaran berlangsung. Ketika pembelajaran
berlangsung, beberapa siswa asyik dengan kegiatannya sendiri yang tidak ada
kaitannya dengan apa yang disampaikan guru. Sebagian yang lain terlihat
bermain-main dengan temannya tanpa memperdulikan apa yang disampaikan oleh guru
pengajar.
Data-data awal
di atas mengakibatkan siswa kelas 1 tidak dapat mencapai tujuan pembelajaran
dengan maksimal. Dari hasil tes awal dapat diketahui bahwa sebagian besar siswa
kelas 1 mendapat nilai di bawah KKM (di bawah 70). Kebanyakan dari mereka tidak
dapat menguasai kompetensi menceriterakan
kasih sayang antar anggota keluarga dengan baik. Jumlah siswa kelas 1 yang mendapat nilai sama dengan dan
di atas batas KKM hanya 5 orang saja. Sedangkan jumlah siswa yang mendapat
nilai kurang dari batas KKM adalah 14 orang. Ini berarti bahwa ketuntasan
belajar hanya 26.3% dengan penguasaan materi 60.5%.
Dari hasil
diskusi dengan observer dan teman sejawat, peneliti mendapatkan informasi
tentang kendala-kendala yang dirasakan oleh siswa selama belajar. Selain metode
pembelajaran yang tidak sesuai, materi menceriterakan
kasih sayang antar anggota keluarga cukup luas cakupannya
sehingga siswa tidak dapat menguasai semua materi ajar dengan baik. Untuk dapat mamahami materi ini, siswa
memerlukan metode pembelajaran yang sesuai dan alokasi waktu yang cukup lama.
Kemudian, peneliti memutuskan untuk memakai metode kooperatif. Dengan memakai metode
ini, guru dapat menyusun bahan
ajar yang lengkap, menjelaskannya kepada siswa secara detail, membentuk
kelompok kecil beranggotakan 3-4 orang, dan menyusun tugas-tugas untuk setiap
kelompok siswa. Selain itu, guru juga harus hadir setiap saat ketika
siswa-siswa mengalami kesulitan untuk memberi bantuan (scaffolding) dan feedback.
Dengan menggunakan metode kooperatif, diharapkan siswa dapat meningkatkan
kemampuan mereka dalam menceriterakan
kasih sayang antar anggota keluarga.
Atas dasar
latar belakang di atas, peneliti melaksanakan penelitian yang berjudul Efektifitas metode kooperatif untuk
meningkatkan kemampuan Menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga siswa
kelas I SD Negeri …, yang
diharapkan mampu mengubah cara lama yang kurang berhasil dalam meningkatkan kemampuan menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga siswa
kelas I SD Negeri ….
Penelitian ini mengarahkan siswa untuk lebih terlibat aktif dalam proses
belajar mengajar sehingga tujuan
pembelajaran bisa tercapai
dengan maksimal.
1.2
Rumusan Masalah
Dalam penelitian ini peneliti mencoba mencari jawaban atas dua
pertanyaan di bawah ini:
1. Apakah metode
kooperatif efektif meningkatkan kemampuan menceriterakan
kasih sayang antar anggota keluarga siswa kelas I SD Negeri …?
2. Bagaimanakah proses
pembelajaran menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga melalui metode kooperatif di kelas I SD Negeri …?
1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui
efektifitas metode kooperatif dalam upaya meningkatkan kemampuan menceriterakan
kasih sayang antar anggota keluarga siswa kelas I SD Negeri ….
2. Untuk mendeskripsikan
proses pembelajaran menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga melalui metode kooperatif di kelas I SD Negeri ….
1.4 Kontribusi
Hasil Penelitian
Hasil
penelitian ini diharapkan dapat memberikan konstribusi positif terhadap
perkembangan pendidikan. Adapun kegunaan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Bagi peneliti, hasil penelitian ini
dapat dipakai untuk mengetahui efektifitas metode kooperatif dalam
upaya meningkatkan kemampuan menceriterakan kasih sayang antar
anggota keluarga siswa kelas I SD Negeri
….
2. Bagi guru-guru wali
kelas I, hasil penelitian tindakan kelas ini menjadi bukti bahwa metode
kooperatif dapat digunakan untuk menyelenggarakan pembelajaran yang lebih
berkualitas dalam rangka meningkatkan kemampuan menceriterakan
kasih sayang antar anggota keluarga.
3. Adapun
bagi siswa kelas
I SD Negeri …, hasil penelitian ini
memberikan solusi alternatif bagi masalah yang mereka hadapi dalam belajar
khususnya dalam menceriterakan kasih sayang antar
anggota keluarga. Mereka dapat aktif
bersama temannya dalam kegiatan-kegiatan belajar yang menjunjung nilai-nilai
kerjasama.
4. Bagi peneliti-peneliti lain, laporan penelitian ini
dapat digunakan sebagai bahan perbandingan dan referensi penelitian-penelitian di
masa mendatang yang menyangkut mata pelajaran IPS, kelas bawah,
dan metode kooperatif.
Dokumen ini dalam bentuk Microsoft
Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke
085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman
sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.
Full dokumen berisi:
1.
Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar
isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.
Bab 1 – 5
3.
Lampiran
1 : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.
Lampiran
2 : Surat Izin Penelitian
5.
Lampiran
3 : Berita Acara Seminar PTK
6.
Lampiran
4 : Daftar Nama Siswa
7.
Lampiran
5 : Daftar Hadir Siswa
8.
Lampiran
6 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.
Lampiran
7 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.
Lampiran
8 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.
Lampiran
9 : Materi Pembelajaran
12. Lampiran 10 : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13. Lampiran 11 : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14. Lampiran 12 : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15. Lampiran 13 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16. Lampiran 14 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17. Lampiran 15 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.
Lampiran
16 : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.
Lampiran
17 : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.
Lampiran
18 : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.
Lampiran
19 : Riwayat Penulis
22.
Lampiran 20 :
Foto Kegiatan
0 comments:
Post a Comment