Wednesday, January 13, 2016

EFEKTIFITAS METODE KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENCERITERAKAN KASIH SAYANG ANTAR ANGGOTA KELUARGA SISWA KELAS I SD NEGERI …



BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang Masalah
Ruang lingkup mata pelajaran IPS di sekolah dasar meliputi aspek-aspek manusia, tempat, dan lingkungan, serta waktu, keberlanjutan, dan perubahan, kemudian sistem sosial dan budaya, serta perilaku ekonomi dan kesejahteraan.
Dalam silabus mata pelajaran IPS untuk kelas I SD Negeri … terdapat standar kompetensi nomor  1, yaitu ”Memahami identitas diri  dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga” dengan kompetensi dasar nomor  1.3 “Menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga”.  SK dan KD ini menurunkan indikator-indikator pembelajaran sebagai berikut:
°      Memahami arti kasih sayang ibu dan ayah
°      Menyayangi ibu dan ayah
°      Menjaga kasih sayang antaranggota keluarga
Data awal penelitian menyatakan bahwa PBM menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga di kelas I SD Negeri ... menyatakan bahwa guru masih menggunakan metode konvensional dimana guru sebagai pusat pembelajaran. Materi menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga disampaikan dengan menggunakan metode ceramah yang monoton dan membosankan. Guru hanya memberikan sedikit kesempatan kepada siswa untuk menguatkan pengetahuan mereka tentang materi.
Kinerja guru di atas mengakibatkan siswa berperilaku kurang positif ketika pembelajaran berlangsung. Ketika pembelajaran berlangsung, beberapa siswa asyik dengan kegiatannya sendiri yang tidak ada kaitannya dengan apa yang disampaikan guru. Sebagian yang lain terlihat bermain-main dengan temannya tanpa memperdulikan apa yang disampaikan oleh guru pengajar.
Data-data awal di atas mengakibatkan siswa kelas 1 tidak dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan maksimal. Dari hasil tes awal dapat diketahui bahwa sebagian besar siswa kelas 1 mendapat nilai di bawah KKM (di bawah 70). Kebanyakan dari mereka tidak dapat menguasai kompetensi menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga dengan baik. Jumlah siswa kelas 1 yang mendapat nilai sama dengan dan di atas batas KKM hanya 5 orang saja. Sedangkan jumlah siswa yang mendapat nilai kurang dari batas KKM adalah 14 orang. Ini berarti bahwa ketuntasan belajar hanya 26.3% dengan penguasaan materi 60.5%.
Dari hasil diskusi dengan observer dan teman sejawat, peneliti mendapatkan informasi tentang kendala-kendala yang dirasakan oleh siswa selama belajar. Selain metode pembelajaran yang tidak sesuai, materi menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga cukup luas cakupannya sehingga siswa tidak dapat menguasai semua materi ajar dengan baik. Untuk dapat mamahami materi ini, siswa memerlukan metode pembelajaran yang sesuai dan alokasi waktu yang cukup lama. Kemudian, peneliti memutuskan untuk memakai metode kooperatif. Dengan memakai metode ini, guru dapat menyusun bahan ajar yang lengkap, menjelaskannya kepada siswa secara detail, membentuk kelompok kecil beranggotakan 3-4 orang, dan menyusun tugas-tugas untuk setiap kelompok siswa. Selain itu, guru juga harus hadir setiap saat ketika siswa-siswa mengalami kesulitan untuk memberi bantuan (scaffolding) dan feedback. Dengan menggunakan metode kooperatif, diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga.
Atas dasar latar belakang di atas, peneliti melaksanakan penelitian yang berjudul Efektifitas metode kooperatif untuk meningkatkan kemampuan Menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga siswa kelas I SD Negeri …, yang diharapkan mampu mengubah cara lama yang kurang berhasil dalam meningkatkan kemampuan menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga siswa kelas I SD Negeri . Penelitian ini mengarahkan siswa untuk lebih terlibat aktif dalam proses belajar mengajar sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan maksimal.
1.2    Rumusan Masalah
Dalam penelitian ini peneliti mencoba mencari jawaban atas dua pertanyaan di bawah ini:
1.    Apakah metode kooperatif efektif meningkatkan kemampuan menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga siswa kelas I SD Negeri ?
2.    Bagaimanakah proses pembelajaran menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga melalui metode kooperatif di kelas I SD Negeri …?
1.3    Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.    Untuk mengetahui efektifitas metode kooperatif dalam upaya meningkatkan kemampuan menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga siswa kelas I SD Negeri .
2.    Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga melalui metode kooperatif di kelas I SD Negeri ….
1.4    Kontribusi Hasil Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan konstribusi positif terhadap perkembangan pendidikan. Adapun kegunaan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.    Bagi peneliti, hasil penelitian ini dapat dipakai untuk mengetahui efektifitas metode kooperatif dalam upaya meningkatkan kemampuan menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga siswa kelas I SD Negeri ….
2.    Bagi guru-guru wali kelas I, hasil penelitian tindakan kelas ini menjadi bukti bahwa metode kooperatif dapat digunakan untuk menyelenggarakan pembelajaran yang lebih berkualitas dalam rangka meningkatkan kemampuan menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga.
3.    Adapun bagi siswa kelas I SD Negeri , hasil penelitian ini memberikan solusi alternatif bagi masalah yang mereka hadapi dalam belajar khususnya dalam menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga. Mereka dapat aktif bersama temannya dalam kegiatan-kegiatan belajar yang menjunjung nilai-nilai kerjasama.
4.    Bagi peneliti-peneliti lain, laporan penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan perbandingan dan referensi penelitian-penelitian di masa mendatang yang menyangkut mata pelajaran IPS, kelas bawah, dan metode kooperatif.



Dokumen ini dalam bentuk Microsoft Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke 085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.

Full dokumen berisi:
1.        Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.        Bab 1 – 5
3.        Lampiran 1           : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.        Lampiran 2           : Surat Izin Penelitian
5.        Lampiran 3           : Berita Acara Seminar PTK
6.        Lampiran 4           : Daftar Nama Siswa
7.        Lampiran 5           : Daftar Hadir Siswa
8.        Lampiran 6           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.        Lampiran 7           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.    Lampiran 8           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.    Lampiran 9           : Materi Pembelajaran
12.    Lampiran 10         : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13.    Lampiran 11         : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14.    Lampiran 12         : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15.    Lampiran 13         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16.    Lampiran 14         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17.    Lampiran 15         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.    Lampiran 16         : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.    Lampiran 17         : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.    Lampiran 18         : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.    Lampiran 19         : Riwayat Penulis
22.    Lampiran 20         : Foto Kegiatan

0 comments:

Post a Comment