Wednesday, January 13, 2016

PENERAPAN STRATEGI MURDER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BERBAGAI BENDA LANGIT SISWA KELAS I SD NEGERI …



BAB I
PENDAHULUAN


A.       Latar Belakang Masalah
Mata Pelajaran IPA di SD/MI bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positip  dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat.
Dalam silabus mata pelajaran IPA untuk kelas I SD Negeri … terdapat standar kompetensi nomor  5, yaitu ”Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia” dengan kompetensi dasar nomor  5.1 “Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan”. SK dan KD ini menurunkan indikator pembelajaran sebagai berikut:
°      Mengidentifikasi berbagai benda langit
°      Mengenal keadaan cuaca di sekitar
°      Mengetahui pengaruh musim terhadap kegiatan manusia
Menurut hasil penelitian awal terhadap pembelajaran mengenal berbagai benda langit di kelas I SD …, guru menggunakan metode konvensional. Kegiatan guru dalam memberikan motivasi, mengarahkan konsentrasi siswa, merespons setiap reaksi siswa, mengorganisasikan kelas, mengulang pembelajaran, menggunakan berbagai sumber, mengembangkan pembelajaran, dan mengajarkan kembali materi yang sudah dipelajari dilaksanakan dengan hanya cukup baik saja. Dalam kegiatan lain, guru tidak menciptakan suasana hati yang positif untuk belajar dan tidak menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.
Kinerja guru di atas berdampak pada perilaku siswa kelas I ketika mengikuti pelajaran. Hanya sebagian siswa kelas I saja (26% – 50%) yang sudah dapat berpikir kritis, positif dalam belajar, menangkap makna pembelajaran, mampu berdiskusi dan demonstrasi sedangkan sisanya tidak. Selain itu, hanya sebagian kecil (≤ 25%) siswa yang gembira dalam belajar, optimis, semangat, kreatif, dan tenang dalam belajar. Sebagian besar siswa terlihat tidak ceria, pesimis, lesu, minim kreatifitas, dan ada pula yang kurang tertib dalam pembelajaran.
Berdasarkan hasil tes awal, kemampuan siswa kelas I dalam mengenal berbagai benda langit masih tergolong rendah. Bahkan, sebagian kecil siswa tidak mampu menjawab pertanyaan yang mudah. Walaupun nilai sebagian kecil siswa sudah melebihi KKM, namun sebagian besar siswa mendapatkan nilai di bawah KKM. Dari 18 orang siswa kelas I hanya 4 orang saja yang mendapat nilai ≥ 70. Ini berarti bahwa ketuntasan belajar hanya 21.2% saja dengan tingkat penguasaan materi 58.9%.   
Dari hasil analisa terhadap data awal tersebut di atas dapat diketahui bahwa siswa lemah dalam setiap indikator tujuan pembelajaran mengenal berbagai benda langit. Dari hasil pengamatan yang dilakukan peneliti, terdapat beberapa fakta yang diperoleh, yaitu:
-       Strategi pembelajaran yang dipakai oleh peneliti kurang sesuai untuk mengajar IPA.
-       Siswa masih terlihat kurang fokus terhadap materi.
-       Nilai siswa pada saat test awal masih rendah, masih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM yang ditentukan sekolah.
-       Perhatian siswa tidak fokus terhadap pelajaran.
-       Kondisi kelas kurang kondusif.
Berdasarkan kelemahan-kelemahan yang teridentifikasi di pra siklus, peneliti memutuskan untuk menerapkan strategi MURDER dalam pembelajaran mengenal berbagai benda langit di kelas I SD Negeri …. Kegiatan akan fokus dalam menciptakan suasana hati siswa yang positif untuk belajar, membahas bahan pelajaran yang tidak dimengerti bersama beberapa kelompok latihan, mengulang pembahasan bahan pelajaran, dan mempelajari kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari.
Berkaitan dengan fenomena di atas peneliti tertarik melakukan sebuah penelitian. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul “Penerapan strategi murder untuk meningkatkan kemampuan Mengenal berbagai benda langit siswa kelas I SD Negeri …”.
B.        Rumusan Masalah
Pokok permasalahan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.    Apakah strategi MURDER dapat meningkatkan kemampuan mengenal berbagai benda langit siswa kelas I SD Negeri ?
2.    Bagaimana proses pembelajaran mengenal berbagai benda langit melalui strategu MURDER di kelas I SD Negeri ?
C.        Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk:
1.    Mengetahui efektifitas strategi MURDER untuk meningkatkan kemampuan mengenal berbagai benda langit siswa kelas I SD Negeri .
2.    Mendeskripsikan proses pembelajaran mengenal berbagai benda langit melalui strategi MURDER di kelas I SD Negeri  ...
D.      Kontribusi Hasil Penelitian
Adapun kegunaan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Bagi Lembaga
Penerapan strategi MURDER ini diharapkan dapat dijadikan motivasi untuk menggunakan strategi, model, atau metode pembelajaran yang lebih bervariasi.
2.      Bagi Pengembangan Ilmu Pengetahuan
Diharapkan penelitian ini dapat menambah varian khazanah ilmu pengetahuan metode pengajaran.
3.      Bagi Peneliti
Penerapan strategi MURDER ini adalah pengalaman yang berharga untuk dapat diterapkan di kelas sehar-hari.
4.      Bagi siswa
Memberikan warna dan suasana baru dalam belajar di kelas sehingga siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan sukses.
5.      Bagi guru
Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi salah satu pertimbangan guru kelas dalam menentukan model pembelajaran yang bervariasi dalam proses belajar mengajar yang efektif.


Dokumen ini dalam bentuk Microsoft Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke 085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.

Full dokumen berisi:
1.        Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.        Bab 1 – 5
3.        Lampiran 1           : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.        Lampiran 2           : Surat Izin Penelitian
5.        Lampiran 3           : Berita Acara Seminar PTK
6.        Lampiran 4           : Daftar Nama Siswa
7.        Lampiran 5           : Daftar Hadir Siswa
8.        Lampiran 6           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.        Lampiran 7           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.    Lampiran 8           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.    Lampiran 9           : Materi Pembelajaran
12.    Lampiran 10         : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13.    Lampiran 11         : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14.    Lampiran 12         : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15.    Lampiran 13         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16.    Lampiran 14         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17.    Lampiran 15         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.    Lampiran 16         : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.    Lampiran 17         : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.    Lampiran 18         : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.    Lampiran 19         : Riwayat Penulis
22.    Lampiran 20         : Foto Kegiatan

0 comments:

Post a Comment