BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Masalah
Mata
Pelajaran IPA di SD/MI bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan mengembangkan pengetahuan
dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam
kehidupan sehari-hari dan mengembangkan
rasa ingin tahu, sikap positip dan
kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA,
lingkungan, teknologi dan masyarakat.
Dalam silabus mata pelajaran IPA untuk
kelas I SD Negeri … terdapat standar
kompetensi nomor 5, yaitu ”Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim)
serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia” dengan kompetensi dasar nomor 5.1 “Mengenal
berbagai benda langit melalui pengamatan”. SK dan KD ini menurunkan indikator pembelajaran
sebagai berikut:
°
Mengidentifikasi berbagai benda langit
°
Mengenal keadaan cuaca di sekitar
°
Mengetahui pengaruh musim terhadap kegiatan
manusia
Menurut hasil
penelitian awal terhadap pembelajaran mengenal berbagai benda langit di kelas I
SD …, guru menggunakan metode konvensional. Kegiatan guru dalam memberikan
motivasi, mengarahkan konsentrasi siswa,
merespons setiap reaksi siswa, mengorganisasikan kelas, mengulang pembelajaran, menggunakan berbagai sumber,
mengembangkan pembelajaran, dan mengajarkan kembali materi
yang sudah dipelajari dilaksanakan dengan hanya cukup baik saja. Dalam
kegiatan lain, guru tidak menciptakan suasana hati yang
positif untuk belajar dan tidak
menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.
Kinerja guru di
atas berdampak pada perilaku siswa kelas I ketika mengikuti pelajaran. Hanya sebagian
siswa kelas I saja (26% – 50%) yang sudah dapat berpikir kritis, positif dalam belajar,
menangkap makna pembelajaran, mampu berdiskusi dan demonstrasi sedangkan
sisanya tidak. Selain itu, hanya sebagian kecil (≤ 25%) siswa yang gembira
dalam belajar, optimis, semangat, kreatif, dan tenang dalam belajar. Sebagian
besar siswa terlihat tidak ceria, pesimis, lesu, minim kreatifitas, dan ada
pula yang kurang tertib dalam pembelajaran.
Berdasarkan hasil tes awal, kemampuan siswa
kelas I dalam mengenal berbagai benda langit
masih
tergolong rendah. Bahkan, sebagian kecil siswa tidak mampu menjawab pertanyaan
yang mudah. Walaupun nilai sebagian kecil siswa sudah melebihi KKM, namun
sebagian besar siswa mendapatkan nilai di bawah KKM. Dari 18 orang siswa kelas I
hanya 4 orang saja yang mendapat nilai ≥ 70. Ini berarti bahwa ketuntasan
belajar hanya 21.2%
saja dengan tingkat penguasaan materi 58.9%.
Dari hasil analisa terhadap data awal
tersebut di atas dapat diketahui bahwa siswa lemah dalam setiap indikator
tujuan pembelajaran mengenal berbagai benda langit. Dari hasil
pengamatan yang dilakukan peneliti, terdapat beberapa fakta yang diperoleh,
yaitu:
-
Strategi pembelajaran yang dipakai oleh
peneliti kurang sesuai untuk mengajar IPA.
-
Siswa masih terlihat kurang fokus terhadap
materi.
-
Nilai siswa pada saat test awal masih rendah,
masih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM yang ditentukan sekolah.
-
Perhatian siswa tidak fokus terhadap
pelajaran.
-
Kondisi kelas kurang kondusif.
Berdasarkan kelemahan-kelemahan yang
teridentifikasi di pra siklus, peneliti memutuskan untuk menerapkan strategi
MURDER dalam pembelajaran mengenal berbagai benda langit di kelas I SD Negeri …. Kegiatan akan fokus dalam menciptakan
suasana hati siswa yang positif untuk belajar, membahas bahan pelajaran yang
tidak dimengerti bersama beberapa kelompok latihan, mengulang pembahasan bahan
pelajaran, dan mempelajari kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari.
Berkaitan dengan fenomena di atas peneliti
tertarik melakukan sebuah penelitian. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul “Penerapan
strategi murder untuk meningkatkan kemampuan Mengenal
berbagai benda langit siswa kelas
I SD Negeri …”.
B.
Rumusan Masalah
Pokok permasalahan penelitian ini adalah
sebagai berikut:
1.
Apakah strategi MURDER dapat meningkatkan kemampuan mengenal berbagai benda langit siswa kelas I SD Negeri …?
2.
Bagaimana proses
pembelajaran mengenal
berbagai benda langit melalui strategu MURDER di kelas I SD Negeri
…?
C.
Tujuan
Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk:
1.
Mengetahui efektifitas strategi MURDER untuk meningkatkan kemampuan mengenal berbagai benda langit siswa kelas I SD Negeri ….
2.
Mendeskripsikan proses
pembelajaran mengenal
berbagai benda langit melalui strategi MURDER di kelas I SD Negeri
...
D. Kontribusi Hasil
Penelitian
Adapun kegunaan penelitian ini adalah
sebagai berikut:
1.
Bagi Lembaga
Penerapan strategi MURDER ini diharapkan
dapat dijadikan motivasi untuk menggunakan strategi, model, atau metode
pembelajaran yang lebih bervariasi.
2.
Bagi Pengembangan Ilmu Pengetahuan
Diharapkan penelitian ini dapat menambah
varian khazanah ilmu pengetahuan metode pengajaran.
3.
Bagi Peneliti
Penerapan strategi MURDER ini adalah
pengalaman yang berharga untuk dapat diterapkan di kelas sehar-hari.
4.
Bagi siswa
Memberikan warna dan suasana baru dalam belajar
di kelas sehingga siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan sukses.
5.
Bagi guru
Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi
salah satu pertimbangan guru kelas dalam menentukan model pembelajaran yang
bervariasi dalam proses belajar mengajar yang efektif.
Dokumen ini dalam bentuk Microsoft
Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke
085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman
sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.
Full dokumen berisi:
1.
Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar
isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.
Bab 1 – 5
3.
Lampiran
1 : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.
Lampiran
2 : Surat Izin Penelitian
5.
Lampiran
3 : Berita Acara Seminar PTK
6.
Lampiran
4 : Daftar Nama Siswa
7.
Lampiran
5 : Daftar Hadir Siswa
8.
Lampiran
6 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.
Lampiran
7 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.
Lampiran
8 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.
Lampiran
9 : Materi Pembelajaran
12. Lampiran 10 : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13. Lampiran 11 : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14. Lampiran 12 : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15. Lampiran 13 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16. Lampiran 14 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17. Lampiran 15 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.
Lampiran
16 : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.
Lampiran
17 : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.
Lampiran
18 : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.
Lampiran
19 : Riwayat Penulis
22.
Lampiran 20 :
Foto Kegiatan
0 comments:
Post a Comment