BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Masalah
Biologi
sebagai salah satu bidang IPA menyediakan berbagai pengalaman belajar untuk
memahami konsep dan proses sains. Keterampilan proses ini meliputi keterampilan
mengamati, mengajukan hipotesis, menggunakan alat dan bahan secara baik dan
benar dengan selalu mempertimbangkan keamanan dan keselamatan kerja, mengajukan
pertanyaan, menggolongkan dan menafsirkan data, serta mengkomunikasikan hasil
temuan secara lisan atau tertulis, menggali dan memilah informasi faktual yang
relevan untuk menguji gagasan-gagasan atau memecahkan masalah sehari-hari.
Dalam silabus mata pelajaran biologi
untuk kelas XII IPA semester 2 SMA … tahun pelajaran … terdapat standar
kompetensi nomor 4 yaitu “Memahami teori evolusi serta implikasinya pada
salingtemas” dengan kompetensi dasar nomor 4.1 yaitu “Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme
evolusi biologi”.
SK dan KD tersebut dapat dijabarkan menjadi indikator-indikator sebagai tujuan
pembelajaran, salah satunya adalah menjelaskan teori asal usul kehidupan. Namun, hasil studi pendahuluan terhadap
pembelajaran ini di kelas XII IPA 4 menyatakan bahwa guru memberikan
pertanyaan pembuka yang memancing rasa ingin tahu siswa dan menjelaskan materi
dengan cukup baik. Sedangkan pada aspek lain, guru tidak melaksanakan kegiatan
memberi rangsangan supaya siswa aktif dan gairah berpikir, tidak memberikan
pertanyaan-pertanyaan (tugas) untuk menanamkan fakta-fakta yang telah
dipelajari memberikan penjelasan terhadap persoalan-persoalan, tidak
menggunakan bermacam-macam sumber belajar, tidak membina suasana yang responsif
di antara siswa, membimbing siswa dalam merumuskan hipotesis, tidak melibatkan
siswa secara aktif dalam kegiatan investigasi, tidak
melaksanakan kegiatan untuk melatih siswa dalam berkomunikasi, tidak
melaksanakan kegiatan untuk melatih siswa dalam bekerja sama, tidak mengatur
kegiatan diskusi, tidak membimbing siswa dalam menguji hipotesis, tidak
membimbing siswa dalam membuat kesimpulan, tidak memfasilitasi presentasi siswa, dan tidak
memberi penghargaan pada prestasi siswa.
Kinerja guru di
atas berdampak negatif terhadap perilaku siswa kelas XII IPA 4 ketika mengikuti
pelajaran. Dari hasil observasi awal dapat diketahui bahwa dari 38 siswa kelas
XII IPA 4, hanya ≤ 25% siswa saja yang sudah aktif berpikir
dalam setiap kegiatan, bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas, dapat
berkomunikasi dengan lancar, berani bertanya kepada guru/teman, mampu bekerja
sama, antusias dalam kegiatan diskusi, dan percaya diri dalam presentasi dan hanya
26% – 50% siswa yang merespons pertanyaan pembuka dan konsentrasi dalam menyimak penjelasan
guru.
Kinerja guru dan perilaku siswa kelas XII
IPA 4 di atas menyebabkan sebagian besar siswa kelas XII IPA 4 tidak dapat
mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil tes awal, kemampuan siswa kelas
XII IPA 4 dalam menjelaskan teori asal usul kehidupan masih tergolong rendah. Bahkan, sebagian
kecil siswa tidak mampu menjawab pertanyaan yang mudah. Walaupun nilai sebagian
kecil siswa sudah melebihi KKM, namun sebagian besar siswa mendapatkan nilai di
bawah KKM. Dari 38 siswa kelas XII IPA 4, hanya 6 orang saja yang mendapat
nilai ≥ 70. Ini berarti bahwa ketuntasan belajar hanya 15,79% saja
dengan tingkat penguasaan materi 59,21%.
Dari hasil analisa terhadap pelaksanaan
tindakan pra siklus dapat diketahui bahwa siswa lemah dalam menjelaskan teori
asal usul kehidupan. Dari hasil pengamatan yang dilakukan
peneliti, terdapat beberapa fakta yang diperoleh, yaitu:
-
Strategi pembelajaran yang dipakai oleh guru
kurang sesuai untuk mengajar biologi.
-
Siswa masih terlihat kurang fokus terhadap
materi.
-
Nilai siswa pada saat test awal masih rendah,
sebagian besar siswa kelas XII IPA 4 memperoleh nilai di bawah KKM yang
ditentukan sekolah.
-
Perhatian siswa tidak fokus terhadap
pelajaran.
-
Kondisi kelas kurang kondusif.
Berdasarkan kelemahan-kelemahan yang
teridentifikasi, peneliti memutuskan untuk menerapkan pembelajaran menjelaskan
teori asal usul kehidupan berbasis inkuiri di
kelas XII IPA 4 ini. Kegiatan akan fokus dalam menggunakan pembelajaran
berbasis inkuiri
dimana pembelajaran dimulai dengan pertanyaan pembuka yang memancing rasa ingin
tahu siswa, melibatkan siswa secara aktif, berkomunikasi, bekerja berpasangan
atau dalam kelompok, dan mendiskusikan berbagai gagasan. Selain itu, siswa diminta menjawab permasalahan,
menggunakan bermacam-macam sumber belajar, dan lain sebagainya. Diharapkan
dengan menggunakan pembelajaran berbasis inkuiri kemampuan siswa kelas XII IPA
4 dalam menjelaskan
teori asal usul kehidupan dapat
meningkat dengan signifikan.
Berkaitan dengan fenomena di atas peneliti
melakukan sebuah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul PENERAPAN Pembelajaran
Berbasis Inkuiri UNTUK MENINGKATKAN
KEMAMPUAN MENJELASKAN TEORI ASAL USUL KEHIDUPAN SISWA Kelas XII IPA 4 SMA … tahun pelajaran ….
B.
Rumusan Masalah
Pokok permasalahan penelitian ini adalah
sebagai berikut:
1.
Apakah pembelajaran
berbasis inkuiri dapat meningkatkan kemampuan menjelaskan teori asal usul kehidupan siswa kelas XII IPA 4 SMA … tahun
pelajaran …?
2.
Bagaimana proses pembelajaran
berbasis inkuiri dalam upaya meningkatkan kemampuan menjelaskan teori asal usul kehidupan siswa kelas XII IPA 4 SMA … tahun
pelajaran …?
C.
Tujuan
Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk:
1.
Untuk mengetahui
efektivitas penerapan pembelajaran berbasis inkuiri dalam upaya meningkatkan kemampuan menjelaskan teori asal usul kehidupan siswa kelas XII IPA 4 SMA … tahun
pelajaran ….
2.
Untuk mengetahui proses pembelajaran
berbasis inkuiri dalam upaya meningkatkan kemampuan menjelaskan teori asal usul kehidupan siswa kelas XII IPA 4 SMA … tahun
pelajaran ….
D. Kontribusi
Hasil Penelitian
Adapun kegunaan penelitian ini adalah
sebagai berikut:
1.
Bagi Lembaga
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan motivasi untuk
menggunakan strategi, model, atau metode pembelajaran yang lebih bervariasi
pada mata pelajaran sains khususnya biologi.
2.
Bagi Pengembangan Ilmu Pengetahuan Biologi
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah varian khazanah
ilmu pengetahuan metode pengajaran biologi di sekolah.
3.
Bagi Peneliti
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadikan pengalaman
yang berharga untuk dapat diterapkan di dunia pendidikan serta dapat mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran
berbasis inkuiri dalam upaya meningkatkan kemampuan menjelaskan teori asal usul kehidupan siswa.
4.
Bagi siswa
Hasil penelitian ini diharapkan memberikan warna dan suasana
baru dalam belajar di kelas sehingga siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran
dengan sukses.
5.
Bagi guru-guru pengajar biologi
Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi
salah satu pertimbangan guru-guru biologi dalam menentukan model pembelajaran
yang bervariasi dalam proses belajar mengajar yang efektif dan efesien.
Dokumen ini dalam bentuk Microsoft
Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke
085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman
sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.
Full dokumen berisi:
1.
Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar
isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.
Bab 1 – 5
3.
Lampiran
1 : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.
Lampiran
2 : Surat Izin Penelitian
5.
Lampiran
3 : Berita Acara Seminar PTK
6.
Lampiran
4 : Daftar Nama Siswa
7.
Lampiran
5 : Daftar Hadir Siswa
8.
Lampiran
6 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.
Lampiran
7 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.
Lampiran
8 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.
Lampiran
9 : Materi Pembelajaran
12. Lampiran 10 : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13. Lampiran 11 : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14. Lampiran 12 : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15. Lampiran 13 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16. Lampiran 14 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17. Lampiran 15 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.
Lampiran
16 : Lembar Kerja Siswa Pra
Siklus
19.
Lampiran
17 : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.
Lampiran
18 : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.
Lampiran
19 : Riwayat Penulis
22.
Lampiran 20 :
Foto Kegiatan
0 comments:
Post a Comment