Monday, July 25, 2016

PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS V SD …. DALAM MENDESKRIPSIKAN PERJUANGAN PADA MASA PENJAJAHAN BELANDA



BAB I
PENDAHULUAN


A.       Latar Belakang Masalah
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari SD/ MI/ SDLB sampai SMP/ MTs/ SMPLB. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Pada jenjang SD/MI mata pelajaran IPS memuat materi Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai.
Dalam silabus KTSP mata pelajaran IPS untuk kelas V SD .... tahun pelajaran 2010/2011, terdapat standar kompetensi nomor 2, yaitu “Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan  Indonesia” dengan kompetensi dasar nomor 2.1 yaitu ”Mendeskripsikan perjuangan pada masa penjajahan Belanda” dengan indikator-indikator pembelajaran sebagai berikut:
°      Menceriterakan sebab jatuhnya daerah-daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintahan Belanda
°      Menjelaskan sistem kerja paksa dan penarikan pajak pada masa pemerintahan Belanda
°      Menceriterakan perjuangan tokoh daerah untuk mengusir penjajah Belanda
Menurut hasil observasi terhadap pembelajaran IPS sehari-hari, materi ini diimplementasikan oleh guru dengan menggunakan metode yang konvensional, dimana guru sebagai pusat pembelajaran sehingga siswa tidak diberi kesempatan banyak untuk aktif dalam proses pembelajaran. Langkah tersebut mengakibatkan siswa kesulitan untuk mencapai tujuan pembelajaran sehingga kebanyakan siswa mendapat nilai di bawah batas KKM yang telah ditentukan.
Di sisi lain, suksesnya sebuah PBM adalah tanggungjawab guru sepenuhnya. Guru harus mampu menyusun suatu skenario pembelajaran yang sesuai dengan materi. Selain itu, guru juga harus memperhatikan faktor-faktor lain yang mempengaruhi pembelajaran, seperti memilih metode yang sesuai, menjaga kestabilan atmosfir kelas, menyajikan bahan ajar yang lengkap, alat, media, dan lain-lain.    
Salah satu metode yang sesuai dengan materi ini adalah metode drill. Metode ini memproritaskan kegiatan pada latihan dan praktek yang dilakukan berulang kali atau kontinu untuk mendapatkan pemahaman tentang suatu konsep. Dalam hal ini, guru memberikan pendahuluan dengan mengingatkan konsep-konsep yang berkaitan dengan sebab jatuhnya daerah-daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintahan Belanda, sistem kerja paksa dan penarikan pajak pada masa pemerintahan Belanda, dan perjuangan tokoh daerah untuk mengusir penjajah Belanda. Kemudian guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya apabila ada kesulitan, menyampaikan materi kepada semua siswa, dengan menerangkan dari hal-hal yang sederhana ke hal-hal yang lebih kompleks, dan lain-lain sehingga di akhir pembelajaran siswa dapat mendeskripsikan perjuangan pada masa penjajahan Belanda dengan baik dan benar.
Adapun teknik pengajaran berulang dilakukan agar siswa dapat mengingat materi secara sistematis. Penjelasan guru yang detail, latihan yang diulang-ulang secara lisan, tulisan, dan praktik memungkinkan siswa untuk menjadikannya sebuah pengalaman dan mereka akan mengingatnya secara otomatis. Karena pada prinsipnya, pembelajaran yang paling efektif adalah pembelajaran dari pengalaman.
Berkaitan dengan fenomena di atas peneliti tertarik untuk menerapkan metode drill ini sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan perjuangan pada masa penjajahan Belanda. Penelitian ini akan dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul “PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENDESKRIPSIKAN PERJUANGAN PADA MASA PENJAJAHAN BELANDA”.

B.        Rumusan Masalah
Adupun pokok permasalahan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Bagaimanakah penerapan metode drill dalam pembelajaran perjuangan pada masa penjajahan Belanda pada siswa kelas V SD .... tahun pelajaran 2010/2011?
2.      Bagaimanakah kemampuan siswa kelas V SD .... tahun pelajaran 2010/2011 dalam mendeskripsikan perjuangan pada masa penjajahan Belanda?
3.      Bagaimanakah peningkatan kemampuan siswa kelas V SD .... tahun pelajaran 2010/2011 dalam mendeskripsikan perjuangan pada masa penjajahan Belanda?

C.        Tujuan Penelitian
Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode drill dalam pembelajaran mendeskripsikan perjuangan pada masa penjajahan Belanda di kelas V SD .... tahun pelajaran 2010/2011.
Sedangkan secara khusus tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Mendeskripsikan penerapan metode drill dalam pembelajaran perjuangan pada masa penjajahan Belanda pada siswa kelas V SD .... tahun pelajaran 2010/2011.
2.      Mendeskripsikan kemampuan siswa kelas V SD .... tahun pelajaran 2010/2011 dalam mendeskripsikan perjuangan pada masa penjajahan Belanda.
3.      Mengidentifikasi peningkatan kemampuan siswa kelas V SD .... tahun pelajaran 2010/2011 dalam mendeskripsikan perjuangan pada masa penjajahan Belanda.

D.      Manfaat Penelitian
Adapun kegunaan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Bagi Lembaga
Penerapan metode drill ini diharapkan dapat dijadikan motivasi untuk menggunakan model atau metode pembelajaran yang lebih bervariasi.
2.      Bagi Pengembangan Ilmu Pengetahuan
Diharapkan penelitian ini dapat menambah varian khazanah ilmu pengetahuan metode pengajaran.
3.      Bagi Peneliti
Dengan menerapkan metode drill ini, peneliti dapat menjadikan pengalaman yang berharga untuk dapat diterapkan di dunia pendidikan.
4.      Bagi siswa
Memberikan warna dan suasana baru dalam belajar di kelas sehingga siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan sukses.
5.      Bagi guru
Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi salah satu pertimbangan guru kelas dalam menentukan model pembelajaran yang bervariasi dalam proses belajar mengajar yang efektif.
6.      Bagi masyarakat
Diharapkan hasil penelitian ini dapat dikembangkan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, khususnya guru SD, untuk mencoba menerapkan metode drill dalam pembelajaran IPS.

E.        Ruang Lingkup Penelitian
Penelitian ini hanya mengkaji penerapan metode drill dalam pembelajaran perjuangan pada masa penjajahan Belanda di kelas V SD .... tahun pelajaran 2010/2011.

F.         Definisi Operasional
Untuk menghindari kemungkinan terjadinya kesalahpahaman dalam menafsirkan makna penelitian ini, maka peneliti memberikan penegasan istilah sebagai berikut:
1.      Metode drill
Menurut Sriyono (1991), metode drill yang biasa disebut dengan metode latihan siap adalah “latihan dengan praktek yang dilakukan berulang kali atau kontinu untuk mendapatkan ketrampilan dan ketangkasan praktis tentang pengetahuan yang dipelajari”.

G.       Sistematika Penulisan Laporan Penelitian
Penulisan laporan penelitian tindakan kelas ini disusun sebagai berikut:
Bab I berupa pendahuluan yang mencakup latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, definisi istilah, dan sistematika penulisan laporan penelitian.
Bab II berupa kajian pustaka berisi pembelajaran, pembelajaran IPS di sekolah dasar, metode drill, dan masa penjajahan Belanda di Indonesia.
Bab III berupa metodologi penelitian yang meliputi jenis penelitian, kehadiran peneliti, lokasi dan waktu penelitian, sumber data, jenis data, instrumen penelitian, teknik pengumpulan data, analisis data, pengecekan keabsahan data, dan tahap-tahap penelitian.
Bab IV hasil penelitian berisi paparan data dan laporan hasil penelitian yang meliputi pra siklus, siklus I, Siklus II, dan pembahasan.
Bab V penutup, yang berisi kesimpulan dan saran.



Dokumen ini dalam bentuk Microsoft Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke 085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.

Full dokumen berisi:
1.        Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.        Bab 1 – 5
3.        Lampiran 1            : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.        Lampiran 2            : Surat Izin Penelitian
5.        Lampiran 3            : Berita Acara Seminar PTK
6.        Lampiran 4            : Daftar Nama Siswa
7.        Lampiran 5            : Daftar Hadir Siswa
8.        Lampiran 6            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.        Lampiran 7            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.    Lampiran 8            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.    Lampiran 9            : Materi Pembelajaran
12.    Lampiran 10          : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13.    Lampiran 11          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14.    Lampiran 12          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15.    Lampiran 13          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16.    Lampiran 14          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17.    Lampiran 15          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.    Lampiran 16          : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.    Lampiran 17          : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.    Lampiran 18          : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.    Lampiran 19          : Riwayat Penulis
22.    Lampiran 20          : Foto Kegiatan



Related Posts:

0 comments:

Post a Comment