Monday, July 25, 2016

PENERAPAN STRATEGI MURDER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS V SD … DALAM MEMBACA CEPAT



BAB I
PENDAHULUAN


A.       Latar Belakang Masalah
Pergeseran paradigma dalam pendidikan yang semula terpusat menjadi desentralisasi membawa konsekuensi dalam pengelolaan, pendidikan khususnya di tingkat sekolah. Kondisi ini sesuai dengan kurikulum 2006 atau kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan.
Pembelajaran bahasa Indonesia di tingkat pendidikan dasar dilaksanakan dengan tujuan agar siswa dapat berkomunikasi. Hal tersebut dikarenakan manusia adalah makhluk homo socius yang juga butuh berinteraksi dengan manusia lainnya, baik balam batasan regional maupun internasional (Depdiknas, 2006: 402). Oleh sebab itu, siswa sekolah dasar diharapkan dapat menguasai keterampilan-keterampilan berikut:
1.    Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis.
2.    Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.
3.    Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan.
4.    Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan  intelektual, serta kematangan emosional dan sosial.
5.    Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
6.    Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
Sedangkan keterampilan merupakan salah satu keterampilan berbahasa selain menulis, menyimak, dan berbicara. Menurut Akhadiah dkk. (1993:22) membaca merupakan suatu kesatuan kegiatan yang mencakup beberapa kegiatan seperti mengenali huruf dan kata-kata, menghubungkan bunyi serta maknanya, serta menarik kesimpulan mengenai maksud bacaan. Kegiatan membaca yang baik dan benar sulit dilakukan, termasuk dalam membaca cepat. Hal ini disebabkan oleh faktor-faktor yang dapat berpengaruh terhadap kegiatan membaca itu sendiri, seperti: tujuan membaca, kecerdasan, latar belakang pengalaman dan pengetahuan, kondisi psikologis, kondisi fisik, penguasaan keterampilan dasar membaca, bahan bacaan, dan lingkungan tempat membaca.
Oleh sebab itu, peran guru sangat penting dalam pembelajaran membaca cepat. Banyak sekali hal yang perlu dipersiapkan sebelum aktivitas membaca dimulai seperti: pengelolaan kelas yang kondusif, bahan bacaa yang sesuai, dan pemilihan metode/ strategi pembelajaran yang efektif.
Salah satu strategi yang dapat dipakai dalam pembelajaran membaca cepat adalah strategi MURDER. Strategi belajar MURDER diadaptasi dari buku karya Bob Nelson “The Complete Problem Solver” yang merupakan gabungan dari beberapa kata yang meliputi mood, understand, recall, digest, expand, dan review. Karakteristik strategi ini adalah guru dapat menciptakan suasana hati yang positif untuk belajar. Hal lain juga bisa dilakukan dengan cara memilih waktu yang paling tepat untuk belajar, mengambil langkah yang dapat membuat siswa nyaman, memperhatikan pencahayaan dan posisi kelas secara umum, membebaskan siswa untuk memilih tempat duduk, teman sebangku, posisi duduk, dan lain-lain sesuai dengan kehendak siswa. Dalam hal pemilihan teks bacaan, guru dapat bertanya langsung kepada siswa tentang ketertarikan mereka terhadap sesuatu dan  mempersilakan mereka memilih sendiri teks yang akan mereka baca sesuai dengan minatnya.
Berkaitan dengan fenomena di atas peneliti tertarik untuk menerapkan strategi MURDER ini sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca cepat. Penelitian ini akan dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul “PENERAPAN STRATEGI MURDER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS V SD … DALAM MEMBACA CEPAT”.

B.        Rumusan Masalah
Adupun pokok permasalahan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Bagaimanakah penerapan strategi MURDER dalam pembelajaran membaca cepat pada siswa Kelas V SD Negeri … tahun pelajaran 2011/2012?
2.      Bagaimanakah kondisi guru dan siswa kelas V SD … dalam pembelajaran membaca cepat dengan strategi MURDER?
3.      Bagaimanakah peningkatan kemampuan siswa kelas V SD … tahun pelajaran 2011/2012 dalam membaca cepat?


C.        Tujuan Penelitian
Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan strategi MURDER dalam pembelajaran membaca cepat di kelas V SD … tahun pelajaran 2011/2012.
Sedangkan secara khusus tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Mendeskripsikan penerapan strategi MURDER dalam pembelajaran membaca cepat di kelas V SD … tahun pelajaran 2011/2012.
2.      Mendeskripsikan kondisi guru dan siswa kelas V SD … dalam pembelajaran membaca cepat dengan strategi MURDER.
3.      Mengidentifikasi peningkatan kemampuan siswa kelas V SD … tahun pelajaran 2011/2012 dalam membaca cepat.

D.      Manfaat Penelitian
Adapun kegunaan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Bagi Lembaga
Penerapan strategi MURDER ini diharapkan dapat dijadikan motivasi untuk menerapkan model atau metode yang lebih bervariasi bagi pengajar.
2.      Bagi Pengembangan Ilmu Pengetahuan
Diharapkan penelitian ini dapat menambah varian khazanah ilmu pengetahuan metode pengajaran bahasa Indonesia.
3.      Bagi Peneliti
Dengan menerapkan strategi MURDER ini, peneliti dapat menjadikan pengalaman yang berharga untuk dapat diterapkan di dunia pendidikan

4.      Bagi siswa
Memberikan warna dan suasana baru dalam belajar di kelas sehingga siswa merasa senang dan tidak mudah bosan. Siswa juga termotivasi untuk menggali kreatifitas dan wawasannya sendiri.
5.      Bagi guru
Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi salah saatu pertimbangan guru mata pelajaran bahasa Indonesia dalam menentukan model pembelajaran yang bervariasi dalam proses belajar mengajar yang efektif.
6.      Bagi masyarakat
Diharapkan hasil penelitian ini dapat dikembangkan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, khususnya guru SD, untuk mencoba menerapkan strategi MURDER pada pembelajaran bahasa.



Dokumen ini dalam bentuk Microsoft Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke 085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.

Full dokumen berisi:
1.        Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.        Bab 1 – 5
3.        Lampiran 1            : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.        Lampiran 2            : Surat Izin Penelitian
5.        Lampiran 3            : Berita Acara Seminar PTK
6.        Lampiran 4            : Daftar Nama Siswa
7.        Lampiran 5            : Daftar Hadir Siswa
8.        Lampiran 6            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.        Lampiran 7            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.    Lampiran 8            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.    Lampiran 9            : Materi Pembelajaran
12.    Lampiran 10          : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13.    Lampiran 11          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14.    Lampiran 12          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15.    Lampiran 13          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16.    Lampiran 14          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17.    Lampiran 15          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.    Lampiran 16          : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.    Lampiran 17          : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.    Lampiran 18          : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.    Lampiran 19          : Riwayat Penulis
22.    Lampiran 20          : Foto Kegiatan



Related Posts:

0 comments:

Post a Comment