BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Penguasaan isu
sosial bagi bangsa yang sedang berkembang merupakan salah satu faktor yang
penting. Dalam hubungan dengan program membangunan Indonesia, maka pengetahuan
sosial mendukung program bidang kerjasama internasional, ilmu pengetahuan,
teknologi dan pariwisata.
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan
salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari SD/MI/SDLB sampai
SMP/MTs/SMPLB. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan
generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Pada jenjang SD/MI mata
pelajaran IPS memuat materi geografi, sejarah, sosiologi, dan ekonomi. Melalui
mata pelajaran IPS, peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara
Indonesia yang demokratis dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta
damai.
Salah satu kompetensi IPS di kelas 1 SD …,
siswa dituntut untuk mampu menunjukkan
sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan benar. Hasil observasi terhadap kondisi awal kinerja guru dan
perilaku siswa menunjukkan bahwa guru tidak mengorganisasikan
siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar, tidak pula membimbing kelompok
belajar. Kegiatan evaluasi dan pemberian penghargaan dilakukan dengan kurang
baik. Sedangkan untuk indikator menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa serta
menyajikan informasi dilaksanakan dengan cukup baik sehingga secara keseluruhan
kinerja guru pada pra siklus ini dalam kategori kurang. Kinerja guru ini
berdampak pada perilaku siswa dalam mengikuti pelajaran. Dari 17 orang siswa yang ada di kelas 1, hanya ≤ 25% saja yang mampu dalam
kegiatan-kegiatan akademik, memiliki motivasi yang besar terhadap pembelajaran,
efektif dalam menggunakan waktu pembelajaran, memiliki sikap percaya diri,
mampu bekerjasama, dan memiliki sikap kebaikan budi, kepekaan, dan toleransi.
Sisanya (51% – 75%) tidak termotivasi, malu-malu, tidak mampu bekerjasama sehingga
mereka tidak memperlihatkan sikap yang mungkin saja mereka miliki seperti
kebaikan budi, kepekaan, dan toleransi.
Kinerja guru dan perilaku siswa kelas 1 seperti
dijelaskan di atas berdampak negatif terhadap pemerolehan siswa. Fakta-fakta di
atas mengakibatkan semua siswa kelas 1 tidak dapat mencapai tujuan
pembelajaran. Dari hasil tes awal dapat diketahui bahwa semua siswa kelas 1
mendapat nilai di bawah KKM (di bawah 70). Ini berarti bahwa dari tes didapatkan hasil yang tidak memuaskan, tampak bahwa
ketuntasan belajar 0% dengan rata-rata kelas 57,1.
Berdasarkan data awal peneliti menyimpulkan bahwa
kemampuan siswa kelas 1 SD … dalam menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga sangat rendah sekali. Proses pembelajaran dengan metode
konvensional tidak efektif membuat siswa mencapai tujuan pembelajaran. Untuk
dapat mamahami materi ini, siswa memerlukan kegiatan yang dapat menguatkan kemampuan anak
dalam kegiatan-kegiatan akademik, memberi motivasi yang besar terhadap
pembelajaran, meningkatkan ffektivitas waktu pembelajaran dalam menyelesaikan
tugas, menumbuhkan sikap percaya diri, memupuk kemampuan anak dalam
bekerjasama, dan melatih sikap kebaikan budi, kepekaan, dan toleransi.
Peneliti
dan dua orang observer memutuskan untuk menggunakan metode STAD dalam
pembelajaran menunjukkan sikap
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga di kelas 1 SD …. Metode ini menyediakan langkah-langkah pembelajaran dengan menyampaikan
tujuan pembelajaran, memotivasi siswa, menyajikan informasi, mengorganisasikan
siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar, membimbing kelompok belajar,
melaksanakan evaluasi, dan memberikan penghargaan. Dengan menggunakan metode
STAD diharapkan siswa kelas 1 SD … dapat meningkatkan kemampuannya dalam menunjukkan sikap
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
Berdasarkan latar belakang di atas,
maka penulis tertarik untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas dengan judul
PENERAPAN
METODE STAD UNTUK MENINGKATKAN
KEMAMPUAN SISWA KELAS
1 SD … TAHUN PELAJARAN … DALAM MENUNJUKKAN SIKAP HIDUP RUKUN DALAM KEMAJEMUKAN KELUARGA.
1.2
Rumusan Masalah
Dalam
penelitian ini peneliti mencoba mencari jawaban atas pertanyaan berikut ini:
1.
Apakah metode STAD dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas 1 SD … tahun pelajaran 2013/2014 dalam menunjukkan sikap hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga?
2.
Bagaimana proses pembelajaran menunjukkan sikap hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga dengan menggunakan metode STAD di kelas 1 SD … tahun pelajaran …?
1.3 Tujuan
Penelitian
Tujuan yang
ingin dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.
Mengidentifikasi efektivitas metode STAD untuk meningkatkan
kemampuan siswa kelas 1 SD … tahun pelajaran … dalam menunjukkan sikap hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga.
2.
Mendeskripsikan proses pembelajaran menunjukkan sikap hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga dengan menggunakan metode STAD di kelas 1 SD … tahun pelajaran ….
1.4 Kontribusi
Hasil Penelitian
Adapun kegunaan penelitian ini adalah sebagai berikut:
a)
Bagi peneliti, hasil penelitian ini dapat dipakai untuk mengetahui kinerja guru dan perilaku siswa kelas 1 SD … tahun pelajaran … dalam
pembelajaran menunjukkan sikap hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga dengan
metode STAD. Selain itu, hasil
penelitian ini dapat dipakai pula untuk mengidentifikasi apakah metode
STAD dapat
meningkatkan kemampuan siswa kelas 1 SD … tahun pelajaran … dalam menunjukkan sikap hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga atau tidak.
b)
Bagi guru-guru wali kelas 1, laporan
penelitian tindakan kelas ini menjadi bukti bahwa metode STAD dapat
digunakan untuk menyelenggarakan pembelajaran yang lebih berkualitas dalam
rangka meningkatkan kemampuan siswa dalam menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
c)
Bagi siswa kelas 1
SD …
tahun
pelajaran …, hasil
penelitian ini memberikan solusi alternatif bagi masalah yang mereka hadapi
dalam belajar khususnya dalam menunjukkan
sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga. Mereka dapat
aktif bersama temannya dalam kegiatan-kegiatan belajar di dalam dan di luar jam
sekolah dengan menggunakan berbagai media.
d)
Bagi peneliti lain, laporan penelitian ini dapat
digunakan sebagai bahan perbandingan penelitian-penelitian di masa
mendatang menyangkut siswa kelas 1,
mata pelajaran IPS, dan metode STAD.
Dokumen ini dalam bentuk Microsoft
Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke
085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman
sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.
Full dokumen berisi:
1.
Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar
isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.
Bab 1 – 5
3.
Lampiran
1 : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.
Lampiran
2 : Surat Izin Penelitian
5.
Lampiran
3 : Berita Acara Seminar PTK
6.
Lampiran
4 : Daftar Nama Siswa
7.
Lampiran
5 : Daftar Hadir Siswa
8.
Lampiran
6 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.
Lampiran
7 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.
Lampiran
8 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.
Lampiran
9 : Materi Pembelajaran
12. Lampiran 10 : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13. Lampiran 11 : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14. Lampiran 12 : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15. Lampiran 13 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16. Lampiran 14 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17. Lampiran 15 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.
Lampiran
16 : Lembar Kerja Siswa Pra
Siklus
19.
Lampiran
17 : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.
Lampiran
18 : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.
Lampiran
19 : Riwayat Penulis
22.
Lampiran 20 :
Foto Kegiatan
0 comments:
Post a Comment