Wednesday, August 24, 2016

UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGANALISIS KEHIDUPAN AWAL MASYARAKAT INDONESIA DENGAN STRATEGI MEJA BUNDAR (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X 8 SMA …)



bab I
pendahuluan


1.1  Latar Belakang masalah
Peradaban adalah salah satu indikator untuk mengukur tinggi rendahnya kemajuan suatu bangsa. Peradaban Indonesia dipelajari untuk mencapai tujuan dari pembelajaran sejarah sendiri yaitu membentuk watak dan peradaban bangsa yang bermartabat serta dalam pembentukan manusia Indonesia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air sehingga dapat membangun kesadaran siswa SMA tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan. Selain itu, pembelajaran ini diharapkan dapat menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah sebagai bukti peradaban bangsa Indonesia di masa lampau. Dengan ini pula, peserta didik dapat menumbuhkan pemahaman mereka terhadap proses terbentuknya bangsa Indonesia melalui sejarah yang panjang dan masih berproses hingga masa kini dan masa yang akan datang.
Salah satu kompetensi dasar yang dikembangkan di SMA adalah menganalisis kehidupan awal masyarakat Indonesia. Hal ini sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMA … kelas X untuk mata pelajaran sejarah yang memuat standar kompetensi menganalisis peradaban Indonesia dan dunia. Pembelajaran menganalisis kehidupan awal masyarakat Indonesia di SMA merupakan suatu upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang peradaban Indonesia dan dunia. Melalui berbagai kegiatan pembelajaran ini siswa diharapkan memiliki pemahaman tentang peradaban Indonesia yang baik dan terus meningkat.
Namun, dewasa ini masih banyak ditemukan beberapa siswa yang belum mampu menganalisis kehidupan awal masyarakat Indonesia dengan baik sehingga mereka belum mampu mendeskripsikan kehidupan social, ekonomi, budaya, dan teknologi awal masyarakat Indonesia dengan baik. Kendala dan hambatan yang muncul disamping bersumber dari keterbatasan kemampuan siswa, juga pengaruh kekurangmampuan guru dalam mengelola kelas dan dalam memilih metode, teknik, atau strategi pengajaran yang tepat. Maka dari itu, dalam melaksanakan pembelajaran ini seorang guru sejarah perlu memilih suatu strategi yang tepat yang dapat menunjang pembelajaran itu sendiri sehingga siswa dapat belajar dengan lebih efektif.
Salah satu strategi yang efektif yang dapat menunjang pembelajaran tentang kehidupan awal masyarakat Indonesia adalah strategi meja bundar (round table). Strategi meja bundar dapat digunakan dan menjadikan pembelajaran membaca nyaring lebih efektif dan menarik perhatian siswa. Hal ini sesuai dengan pendapat Anita Lie (2000:62) yang menyatakan bahwa “Pembelajaran kooperatif melalui strategi round table dapat digunakan dalam semua mata pelajaran dan untuk semua tingkatan usia anak didik”. Lebih lanjut, Anita Lie (2000:62) juga menyatakan bahwa kegiatan belajar dengan mengugunakan strategi meja bundar dapat berupa pembentukan kelompok dengan posisi tempat duduk melingkar dan setiap siswa mendapatkan giliran untuk mengugkapkan pandangannya terhadap materi yang diberikan sesuai dengan arah jarum jam. Kegiatan-kegiatan ini bermanfaat bagi siswa untuk menumbuhkan semangat dan motivasi mereka.
Berdasarkan uraian di atas, penulis tertarik untuk mengadakan suatu penelitian dengan judul “UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGANALISIS KEHIDUPAN AWAL MASYARAKAT INDONESIA DENGAN STRATEGI MEJA BUNDAR (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X 8 SMA …). Peneliti mengambil tempat penelitian di SMA … karena peneliti merupakan salah satu guru pengajar sejarah di sekolah ini.
 
1.2  identifikasi masalah
Berkaitan dengan topik penelitian ini, ada beberapa masalah yang teridentifikasi, di antaranya adalah sebagai berikut.
1.      Keterbatasan kemampuan siswa.
2.      Kekurangmampuan guru dalam mengelola kelas dan dalam memilih metode, teknik, atau strategi pengajaran yang tepat.

1.3  Rumusan Masalah
Dalam penelitian ini ada dua pokok masalah yang diketengahkan. Pokok-pokok masalah tersebut dirumuskan sebagai berikut.
1)      Bagaimanakah langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran tentang kehidupan awal masyarakat Indonesia dengan menggunakan strategi meja bundar di kelas X 8 SMA …?
2)      Bagaimanakah perubahan kemampuan siswa kelas X 8 SMA … dalam menganalisis kehidupan awal masyarakat Indonesia setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi meja bundar?
1.4  batasan Masalah
Dalam penelitian ini muncul banyak permasalahan. Peneliti membatasinya sehingga tidak semua permasalahan tersebut dibahas dalam penelitian ini. Batasan masalahnya adalah sebagai berikut.
1)        Langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran tentang kehidupan awal masyarakat Indonesia dengan menggunakan strategi meja bundar di kelas X 8 SMA ….
2)        Peningkatan kemampuan siswa kelas X 8 SMA dalam menganalisis kehidupan awal masyarakat Indonesia.

1.5  Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam melakukan penelitian ini adalah sebagai berikut.
1)      Mendeskripsikan langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran tentang kehidupan awal masyarakat Indonesia dengan menggunakan strategi meja bundar di kelas X 8 SMA ….
2)      Mengidentifikasi perubahan kemampuan siswa kelas X 8 SMA … dalam menganalisis kehidupan awal masyarakat Indonesia.

1.6  Manfaat Penelitian
Secara garis besar ada dua manfaat penelitian ini, yaitu manfaat teoritis dan praktis. Manfaat teoritis yaitu guru dan siswa beroleh teori khusus tentang cara penyajian bahan pembelajaran sejarah yang disajikan dengan menggunakan strategi meja bundar. Teori tersebut adalah penting bagi guru dan siswa sehingga apabila refleksinya telah dimiliki, diharapkan guru dan siswa secara praktis dapat mempraktikkannya dalam proses belajar mengajar materi yang sama secara sinergis sehingga diperoleh pencapaian tujuan pembelajaran yang lebih baik. Hal itu dapat terwujud bilamana secara teoritis guru dan siswa memahami dan menguasainya sedangkan secara praktis, hal itu dilaksanakan sesuai prosedur dan aturan normatif yang ada.

Dokumen ini dalam bentuk Microsoft Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke 085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.

Full dokumen berisi:
1.        Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.        Bab 1 – 5
3.        Lampiran 1            : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.        Lampiran 2            : Surat Izin Penelitian
5.        Lampiran 3            : Berita Acara Seminar PTK
6.        Lampiran 4            : Daftar Nama Siswa
7.        Lampiran 5            : Daftar Hadir Siswa
8.        Lampiran 6            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.        Lampiran 7            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.    Lampiran 8            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.    Lampiran 9            : Materi Pembelajaran
12.    Lampiran 10          : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13.    Lampiran 11          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14.    Lampiran 12          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15.    Lampiran 13          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16.    Lampiran 14          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17.    Lampiran 15          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.    Lampiran 16          : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.    Lampiran 17          : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.    Lampiran 18          : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.    Lampiran 19          : Riwayat Penulis
22.    Lampiran 20          : Foto Kegiatan



Related Posts:

0 comments:

Post a Comment