Wednesday, August 24, 2016

PENERAPAN STRATEGI MURDER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS V SD … TAHUN PELAJARAN … DALAM MELAKUKAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT TERMASUK PENGGUNAAN SIFAT-SIFATNYA, PEMBULATAN, DAN PENAKSIRAN



BAB I
PENDAHULUAN


A.      Latar Belakang Masalah
Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang dan matematika diskrit.  Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini.
Mata pelajaran Matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama. Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan kompetitif.
Proses belajar mengajar tidak lepas dari kendala dan masalah yang harus dihadapi siswa dan guru. Begitu pula di kelas V SD … tahun pelajaran … dalam pembelajaran melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran. Menurut hasil observasi terhadap kondisi awal, dapat diketahui bahwa sebagian siswa (26% – 50%) sudah dapat berpikir kritis, positif dalam belajar, menangkap makna pembelajaran, mampu berdiskusi dan demonstrasi sedangkan sisanya tidak. Selain itu, hanya sebagian kecil (≤ 25%) siswa yang gembira dalam belajar, optimis, semangat, kreatif, dan tenang dalam belajar. Sebagian besar siswa terlihat tidak ceria, pesimis, lesu, minim kreatifitas, dan ada pula yang kurang tertib dalam pembelajaran sehingga kemampuan siswa kelas V dalam melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran masih tergolong rendah. Bahkan, sebagian kecil siswa tidak mampu menjawab pertanyaan yang mudah sekalipun. Dari hasil analisis terhadap hasil belajar siswa menyatakan bahwa 4 orang siswa (21,1%) memperoleh nilai 70, 10 orang siswa (52,6%) memperoleh nilai 60, 3 orang siswa (15,8%) memperoleh nilai 50, 1 orang siswa (5,3%) yang memperoleh nilai 40, dan 1 orang siswa (5,3%) mendapat nilai 30.  Hal ini menunjukkan bahwa dari 19 orang siswa kelas V hanya 4 orang saja yang mendapat nilai ≥ 70. Ini berarti bahwa ketuntasan belajar hanya 21,1% saja dengan tingkat penguasaan materi 57,9%. 
Dari hasil pengamatan yang dilakukan peneliti, terdapat beberapa fakta yang diperoleh, yaitu:
1.    Strategi pembelajaran yang dipakai oleh peneliti kurang sesuai untuk mengajar matematika.
2.    Siswa masih terlihat kurang fokus terhadap materi.
3.    Nilai siswa pada saat test awal masih rendah, masih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM yang ditentukan sekolah.
4.    Perhatian siswa tidak fokus terhadap pelajaran.
5.     Kondisi kelas kurang kondusif.
Berdasarkan data awal ini, perlu diterapkan sebuah strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran. Salah satunya adalah strategi MURDER. Pembelajaran dengan startegi MURDER dapat menciptakan suasana hati siswa yang positif untuk belajar, membahas bahan pelajaran yang tidak dimengerti bersama beberapa kelompok latihan, mengulang pembahasan bahan pelajaran, dan mempelajari kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari. Hal lain juga bisa dilakukan dengan cara memilih waktu yang paling tepat untuk belajar, mengambil langkah yang dapat membuat siswa nyaman, memperhatikan pencahayaan dan kondisi kelas, membebaskan siswa untuk memilih tempat duduk, teman sebangku, posisi duduk, sesuai dengan kehendak siswa. Diharapkan dengan strategi MURDER kemampuan siswa kelas V SD … dalam melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran dapat meningkat.
Berkaitan dengan fenomena di atas peneliti tertarik melakukan sebuah penelitian. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul “PENERAPAN STRATEGI MURDER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA Kelas V SD … tahun pelajaran … DALAM Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran”.
B.        Rumusan Masalah
Pokok permasalahan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.    Apakah strategi MURDER dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V SD … tahun pelajaran … dalam melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran?
2.    Bagaimana proses pembelajaran dengan penerapan strategi MURDER dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa kelas V SD … tahun pelajaran … dalam melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran?
C.       Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk:
1.    Untuk mengetahui penerapan strategi MURDER dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa kelas V SD … tahun pelajaran … dalam melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran.
2.    Untuk mengetahui proses pembelajaran dengan penerapan strategi MURDER dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa kelas V SD … tahun pelajaran … dalam melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran.
D.      Kontribusi Penelitian
Adapun kegunaan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Bagi Lembaga
Penerapan strategi MURDER ini diharapkan dapat dijadikan motivasi untuk menggunakan strategi, model, atau metode pembelajaran yang lebih bervariasi.
2.      Bagi Pengembangan Ilmu Pengetahuan
Diharapkan penelitian ini dapat menambah varian khazanah ilmu pengetahuan metode pengajaran.
3.      Bagi Peneliti
Dengan menerapkan metode drill ini, peneliti dapat menjadikan pengalaman yang berharga untuk dapat diterapkan di dunia pendidikan.
4.      Bagi siswa
Memberikan warna dan suasana baru dalam belajar di kelas sehingga siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan sukses.
5.      Bagi guru
Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi salah satu pertimbangan guru kelas dalam menentukan model pembelajaran yang bervariasi dalam proses belajar mengajar yang efektif.
6.      Bagi masyarakat
Diharapkan hasil penelitian ini dapat dikembangkan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, khususnya guru SD, untuk mencoba menerapkan strategi MURDER dalam pembelajaran matematika.



Dokumen ini dalam bentuk Microsoft Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke 085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.
Full dokumen berisi:
1.        Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.        Bab 1 – 5
3.        Lampiran 1            : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.        Lampiran 2            : Surat Izin Penelitian
5.        Lampiran 3            : Berita Acara Seminar PTK
6.        Lampiran 4            : Daftar Nama Siswa
7.        Lampiran 5            : Daftar Hadir Siswa
8.        Lampiran 6            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.        Lampiran 7            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.    Lampiran 8            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.    Lampiran 9            : Materi Pembelajaran
12.    Lampiran 10          : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13.    Lampiran 11          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14.    Lampiran 12          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15.    Lampiran 13          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16.    Lampiran 14          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17.    Lampiran 15          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.    Lampiran 16          : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.    Lampiran 17          : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.    Lampiran 18          : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.    Lampiran 19          : Riwayat Penulis
22.    Lampiran 20          : Foto Kegiatan



Related Posts:

0 comments:

Post a Comment