Wednesday, August 24, 2016

PENERAPAN TEORI SKEMA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA INTENSIF (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD …)



BAB I
PENDAHULUAN


1.1         Latar Belakang Masalah
Berbahasa pada dasarnya adalah proses interaktif komunikatif yang menekankan pada aspek-aspek bahasa. Kemampuan memahami aspek-aspek tersebut sangat menentukan keberhasilan dalam proses komunikasi. Aspek-aspek bahasa tersebut antara lain keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Secara karakteristik, keempat keterampilan itu berdiri sendiri, namun dalam penggunaan bahasa sebagai proses komunikasi tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Hal ini menunjukkan bahwa bahasa merupakan keterpaduan dari beberapa aspek.
Salah satu aspek keterampilan berbahasa yang terdapat dalam silabus bahasa Indonesia sekolah dasar kelas IV adalah keterampilan membaca. Keterampilan membaca selalu ada dalam setiap tema pembelajaran. Hal tersebut membuktikan pentingnya penguasaan keterampilan membaca.
Membaca, terutama membaca intensif dan membaca pemahaman bukanlah sebuah kegiatan yang pasif. Sebenarnya, pada peringkat yang lebih tinggi, membaca itu, bukan sekedar memahami lambang-lambang tertulis, melainkan pula memahami, menerima, menolak, membandingkan dan meyakini pendapat-pendapat yang ada dalam bacaan. Membaca pemahaman inilah yang dibina dan dikembangkan secara bertahap pada sekolah (Tompubolon, 1987:65).
Pada kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa keterampilan membaca intensif siswa kelas IV SD …. masih cukup memprihatinkan. Hal tersebut dimungkinkan karena siswa tidak benar-benar memahami teks yang mereka baca. Melihat kenyataan tersebut di atas, peneliti tertarik untuk meneliti masalah tersebut guna mencari solusi alternatif bagi masalah tersebut. Salah satu solusi adalah dengan diterapkannya teori skema dalam pembelajaran membaca intensif. Pembelajaran membaca intensif menggunakan teori skema merupakan salah satu upaya tepat karena dengan teori skema siswa harus menghubungkan  pengalaman dan pengetahuannya dengan berbagai informasi yang ada dalam teks yang mereka baca.
Menurut Sujana (1988:59) langkah-langkah pembelajaran menggunakan teori skema adalah sebagai berikut:
1)      bersikap positif terhadap apa yang diketahui murid jadikanlah apa yang telah diketahui murid itu sebagai batu loncatan atau jembatan dalam usaha menolong mengembangkan konsep-konsep yang diperlukan,
2)      menggunakan analogi, perbandingan, bahkan kalau perlu, perbandingan metaforis untuk menjembatani apa yang telah mereka ketahui dengan hal-hal baru atau asing, dan
3)      memberikan contoh sebanyak-banyaknya mengenai konsep yang baru itu.
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, peneliti tertarik untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas yang berjudul PENERAPAN Teori skema UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN sISWA dalam membaca intensif (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD ….).


1.2         Identifikasi Masalah
Penelitian ini mengidentifikasi beberapa masalah, di antaranya adalah:
1.      Kurang tepatnya metode dalam pembelajaran membaca di kelas IV SD ....
2.      Kurang bervariatifnya bahan dan media yang dapat membantu proses pembelajaran membaca.
3.      Rendahnya kemampuan siswa kelas IV SD …. dalam membaca intensif.

1.3         Rumusan Masalah
Dalam penelitian ini peneliti mencoba mencari jawaban atas pertanyaan berikut ini: “Apakah teori skema efektif meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SD …. dalam membaca intensif?”

1.4         Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini ada tiga, yaitu:
1)   Mendeskripsikan perilaku guru dan siswa dalam menerapkan teori di kelas IV SD ... dalam pembelajaran membaca intensif.
2)   Mengidentifikasi efektivitas teori skema untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SD ... dalam membaca intensif.
3)   Mengukur peningkatan kemampuan siswa kelas IV SD ... dalam membaca intensif.

1.5         Manfaat Penelitian
Ada dua manfaat dalam penelitian ini, yakni manfaat teoritis dan manfaat praktis.
1)   Manfaat Teoritis
Secara umum penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan pemikiran terhadap teori pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar khususnya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca intensif.
2)   Manfaat Praktis
Dari segi praktis, penelitian ini bermanfaat bagi peneliti, guru-guru kelas sekolah dasar, siswa sekolah dasar, dan peneliti-peneliti lain sebagai pemerhati perkembangan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar.
°       Bagi peneliti, hasil penelitian ini dapat dipakai untuk mengetahui efektivitas teori skema untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SD ... dalam membaca intensif.
°       Bagi guru-guru, laporan penelitian tindakan kelas ini menjadi bukti bahwa teori dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas dan hasil pembelajaran di sekolah dasar, khususnya dalam pembelajaran membaca intensif.
°       Adapun bagi siswa, hasil penelitian ini memberikan solusi bagi masalah yang mereka hadapi dalam belajar khususnya dalam membaca intensif.
°       Bagi peneliti-peneliti lain, laporan penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan perbandingan dan referensi untuk penelitian-penelitian yang membahas topik yang sama.

Dokumen ini dalam bentuk Microsoft Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke 085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.

Full dokumen berisi:
1.        Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.        Bab 1 – 5
3.        Lampiran 1            : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.        Lampiran 2            : Surat Izin Penelitian
5.        Lampiran 3            : Berita Acara Seminar PTK
6.        Lampiran 4            : Daftar Nama Siswa
7.        Lampiran 5            : Daftar Hadir Siswa
8.        Lampiran 6            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.        Lampiran 7            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.    Lampiran 8            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.    Lampiran 9            : Materi Pembelajaran
12.    Lampiran 10          : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13.    Lampiran 11          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14.    Lampiran 12          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15.    Lampiran 13          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16.    Lampiran 14          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17.    Lampiran 15          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.    Lampiran 16          : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.    Lampiran 17          : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.    Lampiran 18          : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.    Lampiran 19          : Riwayat Penulis
22.    Lampiran 20          : Foto Kegiatan



Related Posts:

0 comments:

Post a Comment