Wednesday, August 24, 2016

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMPRAKTIKKAN VARIASI TEKNIK DASAR SEPAK BOLA SISWA KELAS V SD … TAHUN PELAJARAN … MELALUI METODE DEMONSTRASI



Bab I
Pendahuluan


1.1         LATAR BELAKANG MASALAH
Strategi pembelajaran merupakan proses interaksi komunikasi aktif antara siswa dengan guru dalam kegiatan pendidikan. Dalam proses kegiatan belajar mengajar, ada kegiatan belajar yang dilakukan siswa dan ada kegiatan mengajar yang dilakukan guru. Kegiatan ini berlangsung secara bersama-sama pada waktu yang sama sehingga terjadi interaksi komunikasi aktif antara siswa dengan guru.
Peran guru sangat penting dalam membantu siswa untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Jadi, seorang guru dituntut mempunyai pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang profesional dalam membelajarkan siswanya agar dapat mencapai proses pembelajaran yang efektif, efisien, menarik, dan juga dicapai hasil pembelajaran yang bermutu tinggi. Proses belajar mengajar yang aktif ditandai dengan adanya keterlibatan siswa secara komprehensif, baik fisik, mental, maupun emosional.
Mata pelajaran geografi memerlukan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sehingga keterlibatan siswa dapat dioptimalkan dan berdampak positif terhadap pemerolehan hasil belajar. Namun demikian, kenyataan di lapangan berkata lain. Data hasil pengamatan pendahuluan terhadap  pembelajaran fenomena geografi menyatakan bahwa guru tidak menggunakan media pembelajaran. Metode konvensional yang digunakan guru tidak dapat mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dan tidak dapat membangkitkan rasa ingin tahu, minat, motivasi, dan rangsangan untuk belajar. Akibatnya, hasil belajar siswa tidak memuaskan dan masih banyak siswa yang beranggapan bahwa pembelajaran geografi menjemukan dan membosankan.
Padahal, seorang guru geografi dapat menggunakan berbagai media untuk membantu siswa dalam belajar, diantaranya adalah media audiovisual. Asyad (2004:16) berpendapat bahwa media pembelajaran khususnya media audiovisual dapat menarik perhatian siswa untuk berkonsentrasi, dapat digunakan untuk menciptakan rasa senang, mempermudah siswa dalam memahami, dan mengakomodasi siswa yang lemah dalam memahami materi. Selain itu, penggunaan media audiovisual dapat memperkenalkan, membentuk, memperkaya, serta memperjelas pengertian atau konsep yang abstrak kepada siswa; (2) mengembangkan sikap-sikap yang dikehendaki; (3) mendorong siswa untuk melakukan kegiatan lebih lanjut. Daryanto (1997:4) menjelaskan bahwa penggunaan media audiovisual memiliki keuntungan, yaitu menghindari terjadinya verbalisme, membangkitkan motivasi, memperjelas informasi yang disampaikan guru, dan menambah variasi teknik penyajian pelajaran.
Atas dasar latar belakang di atas, peneliti melaksanakan penelitian yang berjudul Upaya Peningkatan pemahaman Siswa terhadap fenomena biosfer Dengan media audiovisual (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas XI IPS SMA …), yang diharapkan mampu memperbaiki cara lama yang kurang berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap fenomena biosfer. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SMA … karena peneliti bekerja sebagai salah satu guru pengajar geografi di sekolah ini.

1.2         IDENTIFIKASI MASALAH
Dalam studi pendahuluan, teridentifikasi beberapa masalah yang relevan dengan penelitian ini, yaitu sebagai berikut.
1)      Guru geografi tidak menggunakan media pembelajaran.
2)      Metode konvensional yang digunakan guru geografi tidak dapat mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa.
3)      Siswa kelas XI IPS tidak memiliki rasa ingin tahu, minat, motivasi, dan rangsangan untuk belajar.
4)      Hasil belajar siswa tidak memuaskan dan masih banyak siswa yang beranggapan bahwa pembelajaran geografi menjemukan dan membosankan.

2.3         BATASAN MASALAH
Tidak semua permasalahan dibahas dalam penelitian ini. Peneliti membatasinya untuk menghindari melebarnya pokok permasalahan penelitian ini. Maka, batasan masalah dalam penelitian ini adalah:
1)      Penggunaan media audiovisual untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas XI IPS SMA … terhadap fenomena biosfer.
2)      Peningkatan pemahaman siswa kelas XI IPS SMA … terhadap fenomena biosfer.

2.4         RUMUSAN MASALAH
Dalam penelitian ini peneliti mencoba mencari jawaban atas masalah berikut ini: “Apakah media audiovisual dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas XI IPS SMA … terhadap fenomena biosfer?”
2.5         TUJUAN PENELITIAN
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini ada dua, yaitu:
1)           Mendeskripsikan proses pembelajaran fenomena biosfer dengan menggunakan media audiovisual di kelas XI IPS SMA ….
2)           Mengidentifikasi peningkatan pemahaman siswa kelas XI IPS SMA … terhadap fenomena biosfer.

2.6         MANFAAT PENELITIAN
Ada dua manfaat dalam penelitian ini, yakni:
1.         Manfaat Teoritis
Secara umum penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan terhadap teori pembelajaran geografi khususnya pembelajaran tentang fenomena biosfer dan penggunaan media audiovisual.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        
2.         Manfaat Praktis
Dilihat dari segi praktis, ada empat manfaat yaitu sebagai berikut:
a.    Bagi penulis, hasil penelitian ini dapat dipakai untuk mengetahui sejauh mana peningkatan pemahaman siswa kelas XI IPS SMA … terhadap fenomena biosfer.
b.    Bagi guru, hasil penelitian ini dapat dipakai untuk mengetahui bahwa media audiovisual dapat digunakan untuk menyelenggarakan pembelajaran yang lebih menarik dan kreatif yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi.
c.    Bagi siswa, penelitian ini dapat memberikan cara belajar baru yang dapat mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa, membangkitkan rasa ingin tahu, minat, motivasi, dan rangsangan untuk belajar karena penggunaan media audiovisual dapat menghapus kesan pembelajaran geografi menjemukan dan membosankan sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.
d.   Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dipakai sebagai bahan perbandingan dan referensi terhadap penelitian yang membahas tentang media audiovisual dan fenomena biosfer.


Dokumen ini dalam bentuk Microsoft Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke 085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.
Full dokumen berisi:
1.        Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.        Bab 1 – 5
3.        Lampiran 1            : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.        Lampiran 2            : Surat Izin Penelitian
5.        Lampiran 3            : Berita Acara Seminar PTK
6.        Lampiran 4            : Daftar Nama Siswa
7.        Lampiran 5            : Daftar Hadir Siswa
8.        Lampiran 6            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.        Lampiran 7            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.    Lampiran 8            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.    Lampiran 9            : Materi Pembelajaran
12.    Lampiran 10          : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13.    Lampiran 11          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14.    Lampiran 12          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15.    Lampiran 13          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16.    Lampiran 14          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17.    Lampiran 15          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.    Lampiran 16          : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.    Lampiran 17          : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.    Lampiran 18          : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.    Lampiran 19          : Riwayat Penulis
22.    Lampiran 20          : Foto Kegiatan



Related Posts:

0 comments:

Post a Comment