BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Biologi sebagai salah satu bidang
IPA menyediakan berbagai pengalaman belajar untuk memahami konsep dan proses
sains. Keterampilan proses ini meliputi keterampilan mengamati, mengajukan
hipotesis, menggunakan alat dan bahan secara baik dan benar dengan selalu
mempertimbangkan keamanan dan keselamatan kerja, mengajukan pertanyaan,
menggolongkan dan menafsirkan data, serta mengkomunikasikan hasil temuan secara
lisan atau tertulis, menggali dan memilah informasi faktual yang relevan untuk
menguji gagasan-gagasan atau memecahkan masalah sehari-hari.
Dalam silabus mata pelajaran biologi
untuk kelas XII IPA semester 1 SMA … terdapat standar kompetensi nomor 1 yaitu
“Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan” dengan
kompetensi dasar nomor 1.2 yaitu “Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap
pertumbuhan tumbuhan”.
SK dan KD tersebut dapat dijabarkan menjadi indikator-indikator pembelajaran
sebagai berikut:
- Memahami pengertian pertumbuhan dan
perkembangan tumbuhan
- Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan
tumbuhan
- Melaksanakan
percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan.
Namun, hasil
observasi awal penelitian menghasilkan
beberapa informasi terkait kondisi awal kinerja guru dan perilaku siswa kelas XII IPA 3 dalam pembelajaran melaksanakan percobaan
pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan. Dari observasi terhadap kinerja guru dapat diketahui
bahwa guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk memahami
tugas/eksperimen sehingga tidak ada kegiatan mempersiapkan semua peralatan yang
dibutuhkan, memberikan penjelasan secukupnya tentang apa yang harus dilakukan
dalam eksperimen, membantu peserta didik selama eksperimen, dan menetapkan apa
tindak lanjut eksperimen. Adapun kegiatan apersepsi, menjelaskan tujuan
pembelajaran, memotivasi siswa, menjelaskan materi, dan menyimpulkan materi
dilaksanakan oleh guru dengan cukup baik.
Kurang baiknya
kinerja guru di atas mempengaruhi perilaku siswa kelas XII IPA 3 ketika proses
pembelajaran berlangsung. Dari 38 siswa kelas XII IPA 3 hanya sebagian kecil (≤
25%) siswa saja yang responsif terhadap apersepsi, memahami tujuan
pembelajaran, konsentrasi dalam menyimak penjelasan materi. Untuk aspek lain
yang menyangkut kegiatan eksperimen mendapat skor 1 karena guru tidak memberi
penjelasan kepada siswa tentang tugas/ eksperimen.
Kinerja
guru dan perilaku siswa kelas XII IPA 3 yang kurang maksimal menyebabkan
sebagian besar siswa kelas XII IPA 3 tidak dapat mencapai tujuan pembelajaran.
Sebagian besar tidak mampu melaksanakan percobaan
pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan dengan baik sehingga sebagian besar siswa mendapat nilai di
bawah KKM. Dari 38 orang siswa kelas XII IPA 3 hanya 6 orang saja yang mendapat
nilai sama dengan KKM. Ini berarti bahwa ketuntasan belajar hanya 15,79%.
Sedangkan sebagian besar siswa kelas XII IPA 3 mendapat nilai di bawah KKM
sehingga nilai rata-rata kelas (tingkat penguasaan materi) menjadi sangat
rendah, yaitu 57,63%.
Dari data penelitian awal yang terkumpul dapat
disimpulkan bahwa kemampuan
siswa kelas XII IPA 3 dalam melaksanakan percobaan
pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan sangat lemah.
Kompetensi ini kelihatannya sangat sulit dikuasai siswa. Menurut hasil analisis, kekurangan pada kinerja
guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, termasuk dalam memilih
metode pembelajaran, menyebabkan perilaku siswa kelas XII IPA 3 menjadi kurang
positif terhadap pembelajaran sehingga sebagian besar dari mereka mendapat
nilai di bawah KKM.
Untuk
mengatasi masalah di atas, peneliti memutuskan untuk memberi tindakan
pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas XII IPA 3 dalam melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan
tumbuhan melalui metode percobaan. Tindakan yang
diambil harus mampu mengatasi kendala-kendala yang ada. Menurut pendapat
peneliti, metode percobaan dapat mempermudah siswa dalam belajar.
Kemudian
peneliti memutuskan untuk menggunakan metode percobaan karena dengan
menggunakan metode ini memungkinkan guru untuk memberi kesempatan kepada siswa
melaksanakan eksperimen terkait materi melaksanakan
percobaan
pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan. Selain itu, langkah-langkah metode persobaan dapat melatih
perilaku siswa agar menjadi lebih positif lagi terhadap pembelajaran, lebih
responsive,
konsentrasi, bersungguh-sungguh dan ulet dalam melakukan percobaan. Diharapkan
dengan meningkatnya kinerja guru dan perilaku siswa ini, siswa dapat memahami
materi melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan
tumbuhan
dengan relatif lebih mudah sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan
maksimal.
Hal tersebut di atas menjadi dasar bagi peneliti untuk melaksanakan penelitian
tindakan kelas yang berjudul upaya
MeningkatKan kemampuan MELAKSANAKAN PERCOBAAN PENGARUH
FAKTOR LUAR TERHADAP PERTUMBUHAN TUMBUHAN SISWA kelas XII IPA 3 SMA … MELALUI METODE PERCOBAAN.
1.2
Rumusan Masalah
Dalam
penelitian ini peneliti mencoba mencari jawaban atas pertanyaan berikut ini:
1.
Apakah metode percobaan dapat meningkatkan kemampuan melaksanakan percobaan
pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan siswa kelas XII IPA 3 SMA …?
2.
Bagaimanakah
proses pembelajaran melaksanakan percobaan
pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan melalui metode percobaan di kelas XII IPA 3 SMA …?
1.3 Tujuan
Penelitian
Tujuan yang
ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:
1.
Untuk mengetahui efektifitas metode percobaan dalam meningkatkan kemampuan melaksanakan percobaan
pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan siswa kelas XII IPA 3 SMA ….
2.
Untuk
mendeskripsikan pembelajaran melaksanakan percobaan
pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan melalui metode percobaan di kelas XII IPA 3 SMA ….
1.4 Kontribusi Hasil Penelitian
Ada dua
kontribusi hasil penelitian ini yang bermanfaat bagi berbagai pihak.
Diantaranya yaitu:
1)
Manfaat Teoritis
Secara umum
penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan pemikiran terhadap teori
pembelajaran biologi di SMA khususnya untuk meningkatkan kemampuan melaksanakan percobaan
pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan siswa kelas XII IPA 3 SMA ….
2)
Manfaat Praktis
Dari segi
praktis, penelitian ini bermanfaat bagi peneliti, guru-guru biologi, siswa, dan peneliti-peneliti lain
sebagai pemerhati perkembangan pembelajaran biologi.
°
Bagi peneliti, hasil penelitian ini dapat dipakai untuk
mengetahui efektifitas metode
percobaan untuk meningkatkan kemampuan melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan
tumbuhan siswa kelas XII IPA 3 SMA ….
°
Bagi guru-guru biologi, laporan penelitian tindakan kelas
ini menjadi bukti bahwa metode percobaan efektif untuk meningkatkan kemampuan melaksanakan percobaan
pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan siswa kelas XII IPA.
°
Adapun bagi siswa kelas XII IPA
3, hasil
penelitian ini memberikan solusi bagi masalah yang mereka hadapi dalam belajar khususnya
dalam melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan
tumbuhan.
°
Bagi peneliti-peneliti lain, laporan penelitian ini
dapat digunakan sebagai bahan perbandingan dan referensi untuk penelitian-penelitian
yang membahas topik yang sama.
Dokumen ini dalam bentuk Microsoft
Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke
085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman
sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.
Full dokumen berisi:
1.
Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar
isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.
Bab 1 – 5
3.
Lampiran
1 : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.
Lampiran
2 : Surat Izin Penelitian
5.
Lampiran
3 : Berita Acara Seminar PTK
6.
Lampiran
4 : Daftar Nama Siswa
7.
Lampiran
5 : Daftar Hadir Siswa
8.
Lampiran
6 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.
Lampiran
7 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.
Lampiran
8 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.
Lampiran
9 : Materi Pembelajaran
12. Lampiran 10 : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13. Lampiran 11 : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14. Lampiran 12 : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15. Lampiran 13 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16. Lampiran 14 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17. Lampiran 15 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.
Lampiran
16 : Lembar Kerja Siswa Pra
Siklus
19.
Lampiran
17 : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.
Lampiran
18 : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.
Lampiran
19 : Riwayat Penulis
22.
Lampiran 20 :
Foto Kegiatan
0 comments:
Post a Comment