Wednesday, August 24, 2016

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PERCOBAAN PENGARUH FAKTOR LUAR TERHADAP PERTUMBUHAN TUMBUHAN SISWA KELAS XII IPA 3 SMA … TAHUN PELAJARAN … MELALUI METODE PERCOBAAN



BAB I
PENDAHULUAN


1.1    Latar Belakang Masalah
Biologi sebagai salah satu bidang IPA menyediakan berbagai pengalaman belajar untuk memahami konsep dan proses sains. Keterampilan proses ini meliputi keterampilan mengamati, mengajukan hipotesis, menggunakan alat dan bahan secara baik dan benar dengan selalu mempertimbangkan keamanan dan keselamatan kerja, mengajukan pertanyaan, menggolongkan dan menafsirkan data, serta mengkomunikasikan hasil temuan secara lisan atau tertulis, menggali dan memilah informasi faktual yang relevan untuk menguji gagasan-gagasan atau memecahkan masalah sehari-hari.
Dalam silabus mata pelajaran biologi untuk kelas XII IPA semester 1 SMA … terdapat standar kompetensi nomor 1 yaitu “Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan” dengan kompetensi dasar nomor 1.2 yaitu “Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan”. SK dan KD tersebut dapat dijabarkan menjadi indikator-indikator pembelajaran sebagai berikut:
-     Memahami pengertian pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
-     Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
-     Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan.
Namun, hasil observasi awal penelitian menghasilkan beberapa informasi terkait kondisi awal kinerja guru dan perilaku siswa kelas XII IPA 3 dalam pembelajaran melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan. Dari observasi terhadap kinerja guru dapat diketahui bahwa guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk memahami tugas/eksperimen sehingga tidak ada kegiatan mempersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan, memberikan penjelasan secukupnya tentang apa yang harus dilakukan dalam eksperimen, membantu peserta didik selama eksperimen, dan menetapkan apa tindak lanjut eksperimen. Adapun kegiatan apersepsi, menjelaskan tujuan pembelajaran, memotivasi siswa, menjelaskan materi, dan menyimpulkan materi dilaksanakan oleh guru dengan cukup baik.
Kurang baiknya kinerja guru di atas mempengaruhi perilaku siswa kelas XII IPA 3 ketika proses pembelajaran berlangsung. Dari 38 siswa kelas XII IPA 3 hanya sebagian kecil (≤ 25%) siswa saja yang responsif terhadap apersepsi, memahami tujuan pembelajaran, konsentrasi dalam menyimak penjelasan materi. Untuk aspek lain yang menyangkut kegiatan eksperimen mendapat skor 1 karena guru tidak memberi penjelasan kepada siswa tentang tugas/ eksperimen.
Kinerja guru dan perilaku siswa kelas XII IPA 3 yang kurang maksimal menyebabkan sebagian besar siswa kelas XII IPA 3 tidak dapat mencapai tujuan pembelajaran. Sebagian besar tidak mampu melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan dengan baik sehingga sebagian besar siswa mendapat nilai di bawah KKM. Dari 38 orang siswa kelas XII IPA 3 hanya 6 orang saja yang mendapat nilai sama dengan KKM. Ini berarti bahwa ketuntasan belajar hanya 15,79%. Sedangkan sebagian besar siswa kelas XII IPA 3 mendapat nilai di bawah KKM sehingga nilai rata-rata kelas (tingkat penguasaan materi) menjadi sangat rendah, yaitu 57,63%.
Dari data penelitian awal yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas XII IPA 3 dalam melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan sangat lemah. Kompetensi ini kelihatannya sangat sulit dikuasai siswa. Menurut hasil analisis, kekurangan pada kinerja guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, termasuk dalam memilih metode pembelajaran, menyebabkan perilaku siswa kelas XII IPA 3 menjadi kurang positif terhadap pembelajaran sehingga sebagian besar dari mereka mendapat nilai di bawah KKM.
Untuk mengatasi masalah di atas, peneliti memutuskan untuk memberi tindakan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas XII IPA 3 dalam melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan melalui metode percobaan. Tindakan yang diambil harus mampu mengatasi kendala-kendala yang ada. Menurut pendapat peneliti, metode percobaan dapat mempermudah siswa dalam belajar.
Kemudian peneliti memutuskan untuk menggunakan metode percobaan karena dengan menggunakan metode ini memungkinkan guru untuk memberi kesempatan kepada siswa melaksanakan eksperimen terkait materi melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan. Selain itu, langkah-langkah metode persobaan dapat melatih perilaku siswa agar menjadi lebih positif lagi terhadap pembelajaran, lebih responsive, konsentrasi, bersungguh-sungguh dan ulet dalam melakukan percobaan. Diharapkan dengan meningkatnya kinerja guru dan perilaku siswa ini, siswa dapat memahami materi melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan dengan relatif lebih mudah sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal.
Hal tersebut di atas menjadi dasar bagi peneliti untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas yang berjudul upaya MeningkatKan kemampuan MELAKSANAKAN PERCOBAAN PENGARUH FAKTOR LUAR TERHADAP PERTUMBUHAN TUMBUHAN SISWA kelas XII IPA 3 SMA … MELALUI METODE PERCOBAAN.
1.2    Rumusan Masalah
Dalam penelitian ini peneliti mencoba mencari jawaban atas pertanyaan berikut ini:
1.    Apakah metode percobaan dapat meningkatkan kemampuan melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan siswa kelas XII IPA 3 SMA ?
2.    Bagaimanakah proses pembelajaran melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan melalui metode percobaan di kelas XII IPA 3 SMA ?
1.3    Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:
1.    Untuk mengetahui efektifitas metode percobaan dalam meningkatkan kemampuan melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan siswa kelas XII IPA 3 SMA .
2.    Untuk mendeskripsikan pembelajaran melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan melalui metode percobaan di kelas XII IPA 3 SMA .
1.4    Kontribusi Hasil Penelitian
Ada dua kontribusi hasil penelitian ini yang bermanfaat bagi berbagai pihak. Diantaranya yaitu:
1)   Manfaat Teoritis
Secara umum penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan pemikiran terhadap teori pembelajaran biologi di SMA khususnya untuk meningkatkan kemampuan melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan siswa kelas XII IPA 3 SMA ….
2)   Manfaat Praktis
Dari segi praktis, penelitian ini bermanfaat bagi peneliti, guru-guru biologi, siswa, dan peneliti-peneliti lain sebagai pemerhati perkembangan pembelajaran biologi.
°       Bagi peneliti, hasil penelitian ini dapat dipakai untuk mengetahui efektifitas metode percobaan untuk meningkatkan kemampuan melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan siswa kelas XII IPA 3 SMA ….
°       Bagi guru-guru biologi, laporan penelitian tindakan kelas ini menjadi bukti bahwa metode percobaan efektif untuk meningkatkan kemampuan melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan siswa kelas XII IPA.
°       Adapun bagi siswa kelas XII IPA 3, hasil penelitian ini memberikan solusi bagi masalah yang mereka hadapi dalam belajar khususnya dalam melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan.
°       Bagi peneliti-peneliti lain, laporan penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan perbandingan dan referensi untuk penelitian-penelitian yang membahas topik yang sama.


Dokumen ini dalam bentuk Microsoft Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke 085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.
Full dokumen berisi:
1.        Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.        Bab 1 – 5
3.        Lampiran 1            : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.        Lampiran 2            : Surat Izin Penelitian
5.        Lampiran 3            : Berita Acara Seminar PTK
6.        Lampiran 4            : Daftar Nama Siswa
7.        Lampiran 5            : Daftar Hadir Siswa
8.        Lampiran 6            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.        Lampiran 7            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.    Lampiran 8            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.    Lampiran 9            : Materi Pembelajaran
12.    Lampiran 10          : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13.    Lampiran 11          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14.    Lampiran 12          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15.    Lampiran 13          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16.    Lampiran 14          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17.    Lampiran 15          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.    Lampiran 16          : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.    Lampiran 17          : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.    Lampiran 18          : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.    Lampiran 19          : Riwayat Penulis
22.    Lampiran 20          : Foto Kegiatan



0 comments:

Post a Comment