Wednesday, August 24, 2016

UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI PERKEMBANGAN ISLAM PADA ABAD PERTENGAHAN DENGAN METODE KOOPERATIF (PTK PADA SISWA KELAS XI IPA 2 SMA …)



BAB I
PENDAHULUAN


1.1    Latar Belakang Masalah
Agama  adalah pedoman hidup umat manusia. Agama Islam memberikan petunjuk bagi umat muslim untuk dapat menyikapi persoalan-persoalan yang timbul dalam kehidupan sehari-hari sehingga seorang muslim dapat menjalani hidup dengan damai dan sejahtera. Itulah sebabnya, Pendidikan Agama Islam (PAI) diajarkan di sekolah sebagai salah satu wahana pendidikan bagi siswa untuk mengenal sejarah perkembangan Islam dan berbagai aspek kehidupan yang sesuai dengan aturan hukum agama Islam. Dengan ini diharapkan, siswa dapat mengenal nilai-nilai Islam dari sejarah Islam yang mereka pelajari dan mereka dapat mengamalkannya di masyarakat.
Implementasi PAI di SMA diatur dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang berdasarkan kepada Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang standar isi dan Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 standar kompetensi kelulusan. Salah satu kompetensi dalam KTSP yang harus dikuasai siswa adalah memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan. Materi ini membahas tiga kerajaan Islam yang besar, yaitu Kerajaan Usmani, Kerajaan Safawi, dan Kerajaan Mughal.
Dalam pengimplementasiannya di lapangan, kebanyakan guru PAI mengajarkan materi ini dengan menggunakan metode yang konvensional, dimana guru sebagai pusat pembelajaran sehingga aktivitas guru sangat dominan. Sebaliknya, siswa menjadi pasif dan hanya menyimak apa yang dijelaskan guru. Hal ini membuat perilaku siswa kurang positif. Penjelasan guru yang monoton dan membosankan tak urung membuat siswa sulit untuk berkonsentrasi sehingga mereka tidak dapat mencapai tujuan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang dipilih oleh guru tidak efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan sehingga siswa tidak mencapai tujuan pembelajaran dengan maksimal.
Dalam hal ini, peran guru sangat penting dalam menyusun sebuah rencana pembelajaran, mengatur atmosfir kelas, dan memilih suatu metode yang sesuai. Salah satunya adalah dengan menggunakan metode kooperatif. Kelebihan metode ini adalah meningkatkan kemampuan akademik siswa (Slavin, 1987), menciptakan sebuah motivasi yang besar terhadap pembelajaran (Giribaldi, 1979), meningkatkan efektivitas waktu pembelajaran dalam menyelesaikan tugas (Cohen & Benton, 1988), meningkatkan rasa percaya diri kepada anak (Jhonson & Jhonson, 1989), dan mengarahkan siswa kepada kebiasaan-kebiasaan positif di kehidupan sosial, yakni bekerjasama (Lloyd, 1988).
Metode ini dapat diimplementasikan melalui kegiatan-kegiatan dimana guru menjelaskan secara detil tentang tugas-tugas yang diberikan kepada siswa dan mampu menjelaskan prosedur kerjasama seperti apa yang harus siswa lakukan di kelas. Selain itu, guru juga hadir setiap saat ketika siswa-siswa mengalami kesulitan untuk memberi bantuan (scaffolding) dan feedback. Selain itu, di dalam metode kooperatif, siswa diharapkan dapat belajar dalam kelompok dan berbagi informasi dengan anggota-anggota yang mungkin mempunyai kemampuan yang berbeda-beda, sehingga mereka dapat mengerjakan tugas sebaik-baiknya dengan cara bekerjasama untuk mengoptimalkan kemampuan-kemampuan dari anggotanya tersebut.
Berdasarkan latar belakang di atas, sebuah penelitian tindakan kelas telah dilaksanakan. Penelitian ini berjudul UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI perkembangan Islam pada abad pertengahan DENGAN METODE DISKUSI (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA …). Adapun alasan peneliti untuk memilih sekolah ini adalah karena peneliti merupakan seorang guru pengajar PAI di SMA … sehingga peneliti dituntut untuk dapat mencari solusi terhadap kendala-kendala yang muncul dalam pembelajaran PAI, khususnya di sekolah ini.

1.2    identifikasi masalah
Penelitian ini berkaitan dengan beberapa masalah yang teridentifikasi di lapangan, seperti:
1)      Kemampuan guru dalam mengajar dan mengatur kelas.
2)      Efektifitas pendekatan, media, strategi, metode, atau teknik yang digunakan oleh guru pada pembelajaran.
3)      Kelengkapan bahan ajar.
4)      Kesesuaian instrumen penilaian yang digunakan guru untuk mengukur kemampuan siswa.



1.3    rumusan Masalah
Dalam penelitian ini peneliti mencoba mencari jawaban atas dua pertanyaan di bawah ini:
1)      Apakah metode kooperatif efektif meningkatkan kualitas PBM memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan?, dan
2)      Apakah metode kooperatif efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan?

1.4    batasan Masalah
Batasan masalah dalam penelitian ini adalah:
1)        Efektifitas metode kooperatif yang digunakan untuk meningkatkan kualitas PBM memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan.
2)        Efektivitas metode kooperatif yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan.
3)        Peningkatan kemampuan siswa dalam memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan.
4)        Implementasi metode kooperatif untuk mengajarkan perkembangan Islam pada abad pertengahan.

1.5    Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini ada tiga, yaitu:
1)        Mengidentifikasi efektifitas metode kooperatif untuk meningkatkan kualitas PBM memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan.
2)        Mengidentifikasi efektivitas metode kooperatif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan, dan
3)        Mendeskripsikan pengimplementasian metode kooperatif di kelas XI IPA 2 SMA … dalam pembelajaran memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan.

1.6    Manfaat Penelitian
Ada dua manfaat dalam penelitian ini, yakni:
1)        Manfaat Teoritis
Secara umum penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan pemikiran terhadap teori pembelajaran PAI khususnya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan.
2)        Manfaat Praktis
Dilihat dari segi praktis, ada beberapa manfaat yang bisa didapat oleh peneliti, guru-guru PAI lain, siswa, peneliti-peneliti lain, dan pemerhati perkembangan pembelajaran PAI.
a)    Bagi penulis, hasil penelitian ini dapat dipakai untuk mengetahui efektivitas metode kooperatif untuk meningkatkan kualitas PBM dan meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan. Selain itu, dapat diketahui sebesar apa peningkatan kemampuan siswa tersebut setelah dilakukan proses pembelajaran dengan menggunakan metode kooperatif.
b)   Bagi guru-guru mata pelajaran PAI, laporan penelitian tindakan kelas ini menjadi bukti bahwa metode kooperatif dapat digunakan untuk menyelenggarakan pembelajaran yang lebih berkualitas dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan.
c)    Adapun bagi siswa, hasil penelitian ini memberikan solusi alternatif bagi masalah yang mereka hadapi dalam belajar khususnya dalam memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan. Mereka dapat aktif bersama temannya dalam kegiatan-kegiatan belajar yang menjunjung nilai-nilai kerjasama.
d)   Bagi peneliti-peneliti lain, laporan penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan perbandingan dan referensi penelitian-penelitian di masa mendatang yang menyangkut PAI, metode kooperatif, dan sejarah perkembangan Islam pada abad pertengahan.


Dokumen ini dalam bentuk Microsoft Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke 085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.

Full dokumen berisi:
1.        Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.        Bab 1 – 5
3.        Lampiran 1            : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.        Lampiran 2            : Surat Izin Penelitian
5.        Lampiran 3            : Berita Acara Seminar PTK
6.        Lampiran 4            : Daftar Nama Siswa
7.        Lampiran 5            : Daftar Hadir Siswa
8.        Lampiran 6            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.        Lampiran 7            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.    Lampiran 8            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.    Lampiran 9            : Materi Pembelajaran
12.    Lampiran 10          : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13.    Lampiran 11          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14.    Lampiran 12          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15.    Lampiran 13          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16.    Lampiran 14          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17.    Lampiran 15          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.    Lampiran 16          : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.    Lampiran 17          : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.    Lampiran 18          : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.    Lampiran 19          : Riwayat Penulis
22.    Lampiran 20          : Foto Kegiatan



Related Posts:

0 comments:

Post a Comment