Thursday, September 15, 2016

UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MELAKUKAN KETERAMPILAN SEPAK BOLA DENGAN STRATEGI MODIFIKASI (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA KELAS X 1 SMA …)



BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang Masalah
Penjas merupakan proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas jasmani dan direncanakan secara sistematik bertujuan untuk meningkatkan individu secara organik, neuromuskuler, perseptual, kognitif, sosial dan emosional” (Diknas, 2003:6). Secara spesifik, dalam mata pelajaran Penjas untuk siswa kelas X SMA terrdapat standar kompetensi nomor 2, yaitu “Melakukan teknik, strategi, dan taktik berbagai permainan dan olahraga didasari konsep yang benar dan memiliki nilai-nilai yang terkandung di dalamnya” dengan standar kompetensi nomor 2.1, yaitu “Melakukan keterampilan olahraga sepak bola”.
Dalam implementasinya, masih banyak guru yang menerapkan pembelajaran konvensional dalam mengajarkan materi sepak bola.  Hasil observasi menyatakan bahwa kebanyakan guru Penjas hanya menerangkan materi dengan metode ceramah, memberi contoh dengan demonstrasi seadanya, dan memberi tugas latihan mempraktikkan gerak dasar sepak bola tanpa ada sesuatu yang dapat menarik perhatian siswa, sehingga siswa cenderung asal-asalan. Padahal, siswa sangat antusiastik dan senang permainan dan kompetisi. Sayangnya, cara guru yang kurang tepat dalam mengajar menyebabkan siswa tidak mendapat informasi dan contoh tentang bagaimana melakukan olahraga sepak bola yang baik untuk selanjutnya mereka tiru. Hal ini menyebabkan mereka tidak memahami materi dengan jelas. Padahal belajar merupakan kegiatan aktif siswa dalam membangun makna dan pemahaman.
Dari bukti di atas, pantas kiranya jika indikator-indikator keberhasilan melakukan keterampilan olahraga sepak bola tidak dapat dikuasai oleh siswa dengan benar karena siswa tidak mendapat apa yang mereka butuhkan dalam belajar gerak dasar sepak bola. Sebagai solusi, guru Penjas perlu strategi belajar baru yang lebih mampu memberdayakan kemampuan siswa dalam melakukan keterampilan olahraga sepak bola.
Salah satu strategi belajar yang dapat mengaktifkan siswa dan menjamin tercapainya tujuan pendidikan adalah melalui strategi modifikasi. Secara umum, strategi ini berupa upaya-upaya guru untuk memudahkan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran dengan cara memantapkan tujuan siswa dalam belajar, meningkatkan partisipasi belajar siswa dengan maksimal, memodifikasi alat bantu dan media, dan memodifikasi kelas/ lapangan dengan baik sehingga siswa senang dan tidak merasa tersiksa dengan aktivitas-aktivitas pembelajaran.
Atas dasar latar belakang di atas, peneliti memutuskan untuk membuat penelitian yang berjudul “Upaya Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Melakukan Keterampilan Olahraga Sepak Bola dengan Strategi Modifikasi (Penelitan Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X 1 SMA … ”, yang diharapkan mampu mengubah cara lama yang kurang berhasil dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan keterampilan olahraga sepak bola. Penelitian ini mengarahkan guru untuk bisa mengupayakan cara untuk memppermudah siswa dalm belajar dan siswa sendiri diharapkan bisa lebih terlibat aktif dalam proses belajar mengajar sehingga indikator-indikator keberhasilan dari pembelajaran bisa tercapai dengan maksimal.
Penelitian tindakan dilakukan pada siswa kelas X 1 SMA …. Adapun alasan peneliti mengambil tempat penelitian di SMA … karena peneliti bekerja sebagai salah satu guru Penjas di sekolah ini. Lagipula, peneliti berasumsi bahwa siswa kelas kelas X 1 SMA … dapat membantu peneliti untuk membuktikan bahwa strategi modifikasi ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan keterampilan olahraga sepak bola. 

1.2  Identifikasi Masalah
Berkaitan dengan kemampuan guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, muncul beberapa pertanyaan. Apakah kemampuan atau pengalaman guru dalam mengajar kurang? Apakah strategi, metode, dan teknik yang digunakan guru pada pembelajaran bola voli selama ini kurang tepat? Apakah alat dan media yang digunakan dalam pembelajaran sudah sesuai? Atau, apakah alat evaluasi yang digunakan guru untuk pembelajaran kurang tepat?

1.3  Rumusan Masalah
Dalam penelitian ini peneliti mencoba mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
1.      Apakah strategi modifikasi dapat meningkatkan kualitas PBM sepakbola?
2.      Apakah strategi modifikasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan keterampilan olahraga sepak bola?

1.4  Batasan Masalah
Dalam penelitian ini, banyak masalah yang muncul. Oleh sebab itu, peneliti membatasi masalah-masalah tersebut. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Mengukur kemampuan siswa kelas X 1 SMA … dalam melakukan keterampilan olahraga sepak bola, dan
2.      Mendeskripsikan implementasi strategi modifikasi di kelas X 1 SMA ….

1.5  Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:
1.      Mengidentifikasi efektivitas strategi modifikasi untuk meningkatkan kualitas PBM sepak bola,
2.      Mengidentifikasi efektivitas strategi modifikasi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan keterampilan olahraga sepak bola, dan
3.      Mendeskripsikan implementasi strategi modifikasi dalam PBM sepak bola.

1.6  Manfaat Penelitian
Ada dua manfaat dalam penelitian ini, yakni:
1.      Manfaat Teoritis
Secara umum penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan terhadap teori pembelajaran melakukan keterampilan olahraga sepak bola. Selanjutnya, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi dan bahan perbandingan bagi penelitian-penelitian lain yang ada hubungannya dengan sepak bola dan strategi modifikasi.
                                                                                                                                                                             
2.      Manfaat Praktis
Dilihat dari segi praktis, ada empat manfaat yang bisa didapat, yaitu:
Bagi penulis, penelitian ini dapat membuktikan efektifitas strategi modifikasi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan keterampilan olahraga sepak bola. Bagi guru, penelitian ini dapat membuktikan bahwa strategi modifikasi dapat digunakan untuk menyelenggarakan pembelajaran yang lebih menarik dan kreatif yang dapat menigkatkan kemampuan siswa dalam melakukan keterampilan olahraga sepak bola. Bagi siswa, penelitian ini memberi solusi untuk masalah yang mereka temui dalam melakukan keterampilan olahraga sepak bola. Bagi peneliti-peneliti lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan perbandingan dan referensi untuk penelitian selanjutnya yang membahas tentang cara efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan keterampilan olahraga sepak bola.



Dokumen ini dalam bentuk Microsoft Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke 085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.

Full dokumen berisi:
1.        Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.        Bab 1 – 5
3.        Lampiran 1            : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.        Lampiran 2            : Surat Izin Penelitian
5.        Lampiran 3            : Berita Acara Seminar PTK
6.        Lampiran 4            : Daftar Nama Siswa
7.        Lampiran 5            : Daftar Hadir Siswa
8.        Lampiran 6            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.        Lampiran 7            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.    Lampiran 8            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.    Lampiran 9            : Materi Pembelajaran
12.    Lampiran 10          : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13.    Lampiran 11          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14.    Lampiran 12          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15.    Lampiran 13          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16.    Lampiran 14          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17.    Lampiran 15          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.    Lampiran 16          : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.    Lampiran 17          : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.    Lampiran 18          : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.    Lampiran 19          : Riwayat Penulis
22.    Lampiran 20          : Foto Kegiatan



0 comments:

Post a Comment