BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
“Penjas merupakan
proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas jasmani dan direncanakan secara
sistematik bertujuan untuk meningkatkan
individu secara organik, neuromuskuler, perseptual, kognitif, sosial dan
emosional” (Diknas, 2003:6). Secara
spesifik, dalam mata pelajaran Penjas untuk siswa kelas X SMA terrdapat standar
kompetensi nomor 2, yaitu “Melakukan teknik, strategi, dan taktik berbagai
permainan dan olahraga didasari konsep yang benar dan memiliki nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya” dengan standar kompetensi nomor 2.1, yaitu “Melakukan
keterampilan olahraga sepak bola”.
Dalam
implementasinya, masih banyak guru yang menerapkan pembelajaran konvensional
dalam mengajarkan materi sepak bola.
Hasil observasi menyatakan bahwa kebanyakan guru Penjas hanya
menerangkan materi dengan metode ceramah, memberi contoh dengan demonstrasi
seadanya, dan memberi tugas latihan mempraktikkan gerak dasar sepak bola tanpa
ada sesuatu yang dapat menarik perhatian siswa, sehingga siswa cenderung
asal-asalan. Padahal, siswa sangat antusiastik dan senang permainan dan kompetisi.
Sayangnya, cara guru yang kurang tepat dalam mengajar menyebabkan siswa tidak
mendapat informasi dan contoh tentang bagaimana melakukan olahraga sepak bola
yang baik untuk selanjutnya mereka tiru. Hal ini menyebabkan mereka tidak
memahami materi dengan jelas. Padahal belajar merupakan kegiatan aktif siswa
dalam membangun makna dan pemahaman.
Dari bukti di
atas, pantas kiranya jika indikator-indikator keberhasilan melakukan
keterampilan olahraga sepak bola tidak dapat dikuasai oleh siswa dengan benar
karena siswa tidak mendapat apa yang mereka butuhkan dalam belajar gerak dasar
sepak bola. Sebagai solusi, guru Penjas perlu strategi belajar baru yang lebih
mampu memberdayakan kemampuan siswa dalam melakukan keterampilan olahraga sepak
bola.
Salah satu
strategi belajar yang dapat mengaktifkan siswa dan menjamin tercapainya tujuan
pendidikan adalah melalui strategi modifikasi. Secara umum, strategi ini berupa
upaya-upaya guru untuk memudahkan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran
dengan cara memantapkan tujuan siswa dalam belajar, meningkatkan partisipasi
belajar siswa dengan maksimal, memodifikasi alat bantu dan media, dan
memodifikasi kelas/ lapangan dengan baik sehingga siswa senang dan tidak merasa
tersiksa dengan aktivitas-aktivitas pembelajaran.
Atas dasar latar
belakang di atas, peneliti memutuskan untuk membuat penelitian yang berjudul
“Upaya Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Melakukan Keterampilan Olahraga Sepak
Bola dengan Strategi Modifikasi (Penelitan Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X 1 SMA
… ”, yang diharapkan mampu mengubah cara lama yang kurang berhasil dalam
meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan keterampilan olahraga sepak bola.
Penelitian ini mengarahkan guru untuk bisa mengupayakan cara untuk memppermudah
siswa dalm belajar dan siswa sendiri diharapkan bisa lebih terlibat aktif dalam
proses belajar mengajar sehingga indikator-indikator keberhasilan dari
pembelajaran bisa tercapai dengan maksimal.
Penelitian
tindakan dilakukan pada siswa kelas X 1 SMA …. Adapun alasan peneliti mengambil
tempat penelitian di SMA … karena peneliti bekerja sebagai salah satu guru
Penjas di sekolah ini. Lagipula, peneliti berasumsi bahwa siswa kelas kelas X 1
SMA … dapat membantu peneliti untuk membuktikan bahwa strategi modifikasi ini
dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan keterampilan olahraga sepak
bola.
1.2 Identifikasi Masalah
Berkaitan dengan kemampuan guru dalam
melaksanakan kegiatan belajar mengajar, muncul beberapa
pertanyaan. Apakah kemampuan atau pengalaman guru dalam mengajar kurang? Apakah
strategi, metode, dan teknik yang digunakan guru pada pembelajaran bola voli selama ini kurang tepat? Apakah
alat dan media yang digunakan dalam pembelajaran sudah sesuai? Atau, apakah
alat evaluasi yang digunakan guru untuk pembelajaran kurang tepat?
1.3 Rumusan Masalah
Dalam penelitian
ini peneliti mencoba mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
1.
Apakah
strategi modifikasi dapat meningkatkan kualitas PBM sepakbola?
2.
Apakah strategi modifikasi dapat meningkatkan kemampuan
siswa dalam melakukan keterampilan olahraga sepak bola?
1.4 Batasan Masalah
Dalam penelitian ini, banyak masalah yang muncul. Oleh
sebab itu, peneliti membatasi masalah-masalah tersebut. Batasan masalah dalam
penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.
Mengukur kemampuan siswa kelas X 1 SMA … dalam melakukan
keterampilan olahraga sepak bola, dan
2.
Mendeskripsikan implementasi strategi modifikasi di
kelas X 1 SMA ….
1.5 Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:
1.
Mengidentifikasi
efektivitas strategi modifikasi untuk meningkatkan kualitas PBM sepak bola,
2.
Mengidentifikasi
efektivitas strategi modifikasi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan keterampilan olahraga sepak bola,
dan
3.
Mendeskripsikan
implementasi strategi modifikasi dalam PBM sepak bola.
1.6 Manfaat Penelitian
Ada dua manfaat dalam penelitian ini, yakni:
1.
Manfaat Teoritis
Secara umum penelitian ini diharapkan mampu memberikan
sumbangan terhadap teori pembelajaran melakukan keterampilan olahraga sepak
bola. Selanjutnya, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi dan
bahan perbandingan bagi penelitian-penelitian lain yang ada hubungannya dengan
sepak bola dan strategi modifikasi.
2. Manfaat Praktis
Dilihat dari segi praktis, ada empat manfaat yang bisa
didapat, yaitu:
Bagi penulis, penelitian ini dapat membuktikan
efektifitas strategi modifikasi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam
melakukan keterampilan olahraga sepak bola. Bagi guru, penelitian ini dapat
membuktikan bahwa strategi modifikasi dapat digunakan untuk menyelenggarakan
pembelajaran yang lebih menarik dan kreatif yang dapat menigkatkan kemampuan
siswa dalam melakukan keterampilan olahraga sepak bola. Bagi siswa, penelitian
ini memberi solusi untuk masalah yang mereka temui dalam melakukan keterampilan
olahraga sepak bola. Bagi peneliti-peneliti lain, hasil penelitian ini dapat
dijadikan bahan perbandingan dan referensi untuk penelitian selanjutnya yang
membahas tentang cara efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam
melakukan keterampilan olahraga sepak bola.
Dokumen ini dalam bentuk Microsoft
Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke
085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman
sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.
Full dokumen berisi:
1.
Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar
isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.
Bab 1 – 5
3.
Lampiran
1 : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.
Lampiran
2 : Surat Izin Penelitian
5.
Lampiran
3 : Berita Acara Seminar PTK
6.
Lampiran
4 : Daftar Nama Siswa
7.
Lampiran
5 : Daftar Hadir Siswa
8.
Lampiran
6 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.
Lampiran
7 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.
Lampiran
8 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.
Lampiran
9 : Materi Pembelajaran
12. Lampiran 10 : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13. Lampiran 11 : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14. Lampiran 12 : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15. Lampiran 13 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16. Lampiran 14 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17. Lampiran 15 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.
Lampiran
16 : Lembar Kerja Siswa Pra
Siklus
19.
Lampiran
17 : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.
Lampiran
18 : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.
Lampiran
19 : Riwayat Penulis
22.
Lampiran 20 :
Foto Kegiatan
0 comments:
Post a Comment