Thursday, September 15, 2016

UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MELAKUKAN PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN METODE DEMONSTRASI (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA KELAS X 2 SMA …)



BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang Masalah
Pendidikan Jasmani merupakan salah satu mata pelajaran yang ada di SMA. Keberadaan mata pelajaran penjas sangat penting sebagai faktor penunjang dalam   keberhasilan pendidikan secara umum karena siswa yang relative lebih sehat dapat mempelajari semua mata pelajaran (bukan hanya penjas) dengan baik sehingga mereka dapat berprestasi dan sukses di kemudian hari.
Oleh sebab itu, kurikulum yang berlaku saat ini (KTSP) mengatur fungsi dan tujuan Pendidikan Jasmani sehingga dapat mengembangkan aspek kebugaran   jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berpikir kritis, keterampilan sosial,   penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral dan pola hidup sehat. Jadi, Pendidikan Jasmani merupakan sarana untuk mendorong pertumbuhan fisik, psikis, pengetahuan, dan penalaran serta pembiasaan pola hidup sehat yang   bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik dan psikis yang seimbang.
Menurut KTSP SMA .., salah satu kompetensi yang harus dipelajari oleh siswa SMA kelas X adalah melakukan permainan bola voli. Menurut hasil observasi di lapangan, kebanyakan guru mengajarkan bola voli dengan metode konvensional dimana guru menjadi pusat pembelajaran dan member sedikit kesempatan kepada siswa untuk aktif sehingga siswa kesulitan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Padahal, penjas adalah pelajaran praktik. Oleh sebab itu, tidak semua metode pembelajaran dapat digunakan dalam mengajar penjas.
Salah satu metode yang sesuai adalah metode demonstrasi. Metode ini mempunyai karakteristik yang khas dimana guru memberi siswa model bagaimana teknik melakukan bola voli yang baik dan benar dan didemonstrasikan secara langsung di depan siswa sambil memberi penjelasan. Kegiatan ini efektif menumbuhkan pemahaman siswa terhadap konsep permainan bola voli. Dengan mendapatkan contoh  (model) yang baik, siswa meniru kemudian dipraktikkannya dalam latihan-latihan. Dalam kegiatan latihan, peneliti mengawasi kegiatan tersebut yang memungkinkan baginya untuk memberikan feedback yang dibutuhkan siswa Selain itu, siswa mendapat kesempatan luas untuk bertanya tentang hal-hal yang mereka belum pahami sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan optimal.
Atas dasar latar belakang di atas, peneliti memutuskan untuk membuat penelitian yang berjudul “Upaya Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Melakukan Permainan Bola Voli dengan Metode Demonstrasi (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X 2 SMA …) ”, yang diharapkan mampu mengubah cara lama yang kurang berhasil. Adapun alasan peneliti mengambil tempat penelitian di SMA Negeri 1 Kawali karena peneliti bekerja sebagai salah satu guru Penjas di sekolah ini. Lagipula, peneliti berasumsi bahwa siswa kelas kelas X 2 SMA … dapat membantu peneliti untuk membuktikan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan permainan bola voli. 


1.2  Identifikasi Masalah
Berkaitan dengan penelitian ini, muncul beberapa pertanyaan. Apakah kemampuan atau pengalaman guru kurang?, apakah strategi, metode, dan teknik yang digunakan guru pada pembelajaran bola voli selama ini kurang tepat?, apakah alat dan media yang digunakan dalam pembelajaran sudah lengkap?, dan apakah alat evaluasi yang digunakan guru sudah sesuai?

1.3  Rumusan Masalah
Dalam penelitian ini peneliti mencoba mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
1.      Apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan kualitas PBM bola voli?
2.      Apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan permainan bola voli?

1.4  Batasan Masalah
Dalam penelitian ini, banyak masalah yang muncul. Oleh sebab itu, peneliti membatasi masalah-masalah tersebut. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Mengukur kemampuan siswa kelas X 2 SMA … dalam melakukan permainan bola voli sebelum dan sesudah diberi tindakan dengan metode demonstrasi, dan
2.      Mendeskripsikan implementasi metode demonstrasi di kelas X 2 SMA … dalam PBM bola voli.

1.5  Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:
1.      Mengidentifikasi efektivitas metode demonstrasi untuk meningkatkan kualitas PBM bola voli,
2.      Mengidentifikasi efektivitas metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan permainan bola voli, dan
3.      Mendeskripsikan implementasi metode demonstrasi dalam PBM bola voli pada siswa kelas X 2 SMA ….

1.6  Manfaat Penelitian
Ada dua manfaat dalam penelitian ini, yakni:
1.      Manfaat Teoritis
Secara umum penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan terhadap teori pembelajaran bola voli. Kemudian, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi dan bahan perbandingan bagi penelitian-penelitian lain yang ada hubungannya dengan bola voli dan metode demonstrasi.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               
2.      Manfaat Praktis
Dilihat dari segi praktis, ada empat manfaat yang bisa didapat, yaitu:
Bagi penulis, penelitian ini dapat membuktikan efektifitas metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan permainan bola voli. Bagi guru, penelitian ini dapat membuktikan bahwa metode demonstrasi dapat digunakan untuk menyelenggarakan pembelajaran yang lebih efektif yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan permainan bola voli. Bagi siswa, penelitian ini memberi solusi untuk masalah yang mereka temui dalam melakukan keterampilan olahraga bola voli. Bagi peneliti-peneliti lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan perbandingan dan referensi untuk penelitian selanjutnya yang membahas tentang cara efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan permainan bola voli.



Dokumen ini dalam bentuk Microsoft Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke 085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.

Full dokumen berisi:
1.        Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.        Bab 1 – 5
3.        Lampiran 1            : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.        Lampiran 2            : Surat Izin Penelitian
5.        Lampiran 3            : Berita Acara Seminar PTK
6.        Lampiran 4            : Daftar Nama Siswa
7.        Lampiran 5            : Daftar Hadir Siswa
8.        Lampiran 6            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.        Lampiran 7            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.    Lampiran 8            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.    Lampiran 9            : Materi Pembelajaran
12.    Lampiran 10          : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13.    Lampiran 11          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14.    Lampiran 12          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15.    Lampiran 13          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16.    Lampiran 14          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17.    Lampiran 15          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.    Lampiran 16          : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.    Lampiran 17          : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.    Lampiran 18          : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.    Lampiran 19          : Riwayat Penulis
22.    Lampiran 20          : Foto Kegiatan



0 comments:

Post a Comment