BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Masalah
Salah
satu tujuan mata pelajaran matematika adalah agar peserta didik memahami konsep
matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau
algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah. Dalam silabus
mata pelajaran matematika untuk kelas III SD Negeri 2 Bangunsari semester genap
tahun pelajaran 2015/2016 terdapat standar
kompetensi nomor 4 ”Memahami unsur dan sifat-sifat
bangun datar sederhana”
dengan kompetensi dasar nomor 4.1 “Mengidentikasi
berbagai jenis dan besar sudut”. SK dan KD ini menurunkan indikator-indikator pembelajaran
sebagai berikut:
°
Menentukan sudut dari benda atau bangun
°
Mengenal sudut sebagai daerah yang dibatasi oleh
dua sinar
°
Mengurutkan besar sudut menurut ukurannya
°
Mengenal dan membuat jenis-jenis sudut
°
Mengenal sudut sebagai jarak putar
°
Mengetahui cara membuat sudut
Menurut data awal penelitian, proses
pembelajaran mengidentikasi berbagai jenis dan
besar sudut
di kelas III SD Negeri … dilaksanakan melalui metode konvensional dimana guru
sangat dominan. Siswa kelas III hampir tidak diberi kesempatan untuk menguatkan
pemahamannya tentang berbagai jenis dan besar sudut.
Kinerja guru seperti
di atas berdampak kurang positif pada perilaku siswa kelas III ketika mengikuti
pelajaran. Sebagian besar siswa kelas III terlihat terpaksa, pesimis, tidak bersemangat,
dan susah sekali untuk dikontrol, dan melakukan kegiatan di luar jalur
pembelajaran seperti bermain-main dengan teman. Kelas cenderung ramai, tidak
tenang. Menurut data awal dapat diketahui bahwa dari 41 orang siswa yang ada di
kelas III, hanya ≤ 25% siswa saja yang gembira dalam belajar, optimistis dalam
setiap kegiatan, semangat dalam belajar, mampu menangkap makna pembelajaran, memiliki
kreatifitas, dan mampu berdiskusi dan demonstrasi. Sedangkan pada aspek lain,
hanya 26% – 50% siswa saja yang mampu berpikir kritis, menunjukkan sikap
positif terhadap pembelajaran, dan tenang dalam belajar.
Kurang
berkualitasnya kinerja guru dan perilaku siswa kelas III ketika proses
pembelajaran berlangsung berpengaruh terhadap kualitas proses pembelajaran.
Sayangnya, hal ini mempengaruhi kemampuan siswa kelas III dalam menguasai
materi. Berdasarkan
hasil tes, kemampuan siswa kelas III dalam mengidentikasi
berbagai jenis dan besar sudut
masih sangat lemah. Bahkan,
sebagian kecil siswa tidak mampu menjawab pertanyaan yang mudah sekalipun.
Walaupun nilai sebagian kecil siswa kelas III sudah melebihi KKM, namun
sebagian besar masih mendapatkan nilai di bawah KKM. Data awal menunjukkan
bahwa dari 41 orang siswa kelas III hanya 10 orang saja yang mendapat nilai ≥
70. Sedangkan 31 orang siswa mendapat nilai di bawah KKM. Ini berarti bahwa
ketuntasan belajar hanya mencapai 24.4% saja dengan tingkat penguasaan
materi hanya sebesar 59.6%.
Berdasarkan kelemahan-kelemahan yang
teridentifikasi di pra siklus, peneliti memutuskan untuk menerapkan strategi
MURDER dalam pembelajaran mengidentikasi
berbagai jenis dan besar sudut di kelas III SD Negeri …. Kegiatan akan fokus dalam menciptakan
suasana hati siswa yang positif untuk belajar, membahas bahan pelajaran yang
tidak dimengerti bersama beberapa kelompok latihan, mengulang pembahasan bahan
pelajaran, dan mempelajari kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari. Diharapkan dengan menggunakan
langkah-langkah strategi MURDER tersebut, kemampuan siswa kelas III dapat meningkat.
Selain itu, diharapkan siswa kelas III akan terlatih untuk berpikir kritis,
lebih gembira dalam belajar, lebih optimistis, lebih positif, semangat, lebih
kreatif, tenang dalam belajar, dan mampu berdiskusi dan demonstrasi.
Berkaitan dengan fenomena di atas peneliti
tertarik melakukan sebuah penelitian. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul “upaya
meningkatkan kemampuan Mengidentikasi
berbagai jenis dan besar SUDUT SISWA kelas III SD Negeri … melalui strategi murder”.
1.2
Rumusan Masalah
Pokok permasalahan penelitian ini adalah
sebagai berikut:
1.
Apakah strategi MURDER dapat meningkatkan kemampuan mengidentikasi berbagai jenis dan besar sudut
siswa kelas III SD Negeri …?
2.
Bagaimana proses
pembelajaran mengidentikasi berbagai jenis dan
besar sudut
melalui strategi MURDER di kelas III SD Negeri …?
1.3
Tujuan
Penelitian
Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah
sebagai berikut.
1.
Untuk mengetahui
efektifitas strategi MURDER dalam meningkatkan kemampuan mengidentikasi
berbagai jenis dan besar sudut siswa kelas III SD Negeri
….
2.
Untuk mendeskripsikan
proses pembelajaran mengidentikasi
berbagai jenis dan besar sudut melalui
strategi MURDER di kelas III SD Negeri ….
1.4
Kontribusi Hasil Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat
memberikan kontribusi positif terhadap proses belajar mengajar di sekolah,
secara khusus bagi pihak-pihak di bawah ini.
1.
Bagi Lembaga SD Negeri …, hasil penelitian
ini diharapkan dapat dijadikan motivasi untuk mengembangkan dan menggunakan
strategi, model, atau metode pembelajaran yang lebih bervariasi.
2.
Bagi Peneliti, hasil penelitian ini dapat
memberikan informasi apakah strategi MURDER
dapat meningkatkan kemampuan mengidentikasi
berbagai jenis dan besar sudut siswa kelas III SD Negeri
… atau tidak. Selain itu, penelitian ini adalah pengalaman yang berharga untuk dapat diterapkan di kelas sehari-hari.
3.
Bagi siswa kelas III SD Negeri …, penelitian
ini memberikan warna dan suasana baru dalam belajar di kelas sehingga siswa kelas
III dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan sukses.
4.
Bagi guru-guru lain, hasil penelitian ini
diharapkan bisa menjadi salah satu pertimbangan guru kelas dalam menentukan
model pembelajaran yang bervariasi dalam proses belajar mengajar yang efektif.
Dokumen ini dalam bentuk Microsoft
Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui
sms ke nomor 085-294-176-789 kemudian mentransfer biaya pengiriman sebesar Rp.
50.000.
Full dokumen berisi:
1.
Bagian awal (halaman judul, halaman pengesahan, kata pengantar, daftar
isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.
Bab 1 – 5
3.
Lampiran
1 : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.
Lampiran
2 : Surat Izin Penelitian
5.
Lampiran
3 : Berita Acara Seminar PTK
6.
Lampiran
4 : Daftar Nama Siswa
7.
Lampiran
5 : Daftar Hadir Siswa
8.
Lampiran
6 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.
Lampiran
7 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.
Lampiran
8 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.
Lampiran
9 : Materi Pembelajaran
12. Lampiran 10 : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13. Lampiran 11 : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14. Lampiran 12 : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15. Lampiran 13 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16. Lampiran 14 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17. Lampiran 15 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.
Lampiran
16 : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.
Lampiran
17 : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.
Lampiran
18 : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.
Lampiran
19 : Riwayat Penulis
22.
Lampiran 20 :
Foto Kegiatan
0 comments:
Post a Comment