Thursday, October 13, 2016

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIKASI BERBAGAI JENIS DAN BESAR SUDUT SISWA KELAS III SD NEGERI … MELALUI STRATEGI MURDER



BAB I
PENDAHULUAN



1.1         Latar Belakang Masalah
Salah satu tujuan mata pelajaran matematika adalah agar peserta didik memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah. Dalam silabus mata pelajaran matematika untuk kelas III SD Negeri 2 Bangunsari semester genap tahun pelajaran 2015/2016 terdapat standar kompetensi nomor  4Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana” dengan kompetensi dasar nomor  4.1 “Mengidentikasi berbagai jenis dan besar sudut”. SK dan KD ini menurunkan indikator-indikator pembelajaran sebagai berikut:
°       Menentukan sudut dari benda atau bangun
°       Mengenal sudut sebagai daerah yang dibatasi oleh dua sinar
°       Mengurutkan besar sudut menurut ukurannya
°       Mengenal dan membuat jenis-jenis sudut
°       Mengenal sudut sebagai jarak putar
°       Mengetahui cara membuat sudut
Menurut data awal penelitian, proses pembelajaran mengidentikasi berbagai jenis dan besar sudut di kelas III SD Negeri … dilaksanakan melalui metode konvensional dimana guru sangat dominan. Siswa kelas III hampir tidak diberi kesempatan untuk menguatkan pemahamannya tentang berbagai jenis dan besar sudut.
Kinerja guru seperti di atas berdampak kurang positif pada perilaku siswa kelas III ketika mengikuti pelajaran. Sebagian besar siswa kelas III terlihat terpaksa, pesimis, tidak bersemangat, dan susah sekali untuk dikontrol, dan melakukan kegiatan di luar jalur pembelajaran seperti bermain-main dengan teman. Kelas cenderung ramai, tidak tenang. Menurut data awal dapat diketahui bahwa dari 41 orang siswa yang ada di kelas III, hanya ≤ 25% siswa saja yang gembira dalam belajar, optimistis dalam setiap kegiatan, semangat dalam belajar, mampu menangkap makna pembelajaran, memiliki kreatifitas, dan mampu berdiskusi dan demonstrasi. Sedangkan pada aspek lain, hanya 26% – 50% siswa saja yang mampu berpikir kritis, menunjukkan sikap positif terhadap pembelajaran, dan tenang dalam belajar.
Kurang berkualitasnya kinerja guru dan perilaku siswa kelas III ketika proses pembelajaran berlangsung berpengaruh terhadap kualitas proses pembelajaran. Sayangnya, hal ini mempengaruhi kemampuan siswa kelas III dalam menguasai materi. Berdasarkan hasil tes, kemampuan siswa kelas III dalam mengidentikasi berbagai jenis dan besar sudut masih sangat lemah. Bahkan, sebagian kecil siswa tidak mampu menjawab pertanyaan yang mudah sekalipun. Walaupun nilai sebagian kecil siswa kelas III sudah melebihi KKM, namun sebagian besar masih mendapatkan nilai di bawah KKM. Data awal menunjukkan bahwa dari 41 orang siswa kelas III hanya 10 orang saja yang mendapat nilai ≥ 70. Sedangkan 31 orang siswa mendapat nilai di bawah KKM. Ini berarti bahwa ketuntasan belajar hanya mencapai 24.4% saja dengan tingkat penguasaan materi hanya sebesar 59.6%.   
Berdasarkan kelemahan-kelemahan yang teridentifikasi di pra siklus, peneliti memutuskan untuk menerapkan strategi MURDER dalam pembelajaran mengidentikasi berbagai jenis dan besar sudut di kelas III SD Negeri …. Kegiatan akan fokus dalam menciptakan suasana hati siswa yang positif untuk belajar, membahas bahan pelajaran yang tidak dimengerti bersama beberapa kelompok latihan, mengulang pembahasan bahan pelajaran, dan mempelajari kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari. Diharapkan dengan menggunakan langkah-langkah strategi MURDER tersebut, kemampuan siswa kelas III dapat meningkat. Selain itu, diharapkan siswa kelas III akan terlatih untuk berpikir kritis, lebih gembira dalam belajar, lebih optimistis, lebih positif, semangat, lebih kreatif, tenang dalam belajar, dan mampu berdiskusi dan demonstrasi.
Berkaitan dengan fenomena di atas peneliti tertarik melakukan sebuah penelitian. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul “upaya meningkatkan kemampuan Mengidentikasi berbagai jenis dan besar SUDUT SISWA kelas III SD Negeri … melalui strategi murder”.
1.2         Rumusan Masalah
Pokok permasalahan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.    Apakah strategi MURDER dapat meningkatkan kemampuan mengidentikasi berbagai jenis dan besar sudut siswa kelas III SD Negeri ?
2.    Bagaimana proses pembelajaran mengidentikasi berbagai jenis dan besar sudut melalui strategi MURDER di kelas III SD Negeri ?
1.3         Tujuan Penelitian
Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah sebagai berikut.
1.    Untuk mengetahui efektifitas strategi MURDER dalam meningkatkan kemampuan mengidentikasi berbagai jenis dan besar sudut siswa kelas III SD Negeri .
2.    Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran mengidentikasi berbagai jenis dan besar sudut melalui strategi MURDER di kelas III SD Negeri .
1.4         Kontribusi Hasil Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap proses belajar mengajar di sekolah, secara khusus bagi pihak-pihak di bawah ini.
1.      Bagi Lembaga SD Negeri …, hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan motivasi untuk mengembangkan dan menggunakan strategi, model, atau metode pembelajaran yang lebih bervariasi.
2.      Bagi Peneliti, hasil penelitian ini dapat memberikan informasi apakah strategi MURDER dapat meningkatkan kemampuan mengidentikasi berbagai jenis dan besar sudut siswa kelas III SD Negeri atau tidak. Selain itu, penelitian ini adalah pengalaman yang berharga untuk dapat diterapkan di kelas sehari-hari.
3.      Bagi siswa kelas III SD Negeri …, penelitian ini memberikan warna dan suasana baru dalam belajar di kelas sehingga siswa kelas III dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan sukses.
4.      Bagi guru-guru lain, hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi salah satu pertimbangan guru kelas dalam menentukan model pembelajaran yang bervariasi dalam proses belajar mengajar yang efektif.


Dokumen ini dalam bentuk Microsoft Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke nomor 085-294-176-789 kemudian mentransfer biaya pengiriman sebesar Rp. 50.000.

Full dokumen berisi:
1.        Bagian awal (halaman judul, halaman pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.        Bab 1 – 5
3.        Lampiran 1           : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.        Lampiran 2           : Surat Izin Penelitian
5.        Lampiran 3           : Berita Acara Seminar PTK
6.        Lampiran 4           : Daftar Nama Siswa
7.        Lampiran 5           : Daftar Hadir Siswa
8.        Lampiran 6           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.        Lampiran 7           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.    Lampiran 8           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.    Lampiran 9           : Materi Pembelajaran
12.    Lampiran 10         : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13.    Lampiran 11         : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14.    Lampiran 12         : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15.    Lampiran 13         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16.    Lampiran 14         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17.    Lampiran 15         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.    Lampiran 16         : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.    Lampiran 17         : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.    Lampiran 18         : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.    Lampiran 19         : Riwayat Penulis
22.    Lampiran 20         : Foto Kegiatan

0 comments:

Post a Comment