BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Dalam silabus kurikulum 2013 untuk mata
pelajaran matematika di kelas X MIA semester kedua SMA Negeri … terdapat
kompetensi dasar nomor 3.22 yaitu “Mendeskripsikan konsep peluang suatu kejadian
menggunakan berbagai
objek nyata
dalam suatu percobaan menggunakan
frekuensi relatif.” Kompetensi dasar tersebut dapat
dijabarkan menjadi indikator-indikator sebagai tujuan pembelajaran. Beberapa di
antaranya adalah sebagai berikut:
3.22.1
3.22.2
3.22.3
|
Mendeskripsikan
konsep kemungkinan suatu kejadian
Memahami frekuensi relatif suatu hasil percobaan
Menghitung peluang suatu Kejadian
|
Setelah
mengikuti pembelajaran mendeskripsikan konsep peluang, siswa diharapkan memiliki
motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam
memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah. Selain itu, siswa
diharapkan mampu mentransformasi diri dalam berperilaku jujur, tangguh
menghadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar
matematika.
Namun,
hasil penelitian awal menyatakan bahwa kondisi pembelajaran mendeskripsikan
konsep peluang di kelas X MIA 4 SMA Negeri … masih jauh dari harapan. Kinerja
guru yang kurang maksimal berpengaruh negatif terhadap sikap dan keterampilan
siswa kelas X MIA 4 ketika mengikuti proses pembelajaran. Sebagian besar siswa
kelas X MIA 4 tidak termotivasi, kurang konsisten,
asal-asalan,
tidak percaya diri, egois, kurang tangguh, dan kurang
kritis dalam berpikir. Dari
39 siswa kelas X MIA 4, hanya sebagian kecil (≤ 25%) siswa saja yang memiliki
motivasi internal, mampu bekerjasama dengan teman, konsisten dalam belajar, percaya
diri dalam mengkomunikasikan pendapat, toleransi terhadap perbedaan strategi
berpikir dalam menyelesaikan masalah, dan tangguh menghadapi berbagai soal dan permasalahan.
Pada aspek lain, hanya 26%
– 50% siswa saja yang mampu berpikir kritis dalam menyelesaikan soal
dan permasalahan, 51%
– 75% siswa disiplin dalam setiap kegiatan pembelajaran, dan 76% - 100% siswa
sudah mampu menyelesaikan tes dengan jujur.
Kualitas
kinerja guru, sikap dan keterampilan belajar siswa yang kurang baik dalam
proses pembelajaran pra siklus menyebabkan sebagian besar siswa kelas X MIA 4
tidak dapat mencapai tujuan pembelajaran. Sebagian besar siswa kelas X MIA 4
tidak mampu mendeskripsikan konsep peluang dengan benar. Akibatnya, sebagian besar siswa kelas X MIA 4
mendapat nilai di bawah batas minimal yang telah ditentukan. Dari 39 siswa
kelas X MIA 4, hanya 3 orang siswa saja yang mendapat nilai di atas batas
minimal (≥ 75). Ini berarti bahwa ketuntasan belajar hanya 7.7%. Sedangkan
sebagian besar siswa kelas X MIA 4 mendapat nilai di bawah batas minimal
sehingga tingkat penguasaan materi menjadi sangat rendah, yaitu 61.8%.
Dari data penelitian yang terkumpul di awal penelitian
dapat disimpulkan bahwa kemampuan
siswa kelas X MIA 4 dalam mendeskprisikan
konsep peluang sangat
lemah. Materi ini kelihatannya sangat sulit dikuasai siswa kelas X MIA 4. Menurut hasil analisis, guru masih
memakai metode pembelajaran yang kurang sesuai dengan materi. Untuk mengatasi
masalah di atas, peneliti memutuskan untuk memberi tindakan pembelajaran melalui
metode yang efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas X MIA 4 dalam mendeskripsikan
konsep peluang.
Tindakan yang diambil harus mampu mengatasi kendala-kendala yang ada. Menurut
pendapat peneliti, guru perlu menggunakan metode pembelajaran yang dirancang
sedemikian rupa sehingga dapat efektif meningkatkan kemampuan siswa kelas X MIA
4 dalam mendeskripsikan konsep peluang.
Salah
satunya adalah menggunakan metode langsung. Metode
ini memiliki fase menyampaikan
tujuan dan mempersiapkan siswa, mendemonstrasikan pengetahuan atau
keterampilan, menyediakan latihan terbimbing, menganalisis pemahaman dan
memberikan umpan balik, dan memberikan kesempatan latihan mandiri. Semua fase metode langsung tersebut dipadukan dengan tahap-tahap
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan
(pendekatan scientific) yang
merupakan karakteristik kurikulum 2013 sehingga diharapkan mampu membantu siswa
dalam mendeskripsikan konsep peluang. Melalui langkah-langkah pembelajaran ini
diharapkan siswa kelas X MIA 4 dapat
memiliki motivasi internal, mampu bekerjasama,
konsisten, disiplin, percaya diri, dan toleransi terhadap perbedaan strategi
berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah. Selain
itu, pembelajaran mendeskripsikan konsep peluang melalui metode langsung
diharapkan mampu membuat siswa dapat mentransformasi diri dalam berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas
belajar matematika.
Berdasarkan latar belakang masalah di atas,
peneliti tertarik untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas yang berjudul EFEKTIFITAS METODE
LANGSUNG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN
KONSEP PELUANG SISWA KELAS X MIA 4 SMA NEGERI ….
1.2
Rumusan Masalah
Dalam
penelitian ini peneliti mencoba mencari jawaban atas pertanyaan berikut ini:
1.
Apakah metode langsung dapat meningkatkan kemampuan mendeskripsikan konsep peluang siswa kelas X MIA 4
SMA Negeri …?
2.
Bagaimanakah
proses pembelajaran mendeskripsikan
konsep peluang melalui metode langsung di kelas X MIA 4
SMA Negeri …?
1.3 Tujuan
Penelitian
Tujuan yang
ingin dicapai dalam penelitian ini, yaitu:
1.
Untuk mengetahui efektifitas metode langsung dapat meningkatkan kemampuan mendeskripsikan konsep peluang siswa kelas X MIA 4
SMA Negeri ….
2.
Untuk mendeskripsikan
proses pembelajaran proses pembelajaran mendeskripsikan
konsep peluang melalui metode langsung di kelas X MIA SMA Negeri …..
1.4 Kontribusi Hasil Penelitian
Hasil penelitian
ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi beberapa pihak di
antaranya adalah peneliti, guru-guru lain, siswa, dan peneliti lain.
°
Bagi peneliti, hasil penelitian ini dapat membuktikan
bahwa metode langsung dapat meningkatkan kemampuan mendeskripsikan konsep peluang siswa kelas X MIA 4
SMA Negeri ….
°
Bagi guru-guru lain, laporan penelitian tindakan kelas
ini menjadi bukti bahwa metode langsung dapat dipakai sebagai metode
pembelajaran matematika. Metode ini juga dapat dipakai dalam mata pelajaran
lain.
°
Bagi siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri …, hasil penelitian ini memberikan
solusi bagi masalah yang mereka hadapi dalam mendeskripsikan konsep peluang. Metode ini juga dapat dipakai untuk menguasai kompetensi lain dalam
mata pelajaran yang berbeda.
°
Bagi peneliti-peneliti lain, laporan penelitian ini
dapat digunakan sebagai bahan perbandingan dan referensi untuk penelitian-penelitian
yang membahas topik yang sama.
Dokumen ini dalam bentuk Microsoft
Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke
085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman
sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.
Full dokumen berisi:
1.
Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar
isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.
Bab 1 – 5
3.
Lampiran
1 : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.
Lampiran
2 : Surat Izin Penelitian
5.
Lampiran
3 : Berita Acara Seminar PTK
6.
Lampiran
4 : Daftar Nama Siswa
7.
Lampiran
5 : Daftar Hadir Siswa
8.
Lampiran
6 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.
Lampiran
7 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.
Lampiran
8 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.
Lampiran
9 : Materi Pembelajaran
12. Lampiran 10 : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13. Lampiran 11 : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14. Lampiran 12 : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15. Lampiran 13 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16. Lampiran 14 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17. Lampiran 15 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.
Lampiran
16 : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.
Lampiran
17 : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.
Lampiran
18 : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.
Lampiran
19 : Riwayat Penulis
22.
Lampiran 20 :
Foto Kegiatan
0 comments:
Post a Comment