BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Kemampuan yang dimiliki oleh manusia
merupakan bekal yang sangat pokok. Kemampuan ini telah berkembang selama
berabad-abad yang lalu untuk memperkaya diri dan untuk mencapai perkembangan
kebudayaan yang lebih tinggi.
Dalam silabus mata pelajaran IPA untuk
kelas I semester 2 SD Negeri … terdapat standar kompetensi nomor 4 yaitu “Mengenal berbagai
bentuk energi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari” dengan
kompetensi dasar nomor 4.2 yaitu “Mengidentifikasi
penyebab benda bergerak”.
Di akhir pembelajaran, siswa kelas I harus memiliki kemampuan memahami sumber energi pada benda bergerak dengan baik.
Selain itu, siswa
kelas I harus memiliki kemampuan mengetahui kegunaan
energi dalam kehidupan sehari hari dengan baik.
Hasil
observasi terhadap proses pembelajaran sehari-hari menunjukkan bahwa guru menjelaskan penyebab benda bergerak masih melalui metode ceramah. Guru melakukan
apersepsi, menjelaskan tujuan pembelajaran, memotivasi siswa, dan menjelaskan
materi dengan cukup baik saja. Selain itu, guru tidak melaksanakan
kegiatan-kegiatan membagi kelas kedalam kelompok-kelompok kecil,
memberikan permasalahan-permasalahan yang harus dipecahkan, membimbing siswa
dalam mencari data atau keterangan dari berbagai sumber, mengarahkan
siswa dalam menerapkan jawaban sementara dari masalah tersebut, membantu siswa
dalam menguji kebenaran jawaban sementara tersebut,
membantu siswa dalam menarik kesimpulan, memfasilitasi presentasi siswa, dan
memberikan feedback.
Kinerja guru yang kurang
maksimal menyebabkan perilaku siswa menjadi kurang positif terhadap
pembelajaran. Dari 15 orang siswa kelas I, hanya 26% – 50% siswa yang responsive
terhadap apersepsi, memahami tujuan pembelajaran, dan antusias dalam menyimak
penjelasan materi.
Kinerja guru dan perilaku siswa yang
kurang maksimal berpengaruh terhadap perolehan nilai tes siswa. Hasil analisis terhadap
hasil belajar siswa menyatakan bahwa dari 15 orang siswa yang ada di kelas I, hanya 2 orang saja yang mendapat nilai ≥ 70. Ini berarti
bahwa ketuntasan belajar hanya 13.3% saja dengan tingkat penguasaan materi 56.7%.
Dari hasil analisa terhadap
pelaksanaan pembelajaran dan hasil tes awal mengdentifikasi penyebab benda bergerak dapat
diketahui bahwa siswa kelas I SD Negeri … lemah dalam setiap indikator
pembelajaran. Selain itu, terdapat beberapa data lain yang diperoleh, yaitu:
a.
Pada pra siklus siswa masih
terlihat kurang fokus terhadap materi.
b.
Nilai siswa pada saat test
awal masih rendah, masih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM yang
ditentukan sekolah.
c.
Kegiatan pembelajan kurang
bervariasi sehingga siswa tidak termotivasi untuk belajar.
Untuk mengatasi kekurangan ini,
dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang efektif. Salah satunya adalah metode problem solving. Metode ini memungkinkan
siswa dan guru memberikan penyajian
masalah meliputi aktifitas mengingat konteks pengetahuan yang sesuai dan melakukan
identifikasi tujuan serta kondisi awal yang relevan untuk masalah yang
dihadapi, pencarian pemecahan masalah meliputi aktivitas penghalusan
(penetapan) tujuan dan pengembangan rencana tindakan untuk mencapai tujuan, dan
penerapan solusi meliputi tindakan pelaksanaan rencana tindakan dan
mengevaluasi hasilnya. Diharapkan dengan menggunakan langkah-langkah metode problem solving, kemampuan siswa kelas I
SD Negeri … dalam mengidentifikasi penyebab benda bergerak dapat meningkat.
Berkaitan dengan fenomena di
atas peneliti tertarik untuk menerapkan metode problem solving sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa
dalam mengidentifikasi
penyebab benda bergerak.
Penelitian ini akan dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan judul UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN Mengidentifikasi penyebab benda bergerak siswa kelas I SD Negeri … melalui metode problem
solving.
B.
Rumusan
Masalah
Adupun pokok permasalahan
penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.
Bagaimana proses
pembelajaran mengidentifikasi
penyebab benda bergerak
melalui
metode problem solving di kelas I SD Negeri …?
2.
Apakah metode problem solving dapat meningkatkan
kemampuan mengidentifikasi
penyebab benda bergerak
siswa
kelas I SD Negeri …?
C.
Tujuan
Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk:
1.
Mendeskripsikan proses
pembelajaran mengidentifikasi
penyebab benda bergerak
melalui
metode problem solving di kelas I SD Negeri ….
2.
Mengetahui efektifitas
metode problem solving untuk
meningkatkan kemampuan mengidentifikasi penyebab benda bergerak siswa kelas I SD Negeri ….
D. Kontribusi
Hasil Penelitian
Adapun kegunaan penelitian ini
adalah sebagai berikut:
1.
Bagi lembaga
Penerapan metode problem solving dalam penelitian ini
diharapkan dapat dijadikan motivasi untuk menerapkan model atau metode yang lebih
bervariasi dalam proses pembelajaran.
2.
Bagi pengembangan ilmu
pengetahuan
Hasil penelitian ini
diharapkan dapat menambah varian khazanah ilmu pengetahuan metode pengajaran di
sekolah dasar.
3.
Bagi peneliti
Penerapan metode problem solving dalam pembelajaran dapat
menjadikan pengalaman yang berharga untuk dapat diterapkan di dunia pendidikan
sehari-hari.
4.
Bagi siswa kelas I SD
Negeri …
Memberikan warna dan
suasana baru dalam belajar di kelas sehingga siswa merasa senang dan tidak
mudah bosan. Siswa juga termotivasi untuk menggali kreatifitas dan wawasannya
sendiri.
5.
Bagi guru
Hasil penelitian ini
diharapkan bisa menjadi salah satu pertimbangan guru kelas dalam menentukan
model pembelajaran yang bervariasi dalam proses belajar mengajar yang efektif.
Dokumen ini dalam bentuk Microsoft
Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke
085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman
sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.
Full dokumen berisi:
1.
Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar
isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.
Bab 1 – 5
3.
Lampiran
1 : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.
Lampiran
2 : Surat Izin Penelitian
5.
Lampiran
3 : Berita Acara Seminar PTK
6.
Lampiran
4 : Daftar Nama Siswa
7.
Lampiran
5 : Daftar Hadir Siswa
8.
Lampiran
6 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.
Lampiran
7 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.
Lampiran
8 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.
Lampiran
9 : Materi Pembelajaran
12. Lampiran 10 : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13. Lampiran 11 : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14. Lampiran 12 : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15. Lampiran 13 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16. Lampiran 14 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17. Lampiran 15 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.
Lampiran
16 : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.
Lampiran
17 : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.
Lampiran
18 : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.
Lampiran
19 : Riwayat Penulis
22.
Lampiran 20 :
Foto Kegiatan
0 comments:
Post a Comment