Monday, July 25, 2016

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI BUKTI-BUKTI YANG MENDUKUNG TEORI EVOLUSI SISWA KELAS XII IPA 1 SMA …



BAB I
PENDAHULUAN



A.       Latar Belakang Masalah
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berkaitan dengan cara mencari tahu (inquiry) tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya sebagai penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja, tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA di sekolah menengah diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan IPA menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar peserta didik menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk mencari tahu dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang dirinya sendiri dan alam sekitar.
Dalam silabus KTSP untuk mata pelajaran biologi di kelas XII IPA semester kedua SMA … terdapat standar kompetensi dasar nomor 4 yaitu “Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas” dengan kompetensi dasar nomor 4.1 “Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi”. SK dan KD tersebut dapat dijabarkan menjadi indikator-indikator sebagai tujuan pembelajaran. Salah satu di antaranya adalah “Mengidentifikasi bukti-bukti yang mendukung teori evolusi”.
Data awal menyebutkan bahwa proses pembelajaran mengidentifikasi bukti-bukti yang mendukung teori evolusi di kelas XII IPA 1 SMA ... masih banyak kekurangannya. Hal ini menyebabkan sebagian besar siswa kelas XII IPA 1 tidak dapat mencapai tujuan pembelajaran.
Pada pembelajaran sehari-hari, guru menggunakan metode konvensional dimana guru terlalu dominan, menjadi pusat pembelajaran. Kurang maksimalnya kinerja guru ini berdampak negatif terhadap perilaku siswa kelas XII IPA 1 ketika proses pembelajaran berlangsung. Dari 38 orang siswa yang ada di kelas XII IPA 1, hanya sebagian kecil saja (≤ 25%) yang teridentifikasi mampu berinteraksi antar siswa, kompak sebagai kelompok belajar, mengakui kesalahan bila melakukan hal yang tidak sesuai dalam pembelajaran, cepat beradaptasi terhadap suatu kondisi, memiliki rasa percaya diri yang tinggi, berpikir kritis, berani mengungkapkan gagasan, dan disiplin. Sedangkan pada aspek lain, hanya 26% – 50% saja yang mampu berpartisipasi dalam menetapkan tujuan pembelajaran, berani dalam mengambil keputusan, memiliki imajinasi tinggi, dan mempunyai motivasi untuk belajar.
Kinerja guru dan perilaku siswa yang kurang optimal berdampak buruk kepada kemampuan siswa kelas XII IPA 1 dalam mengidentifikasi bukti-bukti yang mendukung teori evolusi. Hal ini terbukti dari perolehan nilai siswa untuk tes awal yang jauh dari harapan. Dari tes di awal penelitian dapat diketahui bahwa semua siswa kelas XII IPA 1 mendapat nilai di bawah 75, tidak ada yang mendapat nilai sama dengan dan di atas KKM yang telah ditentukan. Ini berarti bahwa ketuntasan belajar 0.0% dengan tingkat penguasaan materi hanya 61.1%.
Data di atas menunjukkan kondisi awal pembelajaran mengidentifikasi bukti-bukti yang mendukung teori evolusi di kelas XII IPA 1. Data menunjukkan adanya kelemahan dalam kinerja guru, perilaku siswa kelas XII IPA 1, dan kemampuan meraka dalam mengidentifikasi bukti-bukti yang mendukung teori evolusi. Untuk mengatasi kendala tersebut, guru pengajar harus meningkatkan kinerjanya dengan memilih metode atau model pembelajaran yang efektif dan menyenangkan sehingga kualitas perilaku siswa kelas XII IPA 1 dapat meningkat menjadi lebih baik. Diharapkan dengan meningkatnya perilaku siswa ketika proses pembelajaran berlangsung dapat meningkatkan pula kemampuan mereka dalam mengidentifikasi bukti-bukti yang mendukung teori evolusi.
Salah satu model pembelajaran yang efektif dan menyenangkan adalah PAKEM. Model PAKEM memprioritaskan kegiatan pada memahami sifat siswa, mengenal peserta didik secara perorangan, memanfaatkan perilaku peserta didik dalam pengorganisasian belajar, mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif serta mampu memecahkan masalah, menciptakan ruangan kelas sebagai lingkungan belajar yang menarik, memanfaatkan lingkungan sebagai lingkungan belajar, dan memberikan umpan balik yang baik untuk meningkatkan kegiatan. Diharapkan dengan menggunakan model PAKEM ini kemampuan siswa kelas XII IPA 1 dalam mengidentifikasi bukti-bukti yang mendukung teori evolusi dapat meningkat dengan signifikan. Selain itu, model pembelajaran PAKEM diharapkan dapat meningkatkan partisipasi siswa, menjalin interaksi antar siswa, melatih kekompakan, melatih keberanian, imajinasi, adaptasi, kepercayaan diri, motivasi, kemampuan berpikir kritis, dan kedisiplinan.
Berkaitan dengan fenomena di atas peneliti tertarik untuk melaksanakan sebuah penelitian tindakan kelas dengan judul PENERAPAN model pembelajaran PAKEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN mengidentifikasi Bukti-Bukti yang Mendukung Teori Evolusi SISWA kelas XII IPA 1 SMA …
B.        Rumusan Masalah
Pokok permasalahan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.    Bagaimanakah proses pembelajaran mengidentifikasi bukti-bukti yang mendukung teori evolusi melalui model PAKEM di kelas XII IPA 1 SMA ?
2.    Apakah model PAKEM dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi bukti-bukti yang mendukung teori evolusi siswa kelas XII IPA 1 SMA ?
C.        Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk:
1.        Mendeskripsikan proses pembelajaran mengidentifikasi bukti-bukti yang mendukung teori evolusi melalui model PAKEM di kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Kawali tahun pelajaran 2014/2015.
2.        Mengetahui efektivitas model PAKEM untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi bukti-bukti yang mendukung teori evolusi siswa kelas XII IPA 1 SMA .
D.      Kontribusi Hasil Penelitian
1.      Bagi peneliti
Hasil penelitian ini membuktikan apakah model PAKEM dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi bukti-bukti yang mendukung teori evolusi siswa kelas XII IPA 1 SMA atau tidak. Dengan menerapkan model PAKEM ini, peneliti dapat menjadikan pengalaman yang berharga untuk dapat diterapkan pada kegiatan mengajar sehari-hari.
2.      Bagi lembaga SMA …
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan motivasi untuk menggunakan model atau metode pembelajaran yang lebih bervariasi.
3.      Bagi pengembangan ilmu pengetahuan
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah varian khazanah ilmu pengetahuan metode pengajaran.
4.      Bagi peneliti lain
Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi dalam melaksanakan penelitian seputar proses belajar mengajar di sekolah, khususnya tentang topik yang sama, yaitu penerapan model PAKEM di kelas serta tentang bukti-bukti yang mendukung teori evolusi.
5.      Bagi siswa kelas XII IPA 1 SMA …
Hasil penelitian ini memberi gagasan tentang suatu teknik/ model belajar yang efektif dan menyenangkan yang dapat dipakai oleh siswa dalam proses belajar sehari-hari. Pembelajaran PAKEM memberikan warna dan suasana baru di kelas sehingga siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan sukses.
6.      Bagi guru
Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi salah satu pertimbangan guru dalam menentukan model pembelajaran yang bervariasi dalam proses belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan.


Dokumen ini dalam bentuk Microsoft Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke 085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.

Full dokumen berisi:
1.        Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.        Bab 1 – 5
3.        Lampiran 1           : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.        Lampiran 2           : Surat Izin Penelitian
5.        Lampiran 3           : Berita Acara Seminar PTK
6.        Lampiran 4           : Daftar Nama Siswa
7.        Lampiran 5           : Daftar Hadir Siswa
8.        Lampiran 6           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.        Lampiran 7           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.    Lampiran 8           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.    Lampiran 9           : Materi Pembelajaran
12.    Lampiran 10         : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13.    Lampiran 11         : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14.    Lampiran 12         : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15.    Lampiran 13         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16.    Lampiran 14         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17.    Lampiran 15         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.    Lampiran 16         : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.    Lampiran 17         : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.    Lampiran 18         : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.    Lampiran 19         : Riwayat Penulis
22.    Lampiran 20         : Foto Kegiatan

Related Posts:

0 comments:

Post a Comment