Wednesday, August 24, 2016

UPAYA PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA BARU DALAM BERDAPTASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN LAYANAN ORIENTASI (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA KELAS X 3 SMA …)



BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang Masalah
 Beradaptasi di lingkungan yang baru adalah kendala yang cukup berat bagi kebanyakan orang. Hanya sedikit dari mereka yang mampu berbaur secara cepat di lingkungan yang baru tersebut tanpa menemui kendala apapun. Hal ini terjadi pula pada setiap siswa ketika mereka memasuki sekolah yang baru. Memasuki sekolah baru dapat diartikan sama dengan mengikuti aturan baru, teman baru, mata pelajaran baru, guru baru, udara baru, lokasi baru, ruang kelas baru, kamar kecil baru, dan sebagainya. Untuk dapat menjalankan aktivitas di lingkungan baru ini, seorang siswa baru perlu memiliki tingkat kepercayaan diri tinggi sehingga semua kendala yang muncul dalam proses adaptasi ini dapat terpecahkan dengan baik.
Untuk mempercepat proses adaptasi ini, bimbingan dan konseling di SMA Negeri …  mengadakan pekan orientasi untuk siswa baru. Namun, tidak semua informasi tentang lingkungan sekolah dapat disampaikan pada kegiatan ini dengan detail. Maka dari itu, keberadaan bimbingan pribadi bagi siswa baru mutlak diperlukan agar proses adaptasi mereka dapat berjalan dengan mulus. Karena jika siswa tidak dapat beradaptasi dengan cepat, maka akan mengganggu psikologi mereka ketika belajar secara umum.      
Selain aspek informasi, salah satu aspek yang berpengaruh terhadap kemampuan beradaptasi siswa baru adalah tingkat kepercayaan diri. Seorang siswa baru yang mempunyai kepercayaan diri tinggi akan relatif lebih mudah dalam beradaptasi di lingkungan sekolah. Namun, pada hakekatnya rasa percaya diri siswa baru ini tidak muncul begitu saja. Status sosial dan ekonomi keluarga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepercayaan diri seorang siswa baru atau pun siswa lama. Walaupun begitu, kepercayaan diri dapat ditingkatkan dengan adanya bimbingan yang intensif, efektif, dan efesien dengan cara memberi pemahaman kepada mereka sehingga mereka dapat memperbaiki diri dengan memiliki kepercayaan diri yang tinggi.
Menurut hasil analisa terhadap siswa kelas X 3 SMA … tahun ajaran …, sebanyak 62,5% siswa baru ini mempunyai kepercayaan diri yang rendah. Hal ini mengakibatkan proses adaptasi yang mereka laksanakan berjalan dengan lambat. Oleh karena itu, diperlukan sebuah layanan yang dapat membantu mereka meningkatkan kepercayaan dirinya sehingga proses adaptasi yang mereka laksanakan dapat berjalan dengan cepat. Dengan ini diharapkan, siswa baru dapat segera merasakan kenyamanan dalam belajar sehingga proses belajar mengajar pun dapat berjalan dengan efektif dan efesien sesuai dengan harapan.
Salah satu bentuk layanan yang mungkin dilaksanakan bagi siswa baru adalah layanan orientasi. Layanan ini dapat dilaksanakan setidaknya dua kali dalam setahun, di awal semester. Adapun tujuan umumnya adalah untuk membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah. Dalam konteks siswa baru, layanan orientasi dapat dilaksanakan dalam rangka membantu siswa baru meningkatkan kepercayaan dirinya menjalani proses adaptasi. Jika proses adaptasi ini dapat dilaksanakan dengan cepat, maka siswa baru dapat merasa nyaman dalam belajar. Dalam jangka panjang, hal ini dapat berpengaruh terhadap hasil belajar yang akan mereka raih.
Berangkat dari uraian di atas, peneliti melaksakanan penelitian tindakan kelas dengan judul Upaya Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Baru dalam Berdaptasi di Lingkungan Sekolah dengan Layanan Orientasi (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X 3 SMA …). Adapun tempat penelitian ini dilaksanakan di SMA … karena peneliti adalah salah seorang guru bimbingan dan konseling di sekolah ini dan mendapat tugas untuk membimbing kelas X 3.

1.2  Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penulis mengidentifikasi beberapa masalah yang muncul di lingkungan sekolah yang dialami oleh siswa baru. Permasalahan-permasalahan yang mucul berdasarkan latarbelakang di atas antara lain:
1.      Masih banyak siswa baru yang mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri di lingkungan sekolah baru.
2.      Hampir sebagian siswa baru memiliki kepercayaan diri yang rendah dalam mengatasi berbagai kendala dalam proses adaptasi.

1.3  Rumusan Masalah
Dalam penelitian ini peneliti mencoba mencari jawaban atas pertanyaan “Apakah layanan orientasi dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa baru dalam beradaptasi di lingkungan sekolah?”

1.4  Batasan Masalah
Dalam penelitian ini, banyak sekali masalah muncul yang tidak ada kaitannya dengan topik penelitian ini secara langsung. Oleh sebab itu, peneliti membatasi masalah-masalah tersebut dengan hanya membahas beberapa hal di bawah ini:
1.      Efektivitas layanan orientasi untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa baru dalam beradaptasi di lingkungan sekolah.
2.      Kepercayaan diri siswa kelas X 3 SMA … dalam beradaptasi di lingkungan sekolah, dan
3.      Implementasi layanan orientasi dalam bimbingan pribadi untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X 3 SMA …..

1.5  Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:
1.      Mengidentifikasi efektivitas layanan orientasi untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X 3 dalam beradaptasi di lingkungan sekolah.
2.      Mengukur keprcayaan diri siswa kelas X 3 SMA … dalam beradaptasi, dan
3.      Mendeskripsikan pelaksanaan layanan orientasi dalam bimbingan pribadi untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X 3 SMA … dalam beradaptasi di lingkungan sekolah.



1.6  Manfaat Penelitian
Ada dua manfaat dalam penelitian ini, yakni:
1.      Manfaat Teoritis
Secara umum penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan pemikiran terhadap teori bimbingan dan konseling khususnya bimbingan pribadi. Selanjutnya, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi dan bahan perbandingan bagi penelitian-penelitian lain yang ada hubungannya dengan topik penelitian ini.
2.      Manfaat Praktis
°       Bagi penulis, penelitian ini dapat membuktikan efektifitas layanan orientasi untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa baru dalam beradaptasi.
°       Bagi guru, penelitian ini dapat membuktikan bahwa layanan orientasi dapat digunakan untuk menyelenggarakan bimbingan pribadi yang efektif sehingga dapat menigkatkan kepercayaan diri siswa baru dalam beradaptasi di lingkungan sekolah yang baru.
°       Bagi siswa baru, penelitian ini memberi solusi untuk masalah-masalah yang mereka temui dalam proses adaptasi di lingkungan sekolah yang baru.
°       Bagi peneliti-peneliti lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan perbandingan dan referensi untuk penelitian selanjutnya yang ada kaitannya dengan topik penelitian ini.




Dokumen ini dalam bentuk Microsoft Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke 085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.

Full dokumen berisi:
1.        Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.        Bab 1 – 5
3.        Lampiran 1            : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.        Lampiran 2            : Surat Izin Penelitian
5.        Lampiran 3            : Berita Acara Seminar PTK
6.        Lampiran 4            : Daftar Nama Siswa
7.        Lampiran 5            : Daftar Hadir Siswa
8.        Lampiran 6            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.        Lampiran 7            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.    Lampiran 8            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.    Lampiran 9            : Materi Pembelajaran
12.    Lampiran 10          : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13.    Lampiran 11          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14.    Lampiran 12          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15.    Lampiran 13          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16.    Lampiran 14          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17.    Lampiran 15          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.    Lampiran 16          : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.    Lampiran 17          : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.    Lampiran 18          : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.    Lampiran 19          : Riwayat Penulis
22.    Lampiran 20          : Foto Kegiatan



Related Posts:

0 comments:

Post a Comment