Thursday, September 15, 2016

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEVALUASI KONTRIBUSI BANGSA INDONESIA DALAM PERDAMAIAN DUNIA SISWA KELAS XII IPS 1 SMA ... TAHUN PELAJARAN 2013/2014



BAB I
PENDAHULUAN


A.      Latar Belakang Masalah
Sejarah Indonesia adalah mata pelajaran yang membekali peserta didik dengan pengetahuan tentang dimensi ruang-waktu perjalanan sejarah Indonesia, keterampilan dalam menyajikan pengetahuan yang dikuasainya secara konkret dan abstrak, serta sikap menghargai jasa para pahlawan yang telah meletakkan pondasi bangunan negara Indonesia beserta segala bentuk warisan sejarah, baik benda maupun tak benda. Sehingga terbentuk pola pikir peserta didik yang sadar sejarah.
Dalam silabus Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Sejarah Indonesia untuk kelas XII IPS SMA ... semester 2 tahun pelajaran 2013/2014 terdapat kompetensi dasar nomor 3.8, yaitu ”Mengevaluasi  kontribusi  bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia diantaranya; ASEAN, Non-Blok dan misi Garuda”. Kompetensi dasar ini menurunkan indikator-indikator pembelajaran sebagai berikut:
°       Memahami sejarah pembentukan ASEAN
°       Mengetahui sejarah gerakan Non-Blok
°       Menganalisis misi pemeliharaan perdamaian Garuda
Siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Ciamis tahun pelajaran 2013/2014 mengalami kesulitan dalam menguasai kompetensi ini. Menurut hasil observasi terhadap kinerja guru pada kondisi awal menyatakan bahwa guru menggunakan metode konvensional dimana guru menjadi pusat pembelajaran. Guru tidak memberikan waktu untuk menanggulangi masalah pribadi siswa kelas XII IPS 1, tidak memfasilitasi kerja kelompok, dan tidak memfasilitasi diskusi dengan baik. Seharusnya, guru dapat memberikan kebebasan untuk menyampaikan pendapat, memberikan tugas kelompok, dan memberikan bimbingan dengan baik. Namun, fakta di lapangan menyatakan bahwa guru tidak memanfaatkan lingkungan di sekitar siswa, tidak menyediakan ‘pojok baca’, tidak mendorong siswa dalam pemecahan suatu masalah, sehingga siswa kelas XII IPS 1 tidak mampu berpikir kritis.
Kurang maksimalnya kinerja guru ini berdampak negatif terhadap keterampilan belajar siswa kelas XII IPS 1. Hasil observasi menyatakan bahwa perilaku siswa kurang positif terhadap pembelajaran. Dari 30 orang siswa yang ada di kelas XII IPS 1, hanya sebagian kecil saja (±25%) yang mampu berinteraksi antar siswa, kompak sebagai kelompok belajar, mengakui kesalahan bila melakukan hal yang tidak sesuai dalam pembelajaran, cepat beradaptasi terhadap suatu kondisi, memiliki rasa percaya diri yang tinggi, berpikir kritis, berani mengungkapkan gagasan, dan disiplin. Dan hanya 26% – 50% saja yang mampu berpartisipasi dalam menetapkan tujuan pembelajaran, berani dalam mengambil keputusan, memiliki imajinasi tinggi, dan mempunyai motivasi untuk belajar.
Kinerja guru dan keterampilan belajar siswa yang kurang baik berdampak kepada kemampuan siswa kelas XII IPS 1 dalam mengevaluasi kontribusi bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia. Hal ini terbukti dari perolehan nilai siswa. Sebagian besar siswa mendapat nilai di bawah batas minimal yang telah ditentukan. Dari 30 siswa kelas XII IPS 1, hanya 4 orang saja yang mendapat nilai sama dengan dan di atas batas minimal. Ini berarti bahwa ketuntasan belajar hanya 13.3% dengan penguasaan materi 70.5%.
Data kondisi awal pembelajaran mengevaluasi kontribusi bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia di kelas XII IPS 1 menunjukkan kondisi awal yang sangat memprihatinkan. Data menunjukkan adanya kelemahan dalam pembelajaran ini. Untuk mengatasi kendala tersebut, peneliti dan observer berpikir bahwa guru pengajar harus meningkatkan kinerjanya dengan memilih metode atau model pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan materi sehingga keterampilan belajar siswa kelas XII IPS 1 dan kemampuan mereka dalam mengevaluasi kontribusi bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia dapat meningkat dengan signifikan.
Salah satu model yang sesuai dengan materi ini adalah PAKEM. Model pembelajaran PAKEM memprioritaskan kegiatan pada memahami sifat siswa, mengenal peserta didik secara perorangan, memanfaatkan perilaku peserta didik dalam pengorganisasian belajar, mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif serta mampu memecahkan masalah, menciptakan ruangan kelas sebagai lingkungan belajar yang menarik, memanfaatkan lingkungan sebagai lingkungan belajar, dan memberikan umpan balik yang baik untuk meningkatkan kegiatan. Diharapkan dengan menggunakan model PAKEM ini kemampuan siswa kelas XII IPS 1 dalam mengevaluasi kontribusi bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia dapat meningkat dengan signifikan.
Berkaitan dengan fenomena di atas peneliti tertarik untuk melaksanakan sebuah penelitian tindakan kelas dengan judul PENERAPAN model pembelajaran PAKEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEVALUASI KONTRIBUSI BANGSA Indonesia dalam perdamaian dunia SISWA kelas XII IPS 1 SMA ... tahun pelajaran 2013/2014.




Dokumen ini dalam bentuk Microsoft Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui alamat email indrafirmansah789@gmail.com kemudian mentransfer biaya pengiriman sebesar Rp. 50.000.

Full dokumen berisi:
1.        Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.        Bab 1 – 5
3.        Lampiran 1            : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.        Lampiran 2            : Surat Izin Penelitian
5.        Lampiran 3            : Berita Acara Seminar PTK
6.        Lampiran 4            : Daftar Nama Siswa
7.        Lampiran 5            : Daftar Hadir Siswa
8.        Lampiran 6            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.        Lampiran 7            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.    Lampiran 8            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.    Lampiran 9            : Materi Pembelajaran
12.    Lampiran 10          : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13.    Lampiran 11          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14.    Lampiran 12          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15.    Lampiran 13          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16.    Lampiran 14          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17.    Lampiran 15          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.    Lampiran 16          : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.    Lampiran 17          : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.    Lampiran 18          : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.    Lampiran 19          : Riwayat Penulis
22.    Lampiran 20          : Foto Kegiatan



0 comments:

Post a Comment