BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Mata Pelajaran IPA di SD/MI bertujuan
agar peserta didik memiliki kemampuan mengembangkan keterampilan proses untuk
menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan. Dalam
silabus mata pelajaran IPA untuk kelas III SD Negeri … terdapat standar kompetensi nomor 4, yaitu ”Memahami
berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber energi” dengan
kompetensi dasar nomor 4.3 “Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya”. SK dan KD ini menurunkan indikator-indikator
pembelajaran sebagai berikut:
°
Mengetahui macam-macam sumber energi
°
Memahami tujuan penggunaan energi
Data awal penelitian terkait proses
pembelajaran mengidentifikasi
sumber energi dan kegunaannya di kelas III SD Negeri ... menyatakan bahwa guru masih menggunakan metode konvensional
dimana guru sebagai pusat pembelajaran. Materi mengidentifikasi sumber energi dan
kegunaannya disampaikan dengan menggunakan metode ceramah yang monoton dan
membosankan. Guru hanya memberikan sedikit kesempatan kepada siswa untuk
menguatkan pengetahuan mereka tentang materi.
Kurangnya kualitas kinerja guru di atas mengakibatkan
siswa kelas III berperilaku kurang positif ketika pembelajaran berlangsung.
Ketika pembelajaran berlangsung, beberapa siswa asyik dengan kegiatannya
sendiri yang tidak ada kaitannya dengan apa yang disampaikan guru. Sebagian
yang lain terlihat bermain-main dengan temannya tanpa memperdulikan apa yang
disampaikan oleh guru pengajar. Dari 37 siswa yang ada di kelas III,
hanya ≤ 25% saja yang berpartisipasi
aktif dalam setiap tugas-tugas dalam kegiatan pembelajaran, saling
membantu dalam menyelesaikan tugas, memiliki motivasi yang besar terhadap pembelajaran, memiliki
rasa percaya diri, mampu bekerjasama
dengan baik, memiliki kepekaan dan kesetiakawanan sosial, mampu melakukan
penyesuaian sosial, memiliki
rasa saling percaya kepada sesama, mampu memandang
masalah dan situasi dari berbagai perspektif, bersedia menggunakan ide orang
lain yang dirasakan lebih baik, mau berteman tanpa memandang perbedaan,
memiliki rasa tanggungjawab individual, dan melakukan interaksi antar anggota
secara langsung.
Kualitas kinerja
guru dan perilaku siswa kelas III yang masih kurang baik mengakibatkan siswa
kelas III tidak dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan maksimal. Dari hasil
tes pra siklus dapat diketahui bahwa sebagian besar siswa kelas III mendapat
nilai di bawah KKM (di bawah 70). Sebagian besar dari mereka belum mampu mengidentifikasi
sumber energi dan kegunaannya dengan
baik.
Dari 37 orang siswa yang ada di kelas III,
hanya 12 orang saja yang mendapat nilai di atas batas KKM. Sedangkan jumlah
siswa yang mendapat nilai kurang dari batas KKM adalah 25 orang siswa. Ini
berarti bahwa dari tes pra siklus didapatkan hasil yang tidak memuaskan, tampak
bahwa ketuntasan belajar hanya mencapai 32.4% dengan tingkat penguasaan materi
hanya sebesar 60.0%.
Data awal
penelitian memberikan informasi tentang kendala-kendala yang dirasakan oleh
siswa kelas III selama belajar. Selain metode pembelajaran
yang tidak sesuai, materi mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya cukup luas cakupannya sehingga siswa tidak
dapat menguasai semua materi ajar dengan baik. Dari data-data tersebut peneliti menyimpulkan bahwa menguasai
kompetensi mengidentifikasi
sumber energi dan kegunaannya adalah pekerjaan yang sulit bagi siswa kelas III. Untuk dapat mamahami
materi ini, siswa memerlukan metode pembelajaran yang sesuai dan alokasi waktu
yang cukup lama.
Kemudian, peneliti dibantu kedua orang
observer berusaha mencari solusi untuk bagaimana supaya siswa kelas III mampu mengidentifikasi
sumber energi dan kegunaannya dengan
baik. Peneliti
memutuskan untuk memakai metode kooperatif. Dengan memakai metode ini, guru dapat menyusun bahan ajar yang
lengkap, menjelaskannya kepada siswa secara detail, membentuk kelompok kecil
beranggotakan 3-4 orang, dan menyusun tugas-tugas untuk setiap kelompok siswa.
Selain itu, guru juga harus hadir setiap saat ketika siswa-siswa mengalami
kesulitan untuk memberi bantuan (scaffolding)
dan feedback. Dengan menggunakan
metode kooperatif, diharapkan siswa kelas III dapat meningkatkan kemampuannya
dalam mengidentifikasi
sumber energi dan kegunaannya. Selain itu, siswa kelas III dapat berpartisipasi aktif, saling
membantu, memiliki
motivasi, percaya diri, mampu
bekerjasama, peka dan setia kawan, mampu melakukan
penyesuaian sosial, saling percaya, mampu memandang masalah dan situasi dari
berbagai perspektif, bersedia menggunakan ide orang lain yang dirasakan lebih
baik, mau berteman tanpa memandang perbedaan, tanggungjawab,
dan mampu melakukan interaksi antar anggota secara langsung.
Atas dasar
latar belakang di atas, peneliti melaksanakan penelitian yang berjudul UPaya meningkatkan kemampuan Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya siswa kelas III SD Negeri … melalui metode kooperatif, yang diharapkan mampu mengubah cara
lama yang kurang berhasil. Penelitian ini mengarahkan siswa kelas III untuk
lebih berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan maksimal.
1.2 Rumusan Masalah
Dalam penelitian ini peneliti mencoba mencari jawaban atas dua
pertanyaan di bawah ini:
1. Apakah metode
kooperatif efektif meningkatkan kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya siswa
kelas III SD Negeri …?
2. Bagaimanakah proses
pembelajaran mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya melalui metode kooperatif di kelas III SD Negeri …?
1.3
Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.
Untuk mengetahui efektifitas metode kooperatif untuk meningkatkan kemampuan
mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya siswa kelas III SD Negeri
….
2.
Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya di kelas III SD Negeri ….
1.4
Kontribusi Hasil Penelitian
Hasil
penelitian ini diharapkan dapat memberikan konstribusi positif terhadap
perkembangan pendidikan. Adapun kegunaan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Bagi peneliti, hasil penelitian ini
dapat dipakai untuk mengetahui efektifitas metode kooperatif dalam meningkatkan kemampuan
mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya siswa kelas III SD Negeri
...
2. Bagi guru-guru wali kelas III, hasil penelitian tindakan kelas
ini menjadi bukti bahwa metode kooperatif dapat digunakan untuk
menyelenggarakan pembelajaran yang lebih berkualitas
dan efektif.
3. Adapun
bagi siswa kelas III SD Negeri …, hasil penelitian ini
memberikan solusi alternatif bagi masalah yang mereka hadapi dalam belajar
khususnya dalam mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya. Mereka dapat aktif bersama temannya dalam
kegiatan-kegiatan belajar yang menjunjung nilai-nilai kerjasama.
4. Bagi peneliti-peneliti lain, laporan penelitian ini dapat digunakan
sebagai bahan perbandingan dan referensi penelitian-penelitian di
masa mendatang yang menyangkut mata pelajaran IPA, kelas bawah, dan metode
kooperatif.
Dokumen ini dalam bentuk Microsoft
Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui
sms ke nomor 085-294-176-789 kemudian mentransfer biaya pengiriman sebesar Rp.
50.000.
Full dokumen berisi:
1.
Bagian awal (halaman judul, halaman pengesahan, kata pengantar, daftar
isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.
Bab 1 – 5
3.
Lampiran
1 : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.
Lampiran
2 : Surat Izin Penelitian
5.
Lampiran
3 : Berita Acara Seminar PTK
6.
Lampiran
4 : Daftar Nama Siswa
7.
Lampiran
5 : Daftar Hadir Siswa
8.
Lampiran
6 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.
Lampiran
7 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.
Lampiran
8 : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.
Lampiran
9 : Materi Pembelajaran
12. Lampiran 10 : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13. Lampiran 11 : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14. Lampiran 12 : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15. Lampiran 13 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16. Lampiran 14 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17. Lampiran 15 : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.
Lampiran
16 : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.
Lampiran
17 : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.
Lampiran
18 : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.
Lampiran
19 : Riwayat Penulis
22.
Lampiran 20 :
Foto Kegiatan
0 comments:
Post a Comment