Monday, March 28, 2016

EFEKTIFITAS METODE QUANTUM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENERAPKAN ATURAN PERPANGKATAN SISWA KELAS X MIA 5 SMA NEGERI …



BAB I
PENDAHULUAN


1.1    Latar Belakang Masalah
Matematika adalah bahasa universal untuk menyajikan gagasan atau pengetahuan secara formal dan presisi sehingga tidak memungkinkan terjadinya multi tafsir. Permasalahan terkait gagasan dan pengetahuan yang disampaikan secara matematis akan dapat diselesaikan dengan prosedur formal matematika yang langkahnya sangat presisi dan tidak terbantahkan. Karenanya matematika berperan sebagai alat komunikasi formal paling efisien. Perlu kemampuan berpikir kritis-kreatif untuk menggunakan matematika.
Banyak masalah pembelajaran matematika yang terjadi di sekolah. Seperti halnya menerapkan aturan perpangkatan siswa kelas X MIA 5 SMA Negeri …. Menurut data awal penelitian, kondisi awal pembelajaran menerapkan aturan perpangkatan di kelas X MIA 5 yang meliputi kinerja guru, sikap dan keterampilan siswa, serta kemampuan siswa kelas X MIA 5 masih jauh dari harapan. Kinerja guru yang kurang maksimal berpengaruh terhadap sikap dan keterampilan siswa kelas X MIA 5 ketika proses pembelajaran berlangsung. Dari 39 siswa kelas X MIA 5, hanya sebagian kecil (≤ 25%) siswa saja yang memperlihatkan motivasi dan minat untuk belajar, memiliki rasa kebersamaan, mengerjakan tugas-tugas dengan antusias, mampu menjalin kerjasama yang harmonis dengan teman, dan mengikuti pembelajaran dengan gembira. Sedangkan pada aspek berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran, memiliki rasa percaya diri yang tinggi, dan mampu mengekspresikan ide/gagasan/pendapat hanya 26% – 50% siswa saja.
Kualitas kinerja guru, sikap dan keterampilan belajar siswa kelas X MIA 5 yang kurang maksimal dalam proses pembelajaran menyebabkan sebagian besar siswa kelas X MIA 5 tidak dapat mencapai tujuan pembelajaran. Sebagian besar siswa kelas X MIA 5 tidak mampu menerapkan aturan perpangkatan dengan benar. Akibatnya, sebagian besar siswa kelas X MIA 5 mendapat nilai di bawah batas minimal yang telah ditentukan. Dari hasil analisis terhadap nilai tes awal dapat diketahui bahwa dari 39 siswa kelas X MIA 5, hanya 7 orang siswa saja yang mendapat nilai di atas batas minimal. Ini berarti bahwa ketuntasan belajar hanya 17.9%. Sedangkan sebagian besar siswa kelas X MIA 5 mendapat nilai di bawah batas minimal sehingga nilai rata-rata kelas menjadi sangat rendah, yaitu 62.3.
Dari data awal ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas X MIA 5 dalam menerapkan aturan perpangkatan sangat lemah. Materi ini kelihatannya sangat sulit dikuasai siswa kelas X MIA 5. Menurut hasil analisis, kekurangan pada kinerja guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, termasuk dalam memilih metode pembelajaran, menyebabkan sikap dan keterampilan siswa kelas X MIA 5 ketika proses pembelajaran berlangsung menjadi kurang positif sehingga sebagian besar dari mereka mendapat nilai yang rendah.
Untuk mengatasi masalah di atas, perlu adanya tindakan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas X MIA 5 dalam menerapkan aturan perpangkatan. Tindakan yang diambil harus mampu mengatasi kendala-kendala yang ada dan dapat mempermudah siswa dalam belajar.
Salah satu metode pembelajaran terbaru adalah metode quantum. Metode ini memiliki langkah-langkah tumbuhkan, alami, namai, demonstrasikan, ulangi, dan rayakan. Semua langkah-langkah pembelajaran metode quantum di atas dipadukan dengan tahap-tahap mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan (pendekatan scientific) yang merupakan karakteristik kurikulum 2013 sehingga diharapkan mampu mengorkestrasi kesuksesan belajar siswa. Langkah-langkah pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi siswa, mengubah keadaan, meningkatkan motivasi dan minat belajar, meningkatkan daya ingat, meningkatkan rasa kebersamaan, dan meningkatkan daya dengar. Diharapkan, dengan menggunakan metode quantum, kemampuan siswa kelas X MIA 5 dalam menerapkan aturan perpangkatan dapat meningkat dengan signifikan.
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, peneliti tertarik untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas yang berjudul EFEKTIFITAS METODE QUANTUM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN menerapkan aturan perpangkatan SISWA KELAS X MIA 5 SMA NEGERI ….
1.2    Rumusan Masalah
Dalam penelitian ini peneliti mencoba mencari jawaban atas pertanyaan berikut ini:
1.    Apakah metode quantum dapat meningkatkan kemampuan menerapkan aturan perpangkatan siswa kelas X MIA 5 SMA Negeri ?
2.    Bagaimanakah proses pembelajaran menerapkan aturan perpangkatan melalui metode quantum di kelas X MIA 5 SMA Negeri ….?
1.3    Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, yaitu:
1.    Untuk mengetahui efektifitas metode quantum untuk meningkatkan kemampuan menerapkan aturan perpangkatan siswa kelas X MIA 5 SMA Negeri .
2.    Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menerapkan aturan perpangkatan melalui metode quantum di kelas X MIA 5 SMA Negeri .
1.4    Kontribusi Hasil Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi beberapa pihak di antaranya adalah peneliti, guru-guru lain, siswa, dan peneliti lain.
°       Bagi peneliti, hasil penelitian ini dapat dipakai untuk mengetahui efektifitas metode quantum untuk meningkatkan kemampuan menerapkan aturan perpangkatan siswa kelas X MIA 5 SMA Negeri .
°       Bagi guru-guru lain, laporan penelitian tindakan kelas ini menjadi bukti bahwa metode quantum dapat dipakai sebagai metode pembelajaran matematika khususnya pembelajaran menerapkan aturan perpangkatan. Metode ini juga dapat dipakai dalam mata pelajaran lain.
°       Bagi siswa kelas  MIA 5 SMA Negeri …., hasil penelitian ini memberikan solusi bagi masalah yang mereka hadapi dalam menguasai kompetensi menerapkan aturan perpangkatan. Metode ini juga dapat dipakai untuk menguasai kompetensi lain dalam mata pelajaran yang berbeda.
°       Bagi peneliti-peneliti lain, laporan penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan perbandingan dan referensi untuk penelitian-penelitian yang membahas topik yang sama.

Dokumen ini dalam bentuk Microsoft Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke 085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.

Full dokumen berisi:
1.        Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.        Bab 1 – 5
3.        Lampiran 1           : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.        Lampiran 2           : Surat Izin Penelitian
5.        Lampiran 3           : Berita Acara Seminar PTK
6.        Lampiran 4           : Daftar Nama Siswa
7.        Lampiran 5           : Daftar Hadir Siswa
8.        Lampiran 6           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.        Lampiran 7           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.    Lampiran 8           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.    Lampiran 9           : Materi Pembelajaran
12.    Lampiran 10         : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13.    Lampiran 11         : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14.    Lampiran 12         : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15.    Lampiran 13         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16.    Lampiran 14         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17.    Lampiran 15         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.    Lampiran 16         : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.    Lampiran 17         : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.    Lampiran 18         : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.    Lampiran 19         : Riwayat Penulis
22.    Lampiran 20         : Foto Kegiatan


Related Posts:

0 comments:

Post a Comment