Monday, March 28, 2016

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAKUKAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN SAMPAI 20 SISWA KELAS I SD NEGERI … MELALUI METODE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT)



BAB I
PENDAHULUAN


A.      Latar Belakang Masalah
Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang dan matematika diskrit. Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini.
Standar kompetensi dan kompetensi dasar matematika di sekolah dasar disusun sebagai landasan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan tersebut di atas. Selain itu, dimaksudkan pula untuk mengembangkan kemampuan menggunakan matematika dalam pemecahan masalah dan mengkomunikasikan ide atau gagasan dengan menggunakan simbol, tabel, diagram, dan media lain.
Dalam silabus mata pelajaran matematika untuk kelas I SD Negeri … terdapat standar kompetensi nomor 1. ”Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 dengan kompetensi dasar nomor 1.3 “Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20”. Kompetensi dasar ini menghasilkan indikator-indikator sebagai tujuan pembelajaran, yaitu:
°       Melakukan penjumlahan dua bilangan tanpa teknik menyimpan
°       Melakukan penjumlahan tiga bilangan satu angka secara berurutan
°       Melakukan pengurangan dua bilangan tanpa teknik meminjam
°       Melakukan pengurangan tiga bilangan secara berurutan
Menurut data awal penelitian terhadap proses pembelajaran melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 di kelas I SD Negeri …, pembelajaran dilaksanakan oleh guru melalui metode ceramah, memberi contoh cara mengerjakan soal, dan memberikan tugas saja. Kinerja guru seperti ini belum maksimal. Hal ini menyebabkan siswa kelas I kurang antusias dalam mengikuti pelajaran, bermain sendiri, berbincang-bincang dengan temannya, melakukan aktifitas lain, ramai, hilang konsentrasi, dan menggambar sendiri. Dari 22 orang siswa kelas I, hanya ≤ 25% siswa saja yang gembira dalam belajar, aktif dalam setiap kegiatan, termotivasi dalam belajar, memiliki kepekaan sosial terhadap teman, memiliki toleransi yang tinggi terhadap teman, dan menerima perbedaan individu dalam kelompok. Hanya 26% – 50% siswa yang tanggungjawab dalam mengerjakan tugas individual dan kelompok, mampu bersosialisasi dengan orang lain, dan dapat menunjukkan kebaikan budi.
Pada kondisi awal, siswa kurang semangat mengikuti pelajaran. Hal tersebut dikarenakan kurang optimalnya guru dalam mengorganisasikan kelas dan menyusun strategi pembelajaran. Sayangnya, hal ini berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20. Berdasarkan hasil tes awal,  kemampuan siswa kelas I masih tergolong rendah. Dari 22 orang siswa kelas I SD Negeri … hanya 5 orang saja yang mendapat nilai ≥ 70. Ini berarti bahwa ketuntasan belajar hanya 22.7% saja dengan tingkat penguasaan materi 55.0%.
Dari data yang terkumpul di awal penelitian, pembelajaran melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 masih banyak kekurangannya menyangkut kinerja guru dan perilaku siswa ketika proses pembelajaran berlangsung. Hal ini yang mempengaruhi kurang optimalnya hasil belajar siswa. Siswa kelas I SD Negeri … lemah dalam setiap indikator pembelajaran. Hal ini menyebabkan sebagian besar siswa kelas I belum mendapat nilai ≥ 70. Oleh karena itu, perlu adanya tindakan yang dapat membuat siswa tertarik dengan materi yang diajarkan sehingga siswa juga akan merasa dipermudah dalam menguasai kompetensi melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
Sebagai solusinya, peneliti menggunakan metode team games tournament (TGT). Dengan melakukan langkah-langkah TGT seperti presentasi di kelas, pembentukan tim (kelompok), penyajian game (permainan), turnamen (pertandingan), dan rekognisi tim (penghargaan kelompok) diharapkan siswa kelas I dapat belajar dengan mudah, menyenangkan, dan dapat mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu, TGT memberikan pengaruh positif, menambahkan dimensi kegembiraan, mengajarkan rasa saling membantu dan tanggungjawab individual.
Berkaitan dengan fenomena di atas peneliti tertarik untuk menerapkan metode TGT ini sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas I dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20. Penelitian ini akan dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul “UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 siswa kelas I SD Negeri … melalui METODE TEAM GAMEs TOURNAMENT (TGT)”.
B.        Rumusan Masalah
Adapun pokok permasalahan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.    Bagaimana proses pembelajaran melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 melalui metode teams game tournament (TGT) di kelas I SD negeri ?
2.    Apakah metode teams game tournament (TGT) efektif untuk meningkatkan kemampuan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 siswa kelas I SD negeri ?
C.       TujuanPenelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk:
1.    Mendeskripsikan proses pembelajaran melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 melalui metode teams game tournament (TGT) di kelas I SD negeri .
2.    Mengetahui efektivitas metode teams game tournament (TGT) untuk meningkatkan kemampuan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 siswa kelas I SD negeri .
D.      Kontribusi Hasil Penelitian
Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi positif kepada pihak-pihak sebagai berikut:
1.      Bagi Lembaga
Penerapan metode teams game tournament (TGT) ini diharapkan dapat dijadikan motivasi untuk menerapkan model atau metode yang lebih bervariasi dalam proses pembelajaran di sekolah.
2.      Bagi Pengembangan Ilmu Pengetahuan
Diharapkan hasil penelitian ini dapat menambah varian khazanah ilmu pengetahuan metode pengajaran matematika.
3.      Bagi Peneliti
Dengan menerapkan metode teams game tournament (TGT) ini, peneliti dapat menjadikan pengalaman yang berharga untuk dapat diterapkan di dunia pendidikan.
4.      Bagi siswa kelas I SD Negeri …
Memberikan warna dan suasana baru dalam belajar matematika di kelas sehingga siswa merasa senang dan tidak mudah bosan.
5.      Bagi guru-guru lain
Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi salah satu pertimbangan guru dalam menentukan metode pembelajaran yang bervariasi dalam proses belajar mengajar yang efektif.


Dokumen ini dalam bentuk Microsoft Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke 085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.

Full dokumen berisi:
1.        Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.        Bab 1 – 5
3.        Lampiran 1           : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.        Lampiran 2           : Surat Izin Penelitian
5.        Lampiran 3           : Berita Acara Seminar PTK
6.        Lampiran 4           : Daftar Nama Siswa
7.        Lampiran 5           : Daftar Hadir Siswa
8.        Lampiran 6           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.        Lampiran 7           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.    Lampiran 8           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.    Lampiran 9           : Materi Pembelajaran
12.    Lampiran 10         : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13.    Lampiran 11         : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14.    Lampiran 12         : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15.    Lampiran 13         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16.    Lampiran 14         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17.    Lampiran 15         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.    Lampiran 16         : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.    Lampiran 17         : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.    Lampiran 18         : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.    Lampiran 19         : Riwayat Penulis
22.    Lampiran 20         : Foto Kegiatan

0 comments:

Post a Comment