Monday, July 25, 2016

UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA BIOGRAFI DENGAN STRATEGI MURDER (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA KELAS XI IPS 4 SMA …)



BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang Masalah
Di Sekolah Menengah Atas, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mencantumkan mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia menjadi salah satu mata pelajaran yang harus mampu dikuasai siswa dengan baik. Keberadaan mata pelajaran ini bertujuan agar siswa dapat berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Selain itu, siswa juga mampu mengapresiasi sastra Indonesia yang bernilai sehingga dapat dipergunakan dalam kehidupannya sehari-hari.
Bahasa juga memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual siswa. Dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, seseorang dapat menjalani kehidupan sosialnya dengan baik. Di samping itu, sikap mental dan emosional peserta didik dapat terlatih dengan mempelajari empat keterampilan berbahasa (mendengarkan/ menyimak, membaca, menulis, dan berbicara), mengetahui aspek-aspek bahasa, dan belajar menggunakannya dengan baik dan benar. Lagi pula, bahasa Indonesia berperan sebagai instructional language yang merupakan bahasa pengantar dan penunjang dalam mempelajari semua bidang studi yang ada di sekolah nasional Indonesia.
Seluruh strandar kompetensi dalam kurikulum akan menjadi kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia, karena mata pelajaran ini bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1.      Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis.
2.      Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.
3.      Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan.
4.      Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial.
5.      Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
6.      Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia (Diknas, 2003).
Namun, hasil observasi yang dilakukan peneliti terhadap proses belajar mengajar yang dilakukan guru bahasa Indonesia di SMA …. tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Kebanyakan guru menggunakan metode atau teknik yang konvensional sehingga kurang sesuai dengan jenis keterampilan berbahasa yang diampuh. Seperti halnya membaca, guru mengambil langkah kegiatan dengan hanya menugaskan siswa membaca dan menjawab beberapa pertanyaan seputar teks tersebut. Sering kali guru mengabaikan hal-hal yang penting dalam proses membaca termasuk menumbuhkan rasa antusias siswa dan mengaktifkan skemata mereka terhadap topik bacaan. Akibatnya, siswa melaksanakan tugas dari guru dengan asal-asalan sehingga pembelajaran menjadi tidak bermakna. Padahal, membaca adalah keterampilan berbahasa yang sangat penting untuk ditingkatkan karena membaca adalah salah satu cara seseorang mendapatkan input ilmu pengetahuan dan menambah wawasan intelektual.
Faktor terpenting dalam mengajar adalah guru dapat menyusun strategi agar siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran pada hari itu. Seperti halnya dalam mengajar membaca buku biografi, guru dapat menggunakan strategi MURDER yang dapat menciptakan suasana positif di kelas sehingga keinginan siswa untuk membaca menjadi sangat kuat. Dalam strategi ini, guru mempunyai peranan yang sangat penting untuk menumbuhkan keinginan mereka untuk membaca dan membantu mereka memecahkan masalah-masalah yang dihadapi ketika membaca biografi tersebut. Dengan terciptanya suasana yang kondusif dan rasa antusias yang tinggi, diharapkan siswa dapat membaca biografi dengan sungguh-sungguh sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal.
Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti melaksanakan penelitian tindakan kelas sebagai salah satu upaya peningkatan kemampuan siswa dalam membaca buku biografi dengan strategi MURDER. Penelitian ini dilaksanakan terhadap siswa kelas XI IPS 4 SMA … semester dua.

1.2    rumusan Masalah
Dalam penelitian ini peneliti mencoba mencari jawaban atas pertanyaan: “Apakah strategi MURDER efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca biografi?”

1.3    batasan Masalah
Dalam penelitian ini, peneliti tidak membahas semua permasalahan yang muncul. Pembahasan penelitian ini terbatas pada:
1)        Efektivitas strategi MURDER yang dipakai untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca buku biografi.
2)        Peningkatan kemampuan siswa dalam membaca buku biografi.
3)        Implementasi strategi MURDER dalam proses belajar mengajar membaca buku biografi.

1.4    Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini ada dua, yaitu:
1)        Mengidentifikasi efektivitas strategi MURDER untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca buku biografi.
2)        Mendeskripsikan penggunaan strategi MURDER untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas XI IPS 4 SMA dalam membaca buku biografi.

1.5    Manfaat Penelitian
Ada dua manfaat dalam penelitian ini, yakni:
1)        Manfaat Teoritis
Secara umum penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan pemikiran terhadap teori pembelajaran bahasa Indonesia khususnya bagaiman cara mengajar membaca untuk memahami sebuah buku biografi.
2)        Manfaat Praktis
Dilihat dari segi praktis, ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh peneliti, guru-guru bahasa Indonesia, siswa, dan peneliti-peneliti lain sebagai pemerhati perkembangan pembelajaran bahasa Indonesia.
Bagi penulis, hasil penelitian ini dapat dipakai untuk mengetahui efektivitas strategi MURDER untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca buku biografi dan sejauh mana peningkatan kemampuan membaca siswa setelah mereka mendapatkan tindakan pembelajaran dengan menggunakan strategi MURDER.
Bagi guru-guru mata pelajaran bahasa Indonesia, laporan penelitian tindakan kelas ini menjadi bukti bahwa strategi MURDER dapat digunakan untuk menyelenggarakan pembelajaran yang lebih efektif dalam rangka mengembangkan kemampuan siswa dalam membaca buku biografi.
Bagi siswa, hasil penelitian ini memberikan solusi alternatif bagi masalah yang mereka hadapi dalam membaca buku biografi.
Bagi peneliti-peneliti lain, laporan penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan perbandingan dan referensi bagi penelitian-penelitian yang akan datang, khususnya penelitian tentang menigkatkan kemampuan siswa dalam membaca.



Dokumen ini dalam bentuk Microsoft Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke 085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.

Full dokumen berisi:
1.        Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.        Bab 1 – 5
3.        Lampiran 1            : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.        Lampiran 2            : Surat Izin Penelitian
5.        Lampiran 3            : Berita Acara Seminar PTK
6.        Lampiran 4            : Daftar Nama Siswa
7.        Lampiran 5            : Daftar Hadir Siswa
8.        Lampiran 6            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.        Lampiran 7            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.    Lampiran 8            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.    Lampiran 9            : Materi Pembelajaran
12.    Lampiran 10          : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13.    Lampiran 11          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14.    Lampiran 12          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15.    Lampiran 13          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16.    Lampiran 14          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17.    Lampiran 15          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.    Lampiran 16          : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.    Lampiran 17          : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.    Lampiran 18          : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.    Lampiran 19          : Riwayat Penulis
22.    Lampiran 20          : Foto Kegiatan



Related Posts:

0 comments:

Post a Comment