Monday, July 25, 2016

UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN TEORI SKEMA (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA ...)



BAB I
PENDAHULUAN


1.1    Latar Belakang Masalah
Berbahasa pada dasarnya adalah proses interaktif komunikatif yang menekankan pada aspek-aspek bahasa. Kemampuan memahami aspek-aspek tersebut sangat menentukan keberhasilan dalam proses komunikasi. Aspek-aspek bahasa tersebut antara lain keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Secara karakteristik, keempat keterampilan itu berdiri sendiri, namun dalam penggunaan bahasa sebagai proses komunikasi tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Hal ini menunjukkan bahwa bahasa merupakan keterpaduan dari beberapa aspek.
Pembelajaran Bahasa Indonesia sendiri diatur dalam KTSP yang mengacu kepada Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi dan Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan. Salah satu aspek kemampuan berbahasa yang terdapat dalam KTSP Bahasa Indonesia SMA kelas XI adalah kemampuan membaca. Kemampuan membaca selalu ada dalam setiap tema pembelajaran. Hal tersebut membuktikan pentingnya penguasaan kemampuan ini.
Menurut Tompubolon (1987), membaca terutama membaca pemahaman bukanlah sebuah kegiatan yang pasif. Sebenarnya, pada peringkat yang lebih tinggi, membaca itu, bukan sekedar memahami lambang-lambang tertulis, melainkan pula memahami, menerima, menolak, membandingkan dan meyakini pendapat-pendapat yang ada dalam bacaan. Membaca pemahaman inilah yang dibina dan dikembangkan secara bertahap pada sekolah.
Lebih dari itu, Tulalessy (1995) berpendapat bahwa membaca mahir (advanced reading) harus mulai diajarkan pada siswa kelas 1 SLTP sehingga siswa SMA bisa menuju pada membaca di seberang baris (reading beyond the lines). Oleh karena itu, pembelajaran membaca pemahaman menggunakan teknik skema merupakan salah satu upaya tepat karena dengan teknik skema siswa harus menghubungkan  pengalamannya  dengan pengalaman yang ada dalam buku teks.
Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XI di SMA … masih cukup memprihatinkan. Hal tersebut dimungkinkan karena siswa tidak benar-benar memahami bacaan yang disediakan.
Melihat kenyataan tersebut di atas, peneliti tertarik untuk menelitinya. Sebagai pemecahan masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan judul “Upaya Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Membaca Pemahaman dengan Teori Skema” pada siswa kelas XI IPS 1 SMA …. Dalam penelitian ini, beberapa pengukuran dilaksanakan terhadap ketercapaian kompetensi membaca pemahaman untuk mengetahui seberapa jauh teori skema dapat meningkatkan kemampuan siswa memahami teks bacaan.
Penelitian ini dilaksanakan terhadap siswa kelas XI IPS 1 SMA … pada semester kedua. Adapun alasan memilih sekolah ini adalah karena peneliti merupakan seorang guru pengajar Bahasa Indonesia di sekolah ini. Selain itu, peneliti merasa perlu untuk mencari solusi untuk masalah-masalah dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa.

1.2    identifikasi masalah
Berkaitan dengan penelitian awal yang dilaksanakan, muncul beberapa hal yang teridentifikasi, yaitu:
1)      Kemampuan guru dalam mengajar,
2)      Penggunaan media, strategi, metode, atau teknik yang digunakan guru pada pembelajaran,
3)      Efektifitas metode yang digunakan dalam pembelajaran dan,
4)      Kemampuan siswa kelas XI IPS 1 SMA dalam membaca pemahaman.

1.3    rumusan Masalah
Dalam penelitian ini peneliti mencoba mencari jawaban atas pertanyaan:
1.    Apakah teori skema efektif meningkatkan kemampuan siswa kelas XI IPS 1 SMA dalam membaca pemahaman?
2.    Bagaimanakah proses pembelajaran membaca pemahaman melalui teori skema di kelas XI IPS 1 SMA …?

1.4    batasan Masalah
Batasan masalah dalam penelitian ini adalah:
1)        efektivitas teori skema untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman,
2)        peningkatan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman,
3)        Implementasi teori skema untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman.

1.5    Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini ada dua, yaitu:
1)        Untuk mengetahui efektivitas teori skema untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas XI IPS 1 SMA …  dalam membaca pemahaman.
2)        Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran membaca pemahaman melalui teori skema di kelas XI IPS 1 SMA ….

1.6    Manfaat Penelitian
Ada dua manfaat dalam penelitian ini, yakni:
1)        Manfaat Teoritis
Secara umum penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan pemikiran terhadap teori pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman.
2)        Manfaat Praktis
Dilihat dari segi praktis, ada beberapa manfaat yang bisa didapat oleh peneliti, guru-guru Bahasa Indoensia, siswa, dan peneliti-peneliti lain sebagai pemerhati perkembangan pembelajaran Bahasa Indonesia.
Bagi penulis, hasil penelitian ini dapat dipakai untuk mengetahui efektivitas teori skema untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman dan sejauh mana peningkatan kemampuan siswa tersebut setelah dilakukan proses pembelajaran dengan menggunakan teori skema.
Bagi guru-guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, laporan penelitian tindakan kelas ini menjadi bukti bahwa teori skema dapat digunakan untuk menyelenggarakan pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman.
Adapun bagi siswa, hasil penelitian ini memberikan solusi alternatif bagi masalah yang mereka hadapi dalam memahami sebuah teks bacaan.
Bagi peneliti-peneliti lain, laporan penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan perbandingan dan referensi tentang bagaimana mengajar Bahasa Indonesia, dan bagaimana menggunakan teori skema.



Dokumen ini dalam bentuk Microsoft Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke 085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.

Full dokumen berisi:
1.        Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.        Bab 1 – 5
3.        Lampiran 1            : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.        Lampiran 2            : Surat Izin Penelitian
5.        Lampiran 3            : Berita Acara Seminar PTK
6.        Lampiran 4            : Daftar Nama Siswa
7.        Lampiran 5            : Daftar Hadir Siswa
8.        Lampiran 6            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.        Lampiran 7            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.    Lampiran 8            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.    Lampiran 9            : Materi Pembelajaran
12.    Lampiran 10          : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13.    Lampiran 11          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14.    Lampiran 12          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15.    Lampiran 13          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16.    Lampiran 14          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17.    Lampiran 15          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.    Lampiran 16          : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.    Lampiran 17          : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.    Lampiran 18          : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.    Lampiran 19          : Riwayat Penulis
22.    Lampiran 20          : Foto Kegiatan



Related Posts:

0 comments:

Post a Comment