Thursday, October 13, 2016

PENERAPAN METODE PERCOBAAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PENGARUH ENERGI PANAS, GERAK, GETARAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI SISWA KELAS III SD NEGERI …



BAB I
PENDAHULUAN


1.1    Latar Belakang Masalah
Pembelajaran IPA sebaiknya dilaksanakan secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry) untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup. Oleh karena itu pembelajaran IPA di SD/MI menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah.
Dalam silabus KTSP untuk mata pelajaran IPA di kelas III semester kedua SD Negeri … terdapat standar kompetensi nomor 4 yaitu “Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan  energi dan  sumber energi” dengan kompetensi dasar nomor 4.2 yaitu “Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari”. SK dan KD tersebut dapat dijabarkan menjadi indikator-indikator sebagai tujuan pembelajaran. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:
-       Mengetahui pengaruh energi panas dalam kehidupan sehari-hari
-       Memahami pengaruh energi gerak dalam kehidupan sehari-hari
-       Mengidentifikasi pengaruh energi bunyi dalam kehidupan sehari-hari
-       Mengamati keberadaan energi
Menurut data awal penelitian, proses pembelajaran mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari di kelas III SD Negeri ... masih jauh dari harapan. Pada kondisi awal, guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional dimana peran guru sangat dominan. Penjelasan materi terkesan monoton dan searah.
Kualitas kinerja guru yang masih kurang baik mempengaruhi perilaku siswa kelas III ketika proses pembelajaran berlangsung. Sebagian besar di antara mereka sulit terkontrol dan situasi kelas kurang teratur. Beberapa siswa terlihat mengantuk dan melakukan kegiatan yang tidak ada hubungannya dengan pembelajaran. Dari 25 orang siswa yang ada di kelas III, hanya ≤ 25% saja yang responsif terhadap apersepsi, memahami setiap langkah dalam kegiatan eksperimen, ulet dalam melaksanakan eksperimen, tangguh dalam menghadapi masalah, terampil dalam memecahkan masalah, dan memiliki sikap ilmiah. Sedangkan pada aspek lain, hanya 26% – 50% saja yang memahami tujuan pembelajaran dan konsentrasi dalam menyimak penjelasan materi.
Rendahnya kualitas kinerja guru dan perilaku siswa kelas III ketika proses pembelajaran berlangsung menyebabkan sebagian besar siswa kelas III tidak dapat mencapai tujuan pembelajaran. Sebagian besar siswa kelas III tidak mampu mendeskripsikan pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari dengan baik sehingga sebagian besar siswa mendapat nilai di bawah KKM. Dari 25 orang siswa yang ada di kelas III, hanya 5 orang saja yang mendapat nilai sama dengan KKM. Ini berarti bahwa ketuntasan belajar hanya sebesar 20%. Sedangkan sebagian besar siswa kelas III mendapat nilai di bawah KKM sehingga nilai rata-rata kelas (tingkat penguasaan materi) menjadi sangat rendah, yaitu 57.6%.
Dari data awal penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas III dalam mendeskripsikan pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari sangat lemah. Kompetensi ini kelihatannya sangat sulit dikuasai siswa kelas III. Menurut hasil analisis, kekurangan pada kinerja guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, termasuk dalam memilih metode pembelajaran, menyebabkan perilaku siswa kelas III menjadi kurang positif terhadap pembelajaran sehingga sebagian besar dari mereka mendapat nilai di bawah KKM.
Untuk mengatasi masalah di atas, peneliti memutuskan untuk memberi tindakan pembelajaran mendeskripsikan pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari melalui metode percobaan. Menurut pendapat peneliti, metode percobaan dapat mempermudah siswa dalam belajar. Dengan menggunakan metode ini, guru dapat memberi kesempatan kepada siswa melaksanakan eksperimen terkait materi mendeskripsikan pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari.
Metode ini berkaitan erat dengan kegiatan membicarakan terlebih dahulu permasalahan yang signifikan untuk diangkat, menetapkan alat yang diperlukan, langkah-langkah apa saja yang harus dicatat dan variebel-variebel apa yang harus dikontrol, mengumpulkan laporan, memproses kegiatan, dan mengadakan tes untuk menguji pemahaman siswa. Diharapkan dengan menggunakan langkah-langkah metode percobaan, kemampuan siswa kelas III dalam mendeskripsikan pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari dapat meningkat dengan signifikan. Selain itu, penerapan metode percobaan diharapkan dapat memberikan pengalaman, mampu membuat siswa kelas III lebih terampil, mampu memecahkan masalah, memiliki sikap ilmiah, mempunyai kepribadian ulet dan tangguh.
Hal tersebut di atas menjadi dasar bagi peneliti untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas yang berjudul PENERAPAN METODE PERCOBAAN untuk MeningkatKan kemampuan Mendeskripsikan pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari SISWA kelas III SD Negeri ….
1.2    Rumusan Masalah
Dalam penelitian ini peneliti mencoba mencari jawaban atas pertanyaan berikut ini:
1.    Apakah penerapan metode percobaan dapat meningkatkan kemampuan mendeskripsikan pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas III SD Negeri ?
2.    Bagaimanakah proses pembelajaran mendeskripsikan pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari melalui metode percobaan di kelas III SD Negeri ?
1.3    Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:
1.    Untuk mengetahui efektifitas metode percobaan dalam meningkatkan kemampuan mendeskripsikan pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas III SD Negeri .
2.    Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran mendeskripsikan pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari melalui metode percobaan di kelas III SD Negeri .
1.4    Kontribusi Hasil Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi berbagai pihak. Secara umum, penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan pemikiran terhadap teori pembelajaran IPA di sekolah dasar khususnya untuk meningkatkan kemampuan mendeskripsikan pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari.
Dari segi praktis, hasil penelitian ini diharapkan member manfaat bagi peneliti, guru-guru biologi, siswa, dan peneliti-peneliti lain sebagai pemerhati perkembangan pembelajaran di sekolah dasar.
°       Bagi peneliti, hasil penelitian ini membuktikan bahwa metode percobaan efektif untuk meningkatkan kemampuan mendeskripsikan pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas III SD Negeri ....
°       Bagi guru-guru lain, hasil penelitian tindakan kelas ini menjadi bukti bahwa metode percobaan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa, terutama dalam mendeskripsikan pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari.
°       Bagi siswa kelas III SD Negeri ..., hasil penelitian ini memberikan solusi bagi masalah yang mereka hadapi dalam mendeskripsikan pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari.
°       Bagi peneliti-peneliti lain, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan perbandingan dan referensi untuk penelitian-penelitian yang membahas topik yang sama, seputar metode percobaan dan pengajaran IPA di sekolah dasar.


Dokumen ini dalam bentuk Microsoft Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke nomor 085-294-176-789 kemudian mentransfer biaya pengiriman sebesar Rp. 50.000.

Full dokumen berisi:
1.        Bagian awal (halaman judul, halaman pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.        Bab 1 – 5
3.        Lampiran 1           : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.        Lampiran 2           : Surat Izin Penelitian
5.        Lampiran 3           : Berita Acara Seminar PTK
6.        Lampiran 4           : Daftar Nama Siswa
7.        Lampiran 5           : Daftar Hadir Siswa
8.        Lampiran 6           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.        Lampiran 7           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.    Lampiran 8           : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.    Lampiran 9           : Materi Pembelajaran
12.    Lampiran 10         : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13.    Lampiran 11         : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14.    Lampiran 12         : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15.    Lampiran 13         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16.    Lampiran 14         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17.    Lampiran 15         : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.    Lampiran 16         : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.    Lampiran 17         : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.    Lampiran 18         : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.    Lampiran 19         : Riwayat Penulis
22.    Lampiran 20         : Foto Kegiatan


0 comments:

Post a Comment