Thursday, September 15, 2016

UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENDESKRIPSIKAN PENGERTIAN, PENTINGNYA, DAN SARANA-SARANA HUBUNGAN INTERNASIONAL BAGI SUATU NEGARA DENGAN METODE KOOPERATIF (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA KELAS XI IPS 3 SMA …)



BAB 1
PENDAHULUAN

1.1    LATAR BELAKANG MASALAH
Pendidikan adalah suatu usaha sadar dan terencana untuk menciptakan suasana belajar agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, sikap sosial dan keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara (KTSP, 2006). Proses pendidikan yang diselenggarakan secara formal di sekolah dimulai dari pendidikan formal yang paling dasar sampai perguruan tinggi tidak lepas dari guru sebagai pemegang peranan utama. Pendidikan sebagai kegiatan pembelajaran telah dilakukan seusia manusia itu sendiri sebagai pelaku pendidikan.
Secara umum, pendidikan di Indonesia diharapkan dapat mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara yang memiliki komitmen kuat dan konsisten untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini sesuai dengan Risalah Sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang berbunyi:

Hakikat negara kesatuan Republik Indonesia adalah negara kebangsaan modern. Negara kebangsaan modern adalah negara yang pembentukannya didasarkan pada semangat kebangsaan --atau nasionalisme-- yaitu pada tekad suatu masyarakat untuk membangun masa depan bersama di bawah satu negara yang sama walaupun warga masyarakat tersebut berbeda-beda agama, ras, etnik, atau golongannya (Sekretariat Negara Republik Indonesia, 1998).

Selain itu, Indonesia adalah salah satu dari ratusan negara-negara yang ada di bumi ini. Kepentingan suatu negara untuk berhubungan dengan negara lain tidak bisa dielakkan lagi. Berbagai macam hubungan kerjasama antar negara diberbagai bidang dilakukan negara satu dengan negara lain dengan tujuan sepenuhnya demi kemakmuran rakyatnya.
Hal-hal tersebut di atas menjadi alasan mengapa siswa SMA khususnya kelas XI mempelajari materi hubungan internasional. Karena menurut silabus yang ada, siswa SMA kelas XI harus mampu mendeskripsikan pengertian, pentingnya, dan sarana sarana hubungan internasional bagi suatu negara. Dengan kata lain, para siswa juga harus mampu mendeskripsikan pengertian hubungan internasional, mendeskripsikan dampak suatu negara yang mengucilkan diri pergaulan antarbangsa, menguraikan pentingnya hubungan internasional, dan mengidentifikasi sarana-sarana hubungan internasional.
Namun dalam pelaksanaannya, masih banyak guru PKn mengajarkan materi ini dengan memakai metode pengajaran konvensional yang tidak sesuai, sehingga siswa tidak dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan maksimal. Dalam hal ini, seorang guru PKn memegang peran penting dalam mengelola kelas, memilih bahan ajar, dan menyampaikannya kepada siswa dengan memakai cara yang menarik dan inovatif. Diharapkan hal ini dapat mempermudah siswa dalam memahami materi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan optimal.
Salah satu metode pengajaran yang efektif adalah metode kooperatif. Metode ini sangat bermanfaat bagi siswa, selain untuk memantapkan pemahaman mereka terhadap materi, metode ini juga melatih siswa untuk dapat berkomunikasi sosial dengan temannya. Metode kooperatif dapat digunakan oleh guru dalam mengajarkan materi tentang hubungan internasional. Diharapkan, dengan dipergunakannya metode ini dapat membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang ada.
Berdasarkan kepada latarbelakang di atas, peneliti mengadakan penelitian tentang upaya peningkatan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan pengertian, pentingnya, dan sarana sarana hubungan internasional bagi suatu negara dengan metode kooperatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa SMA ... kelas XI IPS 3 dengan alasan karena peneliti adalah seorang guru pengajar mata pelajaran PKn di sekolah ini dan peneliti beranggapan bahwa kelas XI IPS 3 dapat membantu peneliti dalam mencari jawaban atas pertanyaan penelitiannya menyangkut efektifitas metode kooperatif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan pengertian, pentingnya, dan sarana sarana hubungan internasional bagi suatu negara.

1.2  IDENTIFIKASI MASALAH
Keberhasilan pengajaran mendeskripsikan pengertian, pentingnya, dan sarana sarana hubungan internasional bagi suatu negara dipengaruhi oleh faktor siswa, kemampuan guru dalam strategi mengajar, serta tersedianya sarana dan prasarana belajar yang lengkap. Dari berbagai faktor tersebut, faktor gurulah yang memegang peranan penting, karena gurulah yang bertanggung jawab terhadap keberhasilan pembelajaran.
Berkaitan dengan sukses atau tidaknya suatu proses belajar mengajar, muncul beberapa pertanyaan berikut ini:
1)      Apakah guru memiliki kemampuan untuk mengajar?
2)      Apakah metode pengajaran yang digunakan guru sudah tepat?
3)      Apakah materi yang disajikan guru sesuai dengan tingkat kemampuan siswa?
4)      Apakah metode/media yang digunakan efektif membantu siswa dalam belajar? dan,
5)      Apakah instrumen penilaian yang digunakan guru untuk mengukur kemampuan siswa sudah tepat?

1.3  RUMUSAN MASALAH
Dalam penelitian ini peneliti mencoba mencari jawaban atas masalah berikut: “Apakah metode kooperatif terbukti efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan pengertian, pentingnya, dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu negara?”

1.4  BATASAN MASALAH
Batasan masalah dalam penelitian ini adalah:
1)        Metode pengajaran yang dipakai untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan pengertian, pentingnya, dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu negara adalah metode kooperatif.
2)        Kemampuan siswa dalam mendeskripsikan pengertian, pentingnya, dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu negara dikhususkan pada keaktifan dalam kerjasama dalam kelompok diskusi, berbagi informasi, dan mampu bekerjasama memecahkan masalah.
3)        Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas XI IPS 3 SMA … tahun ajaran ….

1.5  TUJUAN PENELITIAN
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini ada dua, yaitu:
1)        Mendeskripsikan proses pembelajaran PKn dengan metode kooperatif sebagai salah satu upaya peningkatan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan pengertian, pentingnya, dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu negara di kelas XI IPS 3 SMAN … tahun ajaran ….
2)        Mengidentifikasi peningkatan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan pengertian, pentingnya, dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu negara.

1.6  Manfaat Penelitian
Ada dua manfaat dalam penelitian ini, yakni:
1)      Manfaat Teoritis
Secara umum penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan terhadap teori pembelajaran PKn khususnya dalam mendeskripsikan pengertian, pentingnya, dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu negara dengan menggunakan metode kooperatif.                                                                                                                                                    
2)      Manfaat Praktis
Dilihat dari segi praktis, ada empat manfaat yang disampaikan, yaitu:
Bagi penulis, untuk mengetahui sejauh mana peningkatan keterampilan siswa dalam mendeskripsikan pengertian, pentingnya, dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu negara setelah dilakukan proses pembelajaran dengan menggunakan metode kooperatif.
Bagi guru, bahwa metode kooperatif dapat digunakan untuk menyelenggarakan pembelajaran yang lebih menarik dan kreatif yang dapat mengembangkan keterampilan siswa dalam mendeskripsikan pengertian, pentingnya, dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu negara.
Bagi siswa, penelitian ini dapat memotivasi mereka untuk aktif bertanya dan mencoba memecahkan masalah dalam mendeskripsikan pengertian, pentingnya, dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu negara dengan bekerjasama dan berdiskusi dengan teman dan gurunya.
Bagi peneliti selanjutnya, sebagai bahan perbandingan dan referensi terhadap penelitian yang membahas metode efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan pengertian, pentingnya, dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu negara.


Dokumen ini dalam bentuk Microsoft Word 2007. Anda bisa mendapatkan full dokumen PTK ini dengan memesan melalui sms ke 085-294-176-789. Kemudian mentransfer biaya pengiriman sebesar Rp. 50.000 ke nomor rekening BNI 0330900914. Setelah itu, dokumen segera dikirim ke alamat email anda.

Full dokumen berisi:
1.        Bagian awal (halaman judul, halaman Pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, abstrak)
2.        Bab 1 – 5
3.        Lampiran 1            : Surat Permohonan Izin Penelitian
4.        Lampiran 2            : Surat Izin Penelitian
5.        Lampiran 3            : Berita Acara Seminar PTK
6.        Lampiran 4            : Daftar Nama Siswa
7.        Lampiran 5            : Daftar Hadir Siswa
8.        Lampiran 6            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
9.        Lampiran 7            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
10.    Lampiran 8            : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
11.    Lampiran 9            : Materi Pembelajaran
12.    Lampiran 10          : Lembar Observasi Kinerja Guru Pra Siklus
13.    Lampiran 11          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus I
14.    Lampiran 12          : Lembar Observasi Kinerja Guru Siklus II
15.    Lampiran 13          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Pra Siklus
16.    Lampiran 14          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus I
17.    Lampiran 15          : Lembar Observasi Perilaku Siswa Siklus II
18.    Lampiran 16          : Lembar Kerja Siswa Pra Siklus
19.    Lampiran 17          : Lembar Kerja Siswa Siklus I
20.    Lampiran 18          : Lembar Kerja Siswa Siklus II
21.    Lampiran 19          : Riwayat Penulis
22.    Lampiran 20          : Foto Kegiatan



0 comments:

Post a Comment